12 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Membandel di Wajah, Patut Dicoba Nih!

0

Cara menghilangkan jerawat memang bukanlah perkara mudah! Terlebih lagi untuk bekas jerawat menahun butuh waktu cukup lama untuk mengatasinya. Selain itu, nggak jarang juga pemakaian obat-obatan justru bikin kulit kering dan iritasi. Sehingga ujung-ujungnya, bukannya sembuh tapi wajah jadi semakin bermasalah.

Jerawat ini sebenarnya bukanlah penyakit kulit berbahaya, namun cukup menganggu penampilan. Dalam dunia jmedis disebut sebagai Acne Vulgaris. Umumnya disebabkan oleh produksi sebum (minyak) berlebihan, yang kemudian bercampur dengan sel-sel kulit mati dan kotoran sehingga menyumbat pori-pori kulit.

Apabila terinfeksi oleh bakteri, maka kondisi jerawat bisa makin parah. Bahkan berisiko memicu terbentunya papula, nodul hingga kista. Adapun faktor lain yang menjadi penyebab datangnya jerawat, seperti pola makan, pengaruh hormonal, genetik, serta pemakaian kosmetik kecantikan yang nggak cocok buat kulit.

Nah, buat kamu nih yang punya masalah jerawat membandel nggak perlu minder! Berikut cara menghilangkan jerawat secara alami di wajah yang paling efektif dan tanpa efek samping. Simak yuk!

1. Gunakan Minyak Pohon Teh (Tree Tea Oil)

Tree Tea Oil

orami.co.id / Tree Tea Oil

Minyak pohon teh atau tree tea oil sejak lama dikenal khasiatnya sebagai anti bakteri dan antiinflamasi. Nah, kamu bisa memanfaatkan minyak pohon teh ini buat mengatasi jerawat.

Dalam studi yang dimuat di Indian Journal of Dermatology, Veneorology and leprology di tahun 2007, membuktikan bahwa pemakaian 5% minyak pohon teh secara efektif dapat membunuh bakteri P. acnes penyebab jerawat.

Memang sih, efeknya nggak secepat senyawa benzoil peroksida yang biasa ditemukan dalam obat jerawat. Penyembuhan dengan minyak pohon teh membutuhkan waktu 2-3 bulanan. Namun begitu bahan ini tergolong aman. Sebaliknya, benzoil peroksida rentan menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Related: 7 Resep Masker Wajah Homemade ini Ampuh Banget Bikin Kulit Cerah & Menghilangkan Kusam

Kamu bisa mendapatkan minyak ini di apotek, swalayan atau toko online. Pastiin kamu membeli yang original ya! Lalu untuk pengaplikasiannya, cukup oleskan sedikit pada bagian yang berjerawat. Ulangi pemakaian 2 kali sehari sampai jerawat menghilang.

2. Coba Lidah Buaya! Gak cuma Hilangkan Jerawat, Bikin Kulit Lembut Juga!

Lidah Buaya / Aloe Vera

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki segudang manfaat. Biasanya orang menggunakan lidah buaya untuk mengobati beragam penyakit kulit, seperti luka bakar, panu hingga peradangan.

Selain itu, lidah buaya juga terbukti mengandung senyawa belerang serta asam salisilat. Yang mana keduanya senyawa tersebut berperan aktif sebagai antijamur dan antibakteri. Oleh karenanya, kamu bisa gunakan lidah buaya ini untuk menyembuhkan jerawat.

Untuk pemakaiannya:

  • Kamu ambil setangkai daun lidah buaya
  • Cuci bersih, lalu belah bagian tengahnya dan kerok gelnya dengan sendok
  • Aplikasikan gel tersebut ke seluruh wajah
  • Tunggu hingga kering
  • Bilas dengan air

Kamu bisa mengulangi metode ini 2 kali dalam sehari

Btw, penggunaan lidah buaya untuk masker ini nggak cuma bisa menghilangkan jerawat. Tapi juga membuat wajah jadi makin lembab dan tampak cerah.

3. Cuka Sari Apel, Ampuh Sembuhkan Jerawat dan Bekasnya!

Cuka Sari Apel / Apple Cider Vinegar

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dikenal efektif sebagai obat alami untuk jerawat. Hal tersebut dikarenakan cuka apel mengandung tinggi asam organik yang berperan sebagai anti virus dan anti bakteri.

Menurut penelitian yang dilakukan di China dan diterbitkan dalam Journal of Applied Microbiology and Biotechnology tahun 2013, cuka apel menyimpan kandungan senyawa asam suksinat yang terbukti dalam melawan bakteri P.acnes, mengurangi peradangan, serta menyembuhkan jaringan parut bekas jerawat.

Untuk cara penggunaannya:

  • Campurkan cuka sari apel dan air, dengan perbandingan 1:3 (Apabila kamu memiliki kulit sensitif, kamu bisa menambahkan lebih banyak air)
  • Oleskan pada jerawat menggunakan cotton bud
  • Diamkan sampai mengering
  • Bilas dengan air

Ulangi pemakaian 1-2 kali sehari, tergantung tingkat keparahan jerawatmu.

Related: Lagi Hits! Begini 7 Tips Glass Skin Makeup ala Beauty Vlogger yang Gampang Ditiru

Oiya, penting untuk kamu ketahui bahwa pemakaian cuka sari apel berlebihan tidaklah disarankan. Sebab kandungan asam yang tinggi berisiko membuat kulit jadi iritasi. Oleh karenanya, pastikan kamu mengencerkannya terlebih dahulu ya!

4. Buatlah Masker Campuran Madu dan Kayu Manis

Madu dan Kayu Manis

Bubuk Kayu Manis & Madu

Tahu nggak kalau campuran madu dan kayu manis juga bisa menghilangkan jerawat membandel loh! Madu dan kayu manis, keduanya mengandung antioksidan dan anti mikroba yang dapat melawan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Related: Ajaib, Ini 18 Manfaat Madu Bagi Kesehatan, Kecantikan Wajah dan Rambut

Berikut untuk cara pemakaiannya:

  • Campurkan 2 sdm madu asli dengan 1 sdm bubuk kayu manis
  • Aduk rata
  • Lalu balurkan pada area yang berjerawat
  • Kamu juga bisa meratakannya ke seluruh wajah
  • Tunggu sekitar 20 menit
  • Terakhir bilas dengan air

Metode ini bisa kamu ulangi 2-3 kali dalam seminggu

5. Teh Hijau, Ampuh juga Atasi Jerawat sekaligus Flek Hitam

Ekstrak teh hijau

Ekstrak Daun Teh Hijau

Cara mengatasi jerawat selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan teh hijau. Studi yang diterbitkan dalam Journal of drugs in dermatology tahun 2009, memaparkan bahwa mengoleskan ekstrak teh hijau sekitar 2-3% pada kulit dapat membantu menghilangkan jerawat sekaligus mengurangi produksi minyak.

Khasiat tersebut diperoleh karena teh hijau mengandung tanin dan flavonoid yang merupakan antioksidan yang bisa melawan bakteri. Selain itu, tersimpan pula senyawa epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang berperan dalam menghambat pertumbuhan bakteri P.acnes (Propionibacterium acnes) sekaligus mengurangi peradangan.

Untuk cara pakainya:

  • Seduh teh hijau dalam secangkir air mendidih
  • Tunggu hingga dingin
  • Lalu oleskan air seduhan tersebut pada jerawat atau seluruh wajah
  • Biarkan hingga kering
  • Lalu bilas dengan air

Alternatif lain jika kamu nggak memiliki persediaan teh hijau, kamu bisa membeli skincare atau lotion yang mengandung teh hijau.

6. Bikin Masker Putih Telur, Basmi Jerawat dan Membuat Kulit Kencang!

Masker Putih Telur

Untuk menghilangkan jerawat secara alami, bisa pula menggunakan putih telur. Kandungan vitamin dan protein yang tinggi dalam putih telur dipercaya dapat mengurangi peradangan sekaligus mengontrol produksi sebum. Efek positif lainnya, wajahmu juga bakal makin kencang dan cerah dengan pemakaian masker putih telur secara rutin.

Untuk cara pakainya:

  • Oleskan putih telur pada kulit yang berjerawat atau ratakan ke seluruh wajah
  • Tunggu sampai mengering, kira-kira 20 menit
  • Lalu bilas dengan air sampai bersih

Ulangi pemakaian 2-3 kali dalam seminggu.

7. Konsumsi Makanan yang Mengandung Zinc

Makanan Mengandung Zinc Tinggi

naturalfoodseries.com

Selain menggunakan obat topikal, kamu juga perlu nutrisi dari makanan untuk membantu penyembuhan jerawat agar lebih cepat. Salah satunya yang butuhkan adalah makanan yang mengandung tinggi zinc.

Senyawa zinc ini berperan penting terhadap proses regenerasi kulit sekaligus meningkatkan sistem imun. Dalam sebuah penelitian, 48 relawan diberikan suplemen zinc sebanyak 3 kali sehari. Hasilnya, 38 relawan mengalami kesembuhan jerawat hingga 80% bahkan ada yang sembuh total. Proses penyembuhan tersebut berlangsung selama 2 bulan.

Related: Gak Harus Facial, Ini Cara Hilangkan Komedo di Hidung dengan 6 Bahan Alami

Untuk dosis zinc yang direkomendasikan dalam batas aman, sekitar 30-40 mg perhari. Suplemen zinc ini nggak disarankan dikonsumsi berlebihan sebab bisa menimbulkan efek samping berupa iritasi usus.

Alternatif yang lebih aman, konsumsi aja makanan yang mengandung tinggi zinc. Misalnya, biji-bijian, kacang-kacangan, susu, telur, kentang atau daging merah.

8. Konsumsi Suplemen Minyak Ikan atau Makanan Sumber Omega-3

Minyak Ikan dan Sumber Omega-3

superfoodly.com

Minyak ikan merupakan salah satu suplemen yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Di dalamnya terkandung senyawa asam lemak omega-3 dalam bentuk EPA (eikosapentaenoat) dan DHA (asam docosahexaenoic).

Kedua senyawa tersebut, EPA dan DHA terbukti dapat mengurangi peradangan sekaligus mengontrol produksi sebum pada kulit. Oleh karenanya, tak jarang suplemen ini dimanfaatkan untuk mengobati masalah jerawat. Tapi yang perlu diingat, untuk mengonsumsi suplemen, pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Adapun sumber omega 3 lainnya bisa kamu temukan di beberapa makanan, seperti ikan salmon, kenari, sarden, ikan teri dan sebagainya.

9. Lakukan Diet Rendah Gula

Diet Rendah Gula

bulletproof.com/iStock

Untuk memaksimalkan pengobatan terhadap jerawat, nggak cukup hanya dengan mengoleskan obat saja! Kamu juga harus memperhatikan pola makan. Nah, jenis makanan yang bisa mempengaruhi jerawat adalah makanan dengan indeks glikemik tinggi.

Makanan berindeks glikemik tinggi dapat memicu kenaikan kadar gula dan menyebabkan lonjakan insulin. Kondisi ini diperkirakan dapat meningkatkan produksi sebum di kulit. Sehingga efek tak langsungnya, jerawat pun jadi susah sembuh, bahkan berisiko makin parah karena kondisi wajah yang berminyak.

Adapun jenis makanan tinggi glikemik adalah makanan manis, minuman kaleng dan kemasan yang miliki rasa, kue kering, donat, permen, dan makanan olahan lainnya.

Nah, baiknya jika kamu memiliki masalah jerawat lakukan diet rendah gula. Perbanyak konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah, misalnya sayuran, buah- buahan, biji-bjian dan kacang-kacangan.

10. Lakukan Eksfoliasi Alami dengan Lulur Gula dan Minyak Kelapa

Minyak Kelapa

Salah satu treatment yang perlu dilakukan untuk mengatasi jerawat adalah eksfoliasi. Perawatan ini dipercaya bisa mengurangi jerawat dengan cara pengelupasan sel-sel kulit mati

Namun begitu, kamu harus menghindari pemakaian produk scrub yang mengandung astringents karena ditakutkan bisa memicu iritasi. Untuk amannya, buatlah lulur alami dari campuran gula dan minyak kelapa.

Untuk cara pengaplikasiannya:

  • Campur gula dan minyak kelapa dengan perbandingan 1:2
  • Aduk rata
  • Lalu oleskan pada wajah sambil dipijat-pijat lembut
  • Diamkan sekitar 10 menit
  • Lalu bilas dengan air

Metode eksfoliasi ini bisa kamu ulangi 1-2 kali dalam seminggu.

11. Sebisa Mungkin Hindari Stres

Hindari Stres

Kondisi stres nggak hanya mempengaruhi mentalmu. Tapi juga menganggu produksi hormon dan kesehatan tubuh loh! Salah satu dampak negatifnya, yakni meningkatkan produksi minyak di kulit sekaligus bikin peradangan makin parah. Sehingga efeknya jerawat pun jadi sulit sembuh.

Menurut penelitian, stres dapat memperlambat penyembuhan bekas jerawat hingga 40%.

Maka itu, penting bagimu untuk bisa mengelola stres. Apabila kamu merasa jenuh akan kerjaan atau merasa tertekan, cobalah melakukan rileksasi. Caranya bisa dengan melakukan yoga, memperbanyak waktu beristirahat, atau jalan-jalan menghirup udara pagi.

12. Rutinlah Berolahraga

Rutin berolahraga

Climbing – @bk_advtravlr

Aktivitas olahraga juga berkonstribusi dalam membantu mengatasi jerawat. Dengan kamu berolahraga secara rutin, itu akan melancarkan sirkulasi darah sekaligus menyehatkan sel-sel kulit. Nah, hal tersebut dapat mengoptimalkan penyembuhan jerawat.

Oleh karenanya, sangat disarankan agar kamu rutin melakukan olahraga. Seengaknya 3-5 kali perminggu. Nggak perlu olahraga yang sulit! Kamu bisa melakukan jogging, berenang, atau senam aerobik.

Nah, jadi itulah beberapa cara mengatasi dan menghilangkan jerawat tanpa efek samping. Semoga bermanfaat! Yang terpenting, lakukan tips-tips diatas secara rutin, sebab pengobatan dengan bahan alami cenderung membutuhkan waktu tak sebentar. Namun begitu dijamin aman kok!

About Author

Hi saya Amaniyah, seorang sarjana S1 Sains yang kemudian terjun dalam dunia kepenulisan dengan berbagai tema seperti fashion, kecantikan, kesehatan dan lainya.

Comments are closed.