8 Cara Cepat Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Minum Obat

0

Menjelang haid biasanya cewek kerap mengalami nyeri perut. Kondisi ini ditandai adanya kram otot dibagian bawah perut. Tak jarang pula rasa sakitnya menjalar ke paha hingga punggung. Bahkan terkadang disertai gejala lain seperti mual, pusing dan diare.

Dalam ilmu medis, nyeri haid ini dikenal sebagai dismenorea. Rasa nyeri tersebut timbul saat dinding rahim luruh mengeluarkan darah. Di saat itu, rahim mengeluarkan zat prostaglandin yang memicu terjadinya kontraksi. Menyebabkan rahim kekurangan asupan oksigen sehingga memicu terjadinya kram perut.

Umumnya, kram perut ini berlangsung di awal menstruasi sekitar 3-4 hari. Setelah itu, rasa sakitnya akan semakin berkurang.

Nah, buat kamu yang sering mengalami nyeri haid, baiknya hindari pengonsumsian obat-obatan. Kamu bisa atasi nyeri hair dengan cara-cara dibawah ini!

1. Minum rebusan daun sirsak

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk meredakan nyeri haid adalah dengan mengonsumsi rebusan daun sirsak. Daun ini sering dimanfaatkan sebagai obat alternatif untuk penyembuhan beragam penyakit. Salah satunya yang cukup populer sebagai obat kanker.

Selain itu, daun sirsak juga ampuh mengatasi gangguan sakit perut loh! Adanya kandungan antioksidan yang tinggi bisa membantu mengurangi gejala kram otot.

Related: Catat! Ini 8 Pemicu Diabetes di Usia Muda yang Perlu Diwaspadai

Nggak cuma itu aja, daun sirsak menyimpan kandungan senyawa acetogenin. Senyawa ini bekerja dalam mengoptimalkan pengeluaran racun, termasuk darah kotor dari dalam tubuh.

Untuk pembuatannya:

  • Siapkan 7 lembar daun sirsak
  • Cuci bersih
  • Lalu rebus dalam 3 gelas air putih
  • Tunggu hingga air rebusan menjadi separuh
  • Jika sudah, minum selagi masih hangat

Mengonsumsi daun sirsak bisa membuat haidmu makin lancar. Mungkin darah akan keluar lebih deras, tapi itu membantu mengurangi sakit perut. Namun demikian, jangan konsumsi daun sirsak berlebihan ya! Karena efek sampingnya bisa memicu gangguan neurologis. Cukup 1 kali sehari, selama 2-3 hari pada awal menstruasi.

2. Minum Jamu Kunyit Asam

Daripada mengonsumsi obat yang bisa memicu efek samping, lebih baik kamu mencoba meredakan nyeri haid dengan minum jamu. Nah, salah satu jamu yang dikenal ampuh atasi gangguan perut adalah jamu kunyit asam. Pengonsumsian jamu ini dapat membantu mengoptimalkan pengeluaran darah haid jadi lebih lancar.

Dimana kunyit sendiri berperan sebagai antiinflamasi, sementara asam untuk mengurangi gejala sakit perut.

Cara pembuatan jamu kunyit asam juga cukup mudah, yakni:

  • Pertama rebus air hingga mendidih
  • Lalu, masukkan kunyit yang telah diparut (secukupnya aja ya)
  • Tambahkan sedikit asam dan gula jawa
  • Rebus kembali hingga mendidih
  • Jika sudah mendidih, angkat dan tunggu sampai agak dingin
  • Minum 1 kali dalam sehari untuk meredakan nyeri haid

Oiya, kalau kamu malas bikin sendiri, kamu bisa membelinya di penjual jamu. Namun pastikan higenis ya!

3. Coba konsumsi wedang jahe

Alternatif selanjutnya yang bisa kamu coba buat menghilangkan nyeri haid yakni dengan minum wedang jahe. Rempah yang biasa digunakan untuk penyedap makanan ini mengandung senyawa gingerol yang berperan sebagai antioksidan dan ngurangi efek peradangan.

Related: Jadi Pemicu Kematian Tertinggi, Cegah Kanker Payudara dengan 10 Makanan Enak Ini!

Di samping itu, gingerol juga bisa meredakan nyeri haid dengan cara membatasi produksi hormon prostaglandin. Beberapa studi juga menyebutkan bahwa keefektifan jahe dalam menekan rasa nyeri sama kuatnya dengan ibuprofen dan asam mefenamat.

Untuk cara pengonsumsiannya:

  • Siapkan 1 rimpang jahe, cuci bersih dan kupas
  • Haluskan jahe dengan diparut
  • Siapkan 3 gelas air dalam panci, tambahkan jahe dan rebus hingga mendidih
  • Jika sudah mendidih, angkat dan saring agar diperoleh sarinya
  • Minum selagi masih hangat

Jika ingin lebih simpel, kamu cukup remuk jahe dengan cobek. Cuci bersih, lalu masukkan ke gelas dan tambahkan air panas. Tunggu sampai agak dingin, lalu segera konsumsi.

4. Kompres perut dengan air hangat

Selain mengonsumsi minuman herbal, kamu juga bisa meredakan nyeri haid dengan cara yang lebih simpel. Yakni mengompres perut dengan air hangat. Panas dari air ini bisa membantu rileksasi otot rahim yang berkotraksi, sekaligus memberikan efek menenangkan.

Related: 10 Cara Ampuh Atasi Perut Buncit, Gak Susah Kok!

Kamu cukup masukkan air hangat ke dalam botol. Lalu letakkan dalam perut selama beberapa menit. Lakukan 3 kali sehari hingga nyeri mulai mereda.

5. Konsumsi teh hijau

Saat mengalami nyeri haid, coba deh kamu konsumsi teh hijau. Teh ini kaya antioksidan . Selain berperan sebagai antiinflamasi, juga membantu melancarkan pengeluaran darah, mengoptimalkan proses detoks, sekaligus memberikan efek rileksasi.

Agar hasilnya lebih optimal, kamu konsumsi 2 kali sehari ya!

6. Pijat perut dengan aromateraphy oil

Mengoleskan aromateraphy oil atau minyak essensial pada perut juga bisa mengurangi rasa nyeri akibat haid dengan cara menyeimbangkan kadar hormon prostaglandin. Selain itu, penggunaan aromaterapi ampuh pula mengurangi kontraksi otot rahim

Adapun jenis-jenis minyak aromaterapi yang dikenal efektif mengatasi nyeri haid, seperti minyak lavender, minyak mawar, clary sage, kayu manis dan chamomile.

Related: Penting! Kenali Arti Simbol Obat Pada Kemasan Sebelum Dikonsumsi

Untuk cara pakainya, kamu bisa oleskan pada perut bagian bawah dan samping. Selain itu oleskan pula di kering dan sekitar leher agar lebih rileks.

7. Konsumsi Nanas

Nanas merupakan buah yang ampuh atasi nyeri haid. Buah ini mengandung enzim bromelaine yang bekerja efektif dalam melemaskan otot rahim yang tegang. Selain itu juga melancarkan pengeluaran darah karena efek panas yang dikandungnya.

Konsumsi nanas secukupnya aja. Jangan berlebihan ya! Dengan begitu nyeri akan reda secara perlahan.

8. Ngemil coklat hitam

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk meredakan nyeri haid yaitu dengan mengemil coklat hitam. Selain mengandung tinggi antioksidan, mengonsumsi coklat hitam juga bisa meningkatkan hormon serotonin, yang mana hormon tersebut berperan dalam menciptakan rasa bahagia sekaligus merangsang rileksasi otot.

Yang perlu kamu perhatikan, konsumsilah coklat hitam yang asli ya! Kebanyakan produk coklat kemasan di pasaran mengandung zat pemanis buatan yang justru memberikan efek negatif bagi tubuh. Jadi selektiflah dalam memilih makanan.

Nah girls, itulah tadi cara mengatasi nyeri haid tanpa kamu harus minum obat. Semoga bisa membantu!

About Author

Hi saya Amaniyah, seorang sarjana S1 Sains yang kemudian terjun dalam dunia kepenulisan dengan berbagai tema seperti fashion, kecantikan, kesehatan dan lainya.

Comments are closed.