10 Cara Ampuh Atasi Perut Buncit, Gak Susah Kok!

0

Perut buncit merupakan masalah yang hampir dihadapi setiap orang. Terutama masyarakat urban nih! Kebiasaan gaya hidup instan, seperti kurang gerak dan terlalu sering mengonsumsi fast food menjadi faktor utama pemicu penumpukan lemak dalam perut.

Tentunya kondisi perut buncit itu nggak sehat. Menurut ilmu medis, orang-orang yang memiliki perut buncit rentan terserang penyakit degeneratif, seperti diabetes, kolesterol tinggi, gangguan jantung hingga stroke. Efek negatif lainnya, perut buncit juga menganggu penampilan sehingga kerap kali bikin nggak percaya diri.

Nah, buat kamu yang memiliki perut buncit, dont worry! Kali ini kami akan berikan tips-tips buat mengecilkan perut buncit yang ampuh dan dijamin aman. Mau tahu apa aja? Berikut ulasannya!

1. Dari yang Paling Sederhana, Pastikan Kamu Sering Minum Air Putih

Minum air putih

brita.co.uk

Nggak perlu melakukan cara ekstrim untuk mengecilkan perut buncitmu! Mulailah dari hal sederhana, seperti memperbanyak konsumsi air putih. Minimal 7 sampai 8 gelas perhari.

Air putih ini punya segudang manfaat bagi kesehatan. Selain mengatur keseimbangan kadar cairan dalam tubuh, air putih juga mengoptimalkan proses pembakaran lemak dan membantu pengeluaran racun.

Related: Catat! Ini 8 Pemicu Diabetes di Usia Muda yang Perlu Diwaspadai

Dengan kamu banyak konsumsi air putih, itu juga bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama sehingga aktivitas ngemil pun dapat dihindari.

2. Minum Teh Hijau di Pagi Hari

Minum green tea di pagi hari

joekels.co.za

Kalau selama ini kamu selalu ngopi di pagi hari, coba deh sesekali selingi dengan minum teh hijau. Teh ini telah diteliti mengandung antioksidan dalam bentuk senyawa katekin yang dapat mengoptimalkan proses metabolisme, menghancurkan lemak di perut, serta mengurangi kolesterol dalam darah.

Nggak cuma itu, teh hijau juga berkhasiat menjaga kesehatan organ jantung loh!

3. Bikin Seduhan Jahe dan Jeruk Nipis

Seduhan jahe dan jeruk nipis

baca.co.id

Mengonsumsi seduhan air jahe dengan tambahan jeruk nipis juga bisa membantu mengecilkan perut. Minuman ini dapat mengoptimalkan proses pembakaran lemak dan detoksifikasi. Selain itu juga bisa meningkatkan sistem imun sehingga kamu jadi nggak gampang sakit.

Related: Ajaib, Ini 18 Manfaat Madu Bagi Kesehatan, Kecantikan Wajah dan Rambut

Oh iya.. alternatif lain kalau kamu nggak punya jeruk nipis, kamu bisa bikin seduhan jahe dengan campuran madu.

4. Coba Kurangi Porsi Makan, Lebih Baik Porsi Sedikit Tapi Berulang!

Kurangi porsi makan

ecestaticos.com

Makan itu sebenarnya nggak harus selalu 3 kali sehari, dan nggak harus dengan porsi yang banyak! Jika kamu berniat mengecilkan perut buncit, maka cobalah mengurangi porsi makanmu.

Makan dengan porsi kecil sebenarnya lebih baik karena bisa mengoptimalkan proses pencernaan dan mengurangi risiko penumpukan lemak di perut. Ini bukan berarti kamu harus diet ketat loh!

Kamu boleh makan berkali-kali, misal tiap 3 jam sekali asalkan porsinya sedikit. Begitupun saat ngemil, usahakan memberi jarak sekitar 1 jam kalau hendak mengonsumsi makanan satu ke lainnya.

Intinya jangan terus-menerus makan karena itu memberatkan kerja lambung.

5. Tingkatkan Konsumsi Makanan yang Mengandung Pottasium

Makanan mengandung pottasium

healthline.com

Tidak semua cemilan itu bikin cepat gendut kok! Pilih saja cemilan yang mengandung pottasium atau kalium. Seperti pisang, ubi, pepaya, wortel, jeruk, alpukat, yogurt, dan yang lainnya.

Related: Jadi Pemicu Kematian Tertinggi, Cegah Kanker Payudara dengan 10 Makanan Enak Ini!

Makanan-makanan tersebut memiliki sifat deuretik yang berarti dapat membantu mengurangi penumpukan cairan dalam perut dengan cara mengeluarkan melalui urin.

6. Rajin Minum Smoothies, Minuman Racikan Buah dan Sayur

Smoothies drink

jennabraddock.com

Siapa nih yang gemar mengonsumsi smoothies? Minuman yang dibuat dari racikan buah dan sayuran ini juga dapat membantu meratakan perut loh!

Khusus untuk mengecilkan perut buncit, kamu bisa bikin racikan smoothies dari alpukat, pisang dan bayam. Ketiga bahan tersebut ampuh menghancurkan kolesterol dalam darah serta mengusir lemak di perut. Bahan lain yang ampuh ngurangi lemak, yakni semangka, seledri, mentimun, madu dan lemon.

Yang pasti, kalau kamu bikin smoothies usahain jangan dicampur dengan gula, coklat, susu atau sirup. Bahan-bahan pemanis itu biasanya berisiko bikin badan cepat gemuk!

7. Mau Perut Rata? Pastinya Kamu Wajib Rajin Olahraga

Push up

johnsonfitness.com

Usahamu untuk mengecilkan perut nggak akan berhasil jika tidak dibarengi dengan olahraga. Kenapa begitu? Sebab pemicu utama perut buncit itu ya kurang gerak. Kamu makan banyak tapi sering duduk. Kebiasaan tersebut bikin proses pembakaran kalori nggak maksimal. Sehingga efeknya makanan mengendap jadi lemak dan tertimbun di perut.

Related: 8 Cara Cepat Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Minum Obat

Nah, buat mencegah hal itu terjadi, usahakan memperbanyak bergerak. Coba luangkan waktu untuk berolahraga. Adapun jenis olahraga sederhana yang efektif mengecilkan perut, seperti jogging dan berenang.

Kalau untuk dirumah, kamu bisa coba latihan kardio. Misalnya aja melakukan planking, push up, crunches dan sebagainya.

8. Lebih Banyak Konsumsi Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

kompas.com

Mengonsumsi kacang-kacangan juga ampuh untuk mengecilkan perut buncit. Kacang mengandung tinggi serat yang dapat mengurangi lemak dengan cara melancarkan pencernaan. Kamu bisa mengonsumsi jenis kacang apapun, misal kacang almond, kacang kedelai, kacang merah, kacang polong atau lainnya.

9. Batasi Konsumsi Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak

bornrealist.com

Meski kamu udah olahraga dan banyak minum air putih, tapi kalau masih sering mengonsumsi makanan berlemak ya hasilnya nihil! Perutmu bakalan sulit untuk mengecil.

Oleh karenanya, kamu juga harus membatasi asupan makanan tinggi lemak. Misalnya aja makanan cepat saji (seperti burger, pizza, ayam goreng, kentang goreng dan sejenisnya), daging sapi, produk olahan susu, mentega, dan sebagainya.

10. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup

msn.com

Siapa sangka, waktu tidur ternyata juga mempengaruhi peningkatan lemak di perut loh! Dari hasil penelitian, orang yang cukup istirahat cenderung memiliki berat badan ideal. Sementara mereka yang sering begadang lebih rentan mengalami risiko obesitas.

Kenapa? Sebab saat seseorang kurang tidur, tubuhnya akan merangsang pengeluaran hormon kortisol yang memicu stres dan meningkatkan nafsu makan. Alhasil, kamu pun jadi berisiko ngemil dan itu salah satu penyebab perut jadi buncit.

Baiknya sih, coba atur waktu tidurmu agar nggak berantakan. Tidur yang berkualitas adalah tidur 8 jam sehari. Dengan begitu, badan jadi bugar dan risiko kegemukan juga bisa dihindari.

Adapun faktor lain yang harus diperhatikan:

  • Hindari mengonsumsi alkohol dan minuman bersoda
  • Batasi konsumsi makanan manis
  • Dan jangan merokok

Nah, kira-kira itulah sederet cara mengecilkan perut buncit. Lakukan tips-tips diatas secara rutin dan mulailah menerapkan pola hidup sehat, ya! Semoga bermanfaat.

About Author

Hi saya Amaniyah, seorang sarjana S1 Sains yang kemudian terjun dalam dunia kepenulisan dengan berbagai tema seperti fashion, kecantikan, kesehatan dan lainya.

Comments are closed.