Catat Girls! 8 Produk Skincare Ini Ternyata Gak Perlu Digunakan Setiap Hari

0

Di zaman sekarang ini, skincare telah menjadi kebutuhan wajib bagi kaum hawa. Terbukti, banyak cewek yang rela ngeluarin duit hingga jutaan rupiah demi membeli produk kecantikan yang berkualitas.

Selain itu, nggak sedikit pula cewek yang ngikutin ritual skincare ala Korea, dimana tahapannya bisa mencapai 10 step. Mulai dari pengaplikasian double cleansing, toner, essence, serum, sheet mask, face oil, emulsion, eye cream, moisturizer, hingga sunscreen.

Nah, yang perlu kamu ketahui girls, ternyata nggak semua skincare itu perlu digunain tiap hari loh! Beberapa produk ada yang memiliki kesamaan fungsi, sehingga kamu tak perlu memakainya bersamaan. Di samping itu, memang ada jenis skincare yang dikhususkan buat dipakai mingguan.

So, berikut ini jenis-jenis skincare yang nggak perlu kamu pakai setiap hari!

1. Lip Scrub

Lip Scrub

Pemakaian makeup di bibir, seperti lipstik atau lip tint memang bikin kamu tampak makin cantik. Tapi efek sampingnya, bahan-bahan kimia yang ada di produk tersebut dapat membuat bibirmu rentan bermasalah. Selain bikin pecah-pecah, juga bikin warna bibir menggelap.

Nah, buat ngatasi hal itu, biasanya para cewek menggunakan lip scrub. Produk ini berguna buat eksfoliasi atau mengangkat sel sel kulit mati. Sehingga nantinya bibir jadi lebih sehat.

Related: 12 Cara Menghilangkan Jerawat Membandel di Wajah, Patut Dicoba Nih!

Namun begitu, yang perlu kamu perhatikan, lip scrub enggaklah perlu dipakai setiap hari. Terlalu sering menscrubbing justru bikin bibir makin tipis dan kering. Idealnya, kamu cukup gunain lip scrub 1-2 kali seminggu.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan lip balm yang berguna buat melembabkan bibir.

2. Sheet mask

Sheet Mask

Sheet mask menjadi salah satu skincare yang saat ini ngetrend di kalangan beauty enthusiast. Sheet mask sendiri merupakan masker berbentuk tisu yang direndam dalam essence atau serum. Fungsinya tak lain buat menutrisi wajah agar lebih fresh dan terhidrasi.

Nah, pemakaian sheet mask ini sebenarnya nggak perlu tiap hari. Cukup 3 kali seminggu. Kulitmu udah cukup ternutrisi dengan penggunaan moisturizer dan serum.

3. Peel off mask

Peel Off Mask

Berbeda dengan sheet mask yang berguna tuk melembabkan wajah, Peel off mask adalah masker yang fungsinya mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran serta kelebihan minyak di wajah. Bila digunakan secara rutin, kulit bisa semakin bersih dan kencang.

Related: Gak Harus Facial, Ini Cara Hilangkan Komedo di Hidung dengan 6 Bahan Alami

Namun yang perlu diperhatikan, produk ini nggak disarankan dipakai setiap hari. Berlebihan dalam menggunakan peel off mask justru bikin kulit makin tipis, sehingga rentan kering dan mengalami iritasi.

4. Face scrub

Face Scrub

Hampir sama kayak peel off mask, face scrub juga bekerja dalam mengoptimalkan proses regenerasi sel atau pengangkatan sel kulit mati. Yang mana berarti bisa pula mengatasi berbagai problem kulit, misalnya wajah kusam dan komedo.

Face scrub ini baiknya diaplikasikan 2-3 kali dalam.seminggu. Terlalu sering menscrubbing wajah ngga baik karena bisa menghilangkan minyak alami di kulit, sehingga efeknya wajah pun rentan kering.

5. Face Mist

Face Mist

Karena manfaatnya yang cukup banyak, face mist kerap dijadikan sebagai daily skincare routine oleh kaum hawa. Tapi sebenarnya, apakah perlu gunain face mist tiap hari?

Jawabannya nggak juga! Sebab pada dasarnya face mist ini berguna untuk menyegarkan kulit dan sebagai hydrating. Kalau kamu udah pakai toner dan moisturizer, ya sudah kedua produk tersebut bisa jadi pengganti face mist, kok!

Related: Lagi Hits! Begini 7 Tips Glass Skin Makeup ala Beauty Vlogger yang Gampang Ditiru

Kecuali kamu mau make-up, kamu bisa semprotkan face mist agar hasil make up tahan lama dan nggak cakey.

6. Essence

Essence

Essence merupakan salah satu item wajib dalam rangkaian korean skincare. Fungsinya sendiri yakni untuk ekstra hydrating. Jadi bikin wajah super lembab. Selain itu, essence juga cenderung mengandung bahan aktif dengan konsentrat cukup tinggi, namun nggak sekental serum.

Sebenarnya, kamu nggak terlalu membutuhkan essence tiap hari. Khasiat dari produk ini bisa kamu peroleh dari pemakaian pelembab dan serum. Terlebih lagi jika kulitmu tipe oily, baiknya kurangi menggunakan skincare berlayer-layer.

7. Emulsion

Emulsion

Emulsion juga menjadi bagian dari 10 step korean skincare routine. Dibuat dengan formula ringan yang berguna untuk melembabkan kulit.

Related: 7 Masker Wajah Homemade Ampuh Bikin Kulit Cerah & Menghilangkan Kusam

Nah, emulsion ini juga nggak perlu dipakai setiap hari. Jika produk moisturizer dan tonermu udah cukup menghidrasi, rasanya tak mengoleskan emulsion pun tak masalah.

8. Eye Cream

Eye Cream

Bagi beberapa orang, pemakaian eye cream mungkin dianggap penting karena bisa menyamarkan keriput dan ngurangi mata panda. Okay, presepsi tersebut emang nggak sepenuhnya salah! Tapi kamu juga perlu berhati-hati dalam penggunaan eye cream berlebihan, sebab kulit disekitar mata itu cenderung tipis.

Sehingga bila kamu oleskan produk kimia secara terus-menerus, efeknya lingkaran dibawah mata jadi makin rentan menghitam. Oleh karenanya, cukup gunakan eye cream sewajarnya saja, ya! Nggak tiap hari juga nggak apa-apa! Jika kamu pakai moisturizer, itu sebenarnya udah cukup menghidrasi kulit wajahmu.

Nah, demikianlah girls beberapa jenis skincare yang sebenarnya tak perlu digunakan setiap hari untuk perawatan wajah. Moga info ini bisa bermanfaat ya!

About Author

Hi.. Saya Allysa, menulis merupakan salah satu cara menyalurkan hobi untuk mengisi waktu luang disela-sela kesibukan sebagai karyawan di sebuah perusahaan swasta.

Comments are closed.