Buat Gerenasi 90-an, Yuk Kita Nostalgia Zaman SD dengan 10 Jajanan Legendaris Ini!

0

Belum lama ini, sosial media dipenuhi dengan story yang menunjukkan perbedaan seseorang selama 10 tahun. Unggahan tersebut viral dengan nama #10yearschallenge. Apakah Anda salah satu yang juga mengunggah foto sekarang dan 10 tahun lalu?

Masa lalu memang begitu menggelitik untuk terus dikulik. Kadang hal-hal simpel di masa lalu pun bikin kita kangen ingin kembali mengulang masa-masa tersebut. Termasuk zaman kita masih ingusan duduk di bangku SD.

Eits, ngomongin masa lalu nih, kira-kira pada masih inget enggak ya dengan kuliner atau jajanan SD favorit yang sering kita beli saat jam istirahat?

Anak gerenasi 90-an pastinya punya memori untuk sederet jajanan khas di zaman dulu. Sebut saja permen Jagoan Neon, yang sekali makan bikin warna-warni sampai berjam-jam. Ada juga Mi Lidi dengan bumbu pedas. Kalau sekarang sih sudah ada versi terbarunya ya.

Sambil mengingat-ingat, yuk kita kenang zaman SD dengan sederet jajanan jadul ini. Awas jangan baper ya.

10 Jajanan Legendaris Zaman SD Tahun 90-an

1. Cokelat koin

Coklat Koin

Sekilas sih memang mirip dengan uang koin ya, tapi setelah dibuka isinya cokelat kok. Rasa cokelatnya sih memang biasa namun bentuknya yang bikin ketagihan untuk selalu beli lagi dan lagi. Jadi selain bisa dimakan cokelatnya, sebelum dibuka juga bisa untuk uang-uangan.

Masih inget enggak berapa harganyaa? Kalau enggak salah sih, dulu hanya dijual Rp 100 perbijinya. Sekarang masih diproduksi enggak ya?

2. Mi Lidi

Mi Lidi

lidigeli.com

Sebelum menggigit mi lidinya, paling enak menjilat semua bumbu-bumbu yang menempel. Agar saat digigit bumbunya enggak berjatuhan diseragam. Iya kan?

Makanan ini disebut mi lidi karena memang bentuknya menyerupai lidi, tapi bukan lidi sungguhan kok. Hanya saja sengaja dibentuk memanjang kaku seperti lidi. Saking populernya di zaman 90-an, saat ini mi lidi pun masih diproduksi dengan menawarkan varian rasa yang berbeda-beda. Tapi harganya enggak semurah zaman kita SD.

Kalau dulu kita bisa membeli seplastik mi lidi dengan harga Rp 100 sekarang paling murah dibanderol harga Rp 20.000 bonus kemasan yang menarik tak hanya sekedar plastik.

3. Hot-hot Pop

Permen Hot-hot Pop

bronson.co.id

Disebut juga dengan permen kaki, karena bentuk permen ini memang menyerupai kaki kita. Zaman dulu Hot-hot Pop adalah permen paling populer karena harganya yang cukup murah Rp 100 saja per biji.

Setelah menghabiskan sebungkus permen ini lidah pasti memerah sampai berjam-jam. Saat ini permen kaki ini ternyata masih diproduksi lho, tapi harganya tak semurah dulu. Sekarang perbijinya dijual sekitar Rp 500 – Rp 1.000.

4. Permen Rokok

Permen Rokok

tokopedia.com

Ya, namanya juga anak kecil kalau gaya-gayaan ya beli permen rokok ini. Bentuknya 11-12 deh dengan rokok aslinya, malah ada gambar bara api jadi kalau dilihat sepintas seperti kita benar-benar sedang merokok.

Padahal, dalam permen rokok ini isinya cokelat. Makan permen rokok ini aja sudah buat anak SD di tahun 90-an bisa merasa paling keren.

5. Permen Yosan

Permen Yosan

foreveryoungfest.com

Yosan enggak kalah legendaris dari permen-permen yang lain. Permen karet ini dulu hanya dijual Rp 100 saja. Yang bikin ketagihan pengen beli bukan hanya rasanya, tapi karena ada haruf tersembunyi dalam setiap bungkusnya.

Kalau kita berhasil mengumpulkan semua huruf dan membentuk kata “Yosan” kita akan mendapatkan hadiah. Itu mengapa permen ini laris manis setiap hari. Namanya juga anak-anak dapat hadiah ya senang dong.

6. Cokelat payung

Cokelat Payung

rebanas.com

Dulu, Silver Queen tidak sebanyak sekarang di pusat perbelanjaaan atau ditoko-toko. Kalau pengen cokelat paling kita bisa membeli cokelat payung ini, karna harganya murah.

Cokelat ini sengaja dibentuk seperti payung yang tertutup, Jadi kita bisa memakannya sambil memegangi ujung payung.

7. Mie Gemez

Mie Gemez

Harus banget menghancurkan mi ini sebelum dimakan ya. Setelah dihancurkan sampai lembut kemudian dicampur bumbu, kocok sebentar dan makan deh. Enak dan bikin ketagihan, karena bumbu gurihnya.

8. Pendekar Biru

Pendekar Biru

tokopedia.com

Jika permen kaki bikin lidah merah, permen Pendekar Biru ini menawarkaan warna beda pada lidah, yakni biru. Soal rasa sebenarnya tidak istimewa, dia memberikan rasa blueberry.

Namun warna biru yang ditinggalkan itu yang buat anak-anak generasi 90-an jatuh cinta. Pokoknya terlihat keren aja kalau lidahnya biru.

9. Mi Sakura

Mi Sakura

Sebenarnya mi ini sama seperti Indomie, yang mengharuskan kita merebusnya dulu sebelum di makan. Tapi anak generasi 90-an punya cara beda memakannya.

Mereka lebih sering memakannya mentahan dengan cara meremas kemudian dicampurkan semua bumbunya. Gurih bumbunnya itu loh, yang bikin nagih.

10. Cokelat kacamata

Cokelat Kacamata

Ingin punya topeng? Tinggal beli cokelat kacamata ini aja deh. Cokelat ini sengaja dikemas dalam sebuah wadah yang dibentuk kacamata topeng.

Pinggirannya pun telah disediakan lubang untuk dipasangai karen yang kemudian dipasangkan ke telinga kita. Untuk harga dan rasanya sih enggak seberapa, tapi punya kacamat itu yang jadi seberapa.

Kira-kira jajanan apa lagi ya yang dulu begitu popular di zaman SD yang masih berkesan buat kamu hingga sekarang?

About Author

Hi, nama saya Tertia. Orang biasa memanggil saya "Ter" atau bisa juga "Te". Seorang travel writer yang suka dengan keunikan di setiap sudut kota. Menulis bukan hanya sekedar hobi namun sudah jadi passion.

Comments are closed.