Mengenal 10 Kuliner Korea Selatan yang Populer Hingga Indonesia, Awas Bikin Ngiler!

0

Demam K-Pop bukan hanya membuat masyarakat Indonesia ketagihan dengan dramanya saja, musik dan juga budayanya pun begitu digandrungi. Tak heran jika banyak masyarakat Indonesia ingin berlibur dan merasakah kehidupan bak warga Korea Selatan.

Semua yang berbau Negeri penghasil Ginseng ini pun sepertinya sayang untuk dilewatkan, apalagi jika sudah menyaksikan drama Korea yang dimainkan oleh idola pujaan.

Nah, salah satu yang juga enggak kalah menariknya untuk dikulik dari Korea Selatan adalah makanannya. Ragam kuliner yang bermunculan di drama Korea membuat penonton sering ngiler saking enaknya mereka menyantap hidangan tersebut.

Coba kita sebutkan salah satunya. Ada kimchi, bibimbap, bulgogi, ramyun, dan masaih banyak lagi tentunya. Ingin mencoba semua makanannya? Tak perlu repot harus traveling terlebih dahulu ke Korea Selatan.

Saat ini deretan restoran bergaya Korea pun banyak bermunculan di Indonesia. Anda hanya tinggal menunjuk, mana yang paling buat penasaran.

Sebelum mulai mencoba satu persatu makanan dari Negeri Gingseng, yuk kita simak dulu beberapa makanan dari Korea Selatan yang begitu populer di Indonesia.

10 Kuliner Korea Selatan yang Populer di Indonesia

1. Tteokbokki

Tteokbokki

koreanbapsang.com

Adalah ciloknya orang Korsel. Makanan ini terbuat dari kue beras yang dibentuk sedikit memanjang. Cara makannya pun harus ditemani dengan saus kental legit dengan rasa yang sangat otentik.

Sebenarnya Ttoekbokki merupakan jajanan pinggir jalan, namun makanan ini tidak pernah absen muncul di setiap drama Korea. Tak heran dong, jika masyarakat Indonesia pun penasaran dengan rasa jajanan pinggir jalan ini.

Related: Meski Bikin Merinding, Delapan Kuliner Ekstrim Indonesia Ini Patut Dicoba!

Saat pertama kali memakannya, Anda akan merasakan rasa pedas, gurih, manis yang berasal dari sausnya. untuk tekstur tteokbokki ini sendiri sedikit kenyal. Makanya makanan ini 11-12 dengan cilok Indonesia.

2. Kimchi

Kimchi

mashed.com

Kimchi adalah makanan fermentasi yang selalu ada di setiap hidangann makanan Korea. Makanan ini termasuk makanan tradisioanl Korea berupa sayuran yang dicampur dengan bumbu pedas kemudian difermentasi selama beberapa waktu.

Related: Dari khas Jawa, Padang sampai Aceh, Ini 5 Resep Nasi Goreng Ala Resto Paling Favorit!

Bumbu pedas yang dicampurkan berisi udang krill, kecap ikan, bawang putih,ditambah jahe dan bubuk cabai. Anda pasti sudah tau, jika sayuran yang biasa diolah untuk Kimchi adalah sawi putih dan atau lobak. Saat Anda menikmati berbagai sajian Korea, kimchi pasti selalu ada sebagai pelangkapnya.

3. Kimbab

Kimbab

thebondingtool.com

Jika di Jepang ada sushi, maka di Korea Selatan ada Kimbab. Kimbab sering juga disebut dengan gimbab adalah makanan serupa sushi yang juga terbuat dari nasi kemudian digulung dengan berbagai isian.

Related: 3 Resep Ayam Geprek Krispi yang Gampang Dibuat di Rumah, Yuk Cobain!

Biasanya Kimbab diisi dengan irisan wortel, daging, telur, mentimun, kemudian dilapisi dengan rumput laut. Di Korea, gimbap jadi hidangan wajib saat piknik atau untuk bekal saat beraktivitas di luar ruangan.

4. Hotteok

Tidak suka yang terlalu berat, yuk cobain Hotteok. Makanan ringan ini jadi camilan terfavorit di Korea Selatan loh.

Sebenarnya wujud dari Hatteok lebih mirip dengan pancake yang punya isian gula dengan kayu manis dan kacang. Mencoba pertama kali Anda bisa merasaakan tekstur luarnya yang renyah hingga terasa lembut di dalam.

Hotteok juga merupakan salah satu gorengannya Korea Selatan yang pas disantap saat musim dingin tiba.

5. Bibimbap

Bibimbap

chowstatic.com

Dari wujudnya saja, makanan ini sudah sangat menggiurkan. Bibimbap adalah makanan khas Korea yang mana di dalamnya ada semangkuk nasi putih dengan toping sayuran, daging sapi, ditambah telur setengah matang, dan terakhir saus pedas gochujang.

Bibimbap begitu populer di Korea dan mudah Anda temukan di hampir semua restoran. Untuk itu, banyak restoran Korea di Indonesia menyajikannya agar rasa penasaran Anda terobati.

Untuk bisa merasakan kenikmatan semangkuk bibimbap, Anda harus mencampur semua makanan menjadi satu dalam mangkuk. Setelah tercampur sempurna, barulah Anda bisa menyendok sedit-demi sedikit. Hmmmm, sedap!

6. Miyeok Guk

Miyeok Guk

pinterest.com

Adalah sup rumput laut. Tidak seperti makanan lainnya, Miyeok Guk hanya disajikan dan diberikan saat ada acara tertentu saja. Misalnya saat ulang tahun dan ibu yang baru saja melahirkan. Orang Korea biasa menyantap sub rumput laut ini di pagi hari sebagai sarapan pagi.

7. Bulgogi

Bulgogi

koreanbapsang.com

Olahan daging khas Korea ini sangat mudah kita jumpai di Indonesia. Daging sapi yang digunakan dalam olahan makanan ini merupakan daging dengan kualitas terbaik yang kemudian dipanggang di atas api.

Selain kelezatan dagingnya, yang membuat makanan ini begitu nikmat juga karena sausnya. Sausnya sendiri terbuat dari campuran kecap sain, gula, wijen. bawang putih dan lada hitam yang kemudian dicampur bersamaan dengan daun bawang jahe serta jamur.

Kebayang kan bagaimana rasanya? Selain di Korea, di Jepang pun ada makanan serupa dengan bulgogi namanya adalah yakiniku. Namun bumbu saus yang digunakan berbeda.

8. Ramyeon

Ramyeon

pinterest.com

Siapa yang bisa menolak mi asal Korea yang satu ini? Saking sering munculnya di Drama Korea, Ramyeon pun punya banyak idola di Indonesia.

Hidangan mie kuah ala Korea ini selain banyak dikonsumsi di Korea Selatan juga dieksport sampai ke luar negeri loh, salah satunya Jepang dan Indonesia.

Makanan ini tidak harus kita beli di restoran, sebab sudah banyak mi instannya yang bisa kita masak sendiri di rumah, bahkan rasanya pun Anda bisa memilih.

Yang paling khas, orang Korea sering terlihat makan Ramyeon langsung dari pancinya selagi panas ditambah kimchi sebagai pelengkap. Jadi yang bikin sedep itu pancinya atau memang ramyeonya ya?

9. Jjajangmyeon

Jjajangmyeon

nengyishi.com

Jika sebelumnya adalah mi kuah, maka yang satu ini versi mi gorengnya. Mi yang satu ini dilengkapai dengan saus pasta kacang dan kedelai hitam. Jjajangmyeon pun bisa dengan mudah Anda temukan di Indonesia baik dalam bentuk instan atau pun di restoran Korea.

10. Tteok

Tteok

wikipedia.com

Disebut juga dengan kue beras. Bentunya bulat dengan isian kacang merah atau bisa juga kenari. Seperti namanya kue beras, tteok terbuat dari tepung beras kenyal yang begitu lembut saat disantap. Di banyak adegan drakor, kue ini sering muncul lho.

Setelah tau 10 kuliner Korea yang hits di Indonesia, kira-kira mana yang paling membuat Anda penasaran dan segera ingin mencobanya?

About Author

Hi, nama saya Tertia. Orang biasa memanggil saya "Ter" atau bisa juga "Te". Seorang travel writer yang suka dengan keunikan di setiap sudut kota. Menulis bukan hanya sekedar hobi namun sudah jadi passion.

Comments are closed.