9 Cara Mengatasi Rasa Jenuh dalam Hubungan, Bukan dengan Selingkuh ya!

0

Ketika kamu menikah itu berarti kamu memutuskan untuk hidup bersama satu orang selamanya. Ya, hanya dengan pasanganmu! Tentunya hal tersebut menyenangkan, sebab kamu jadi punya patner hidup yang selalu menemani.

Namun begitu, tak bisa dipungkiri kadang rasa bosan juga bisa muncul. Terutama jika hubungan udah berlangsung cukup lama! Rutinitas yang terus-menerus berulang kerap menimbulkan kejenuhan. Sehinga tak jarang membuat orang jadi nekad mengambil jalan pintas, seperti berselingkuh atau bahkan memutuskan hubungan.

Perlu kamu pahami bahwa rasa jenuh dalam hubungan adalah hal wajar! Tapi solusi untuk mengatasinya bukan dengan pisah atau selingkuh! Itu jelas perilaku egois dan tak adil bagi pasanganmu.

Nah, berikut ini beberapa tips menyikapi rasa jenuh dalam hubungan tanpa harus melukai hati pasangan. Yuk simak!

1. Jangan malu mengekspresikan cintamu. Bersikap selalu romantis itu perlu!

Kebanyakan orang cenderung berperilaku romantis saat awal hubungan aja. Kalau udah lama ngejalani biasanya jadi makin hambar. Tak ada lagi kata-kata manis. Nah, sikap macam inilah yang sebenarnya bisa memicu rasa bosan.

Related: Sederhana! Ini Lho 10 Hal yang Paling Diinginkan Cewek dari Pasangannya

Harusnya sih nggak peduli seberapa lama hubungan kalian, cobalah untuk tetap menjaga keromantisan. Kamu tak perlu gengsi! Justru dengan kamu sering memuji pasangan atau bersikap manis itu bisa membuat hubungan kalian makin terasa hangat dan menyenangkan.

2. Lakukan sesuatu berbeda untuk menghindari aktivitas yang monoton

Tiap hari menjalani aktifitas yang sama dan berulang kerap menimbulkan kebosanan. Nah, biar nggak jenuh-jenuh banget sesekali buatlah kegiatan yang berbeda. Misal nih, saat hari libur suami cobalah memasak buat istri. Atau kamu bisa bikin agenda di sore hari buat jalan-jalan bareng keluarga.

3. Bersikap saling memahami, jangan mementingkan ego!

Kamu dan pasanganmu tidak mungkin memiliki karakter yang sama. Kalian pasti juga mempunyai kesibukan berbeda-beda. Nah, jika kamu nggak belajar bersikap saling memahami, maka perbedaan tersebut bisa menjadi bomerang yang menghancurkan hubungan kalian.

Cobalah untuk mengesampingkan egomu! Apabila pasanganmu sibuk atau mungkin punya kekurangan, ya berusalah buat menerimanya! Jangan terlalu banyak ngeluh atapun menuntut. Cukup jalani hubunganmu dengan santai. Perbanyak juga bersyukur. Dengan begitu, semua akan terasa lebih menyenangkan!

4. Jaga komunikasi! Bila ada masalah segera selesaikan!

Menjaga komunikasi adalah kunci penting dalam sebuah hubungan. Apabila komunikasi nggak berlajan lancar, pasti deh hubunganmu jadi rentan akan pertikaian. Dan jika kamu terus-menerus bertengkar, ya lama-kelamaan timbullah rasa jenuh.

Maka itu, nggak peduli sekecil apapun masalanya coba buat sharing ke pasangan. Nggak apa-apa kalau kalian beda pendapat. Itu wajar! Cukup bicarakan secara baik-baik. Yang terpenting, jangan sampai memendam masalah berlarut-larut!

Related: Ditinggal Mantan Nikah? Lakukan 7 Hal Ini Agar Hati Legowo dan Ikhlas

Lalu, untuk nunjukin kalau kamu care, usahakan juga buat menanyakan kabar ke pasangan tiap hari. Walaupun tampak sepele, sebenarnya itu bisa bikin pasangan senang loh!

5. Di tengah padatnya kesibukanmu, luangkan waktu buat couple time

Bekerja itu memang penting. Tapi sepenting-pentingnya kerja, kamu jangan sampai ngelupain pasanganmu! Usahakan buat menyempatkan couple time. Misalnya saat weekend, ajak pasangan travelling, nonton bioskop, atau sekedar jalan-jalan di taman bunga juga asyik.

Selain itu, coba juga sebelum tidur malam luangkan waktu buat ngobrol. Paling tidak 30 menitlah. Saling bertukar cerita bisa mempererat rasa cinta.

6. Rasa bosan itu cuma sesaat! Ingat komitmen yang telah kamu ucapkan!

Ketika kamu hendak menyerah hanya karena rasa jenuh, coba deh ingat kembali komitmen dan janji-janji yang telah kamu buat bersama pasangan. Apa semudah itu kamu mau mengingkarinya? Lalu bagaimana dengan perjuangan kalian selama ini? Apa kamu rela menghancurkannya?

Coba ingatlah masa-masa indah kalian berdua. Kamu pernah begitu mencintainya. Harusnya jika kamu benar sayang dengan pasanganmu, maka perjuangkan dia! Jangan mau dikalahkan oleh rasa bosan yang cuma sesaat.

7. Sering-seringlah bercanda dengan pasangan. Bahagia itu sederhana kok!

Sebenarnya cara untuk menghilangkan kebosanan dalam hubungan itu cukup simpel. Yakni dengan menjadi orang yang humoris! Jangan terlalu serius atau tegang. Sesekali ajaklah pasanganmu bercanda. Selain bikin awet muda, tertawa bersama pasangan juga bisa memperkuat benih-benih cinta.

Related: Kamu Harus Peka, Ini 10 Tanda Pasangan yang Gak Tulus Mencintaimu

Sesekali jadilah sosok romantis, di lain waktu jadilah sosok humoris! Dijamin deh pasanganmu bakal makin sayang.

8. Sesekali berikan kejutan ke pasangan! Tak perlu mahal, yang penting tulus

Layaknya sebuah tanaman, cinta juga perlu dirawat agar nggak layu! Nah, salah satu cara buat menjaga rasa cinta yakni dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan hati pasangan. Misalnya aja, ngasih kejutan. Percaya deh, pasanganmu nggak perlu hadiah yang mewah atau mahal! Cukup sesuatu yang sederhana tapi menyentuh hati.

Contohnya kamu bikin kue spesial untuknya, ngasih bunga, ngajak candle dinner, atau mungkin beliin pakaian. Lakukan aja apa yang sanggup kamu lakukan. Setidaknya dengan memberikan surprise menunjukkan kalau kamu peduli dan pastinya itu bisa ngurangi rasa bosan dalam hubungan kalian.

9. Jika kamu udah menikah, seringlah melakukan kontak fisik

Nah, terakhir nih cara menghindari kejenuhan yang paling ampuh yakni dengan menjaga kontak fisik. Menurut penelitian, menjalin kontak fisik ini dengan lawan jenis bisa mengaktifkan hormon oksitosin dalam tubuh. Hormon ini bertugas untuk menghadirkan rasa bahagia. Namun ingat ya, tips ini khusus untuk kamu yang udah menikah.

Itu tadi beberapa cara mengatasi rasa bosan dalam hubungan. Sebenarnya cukup mudah, kan? Intinya, cobalah bersikap saling menghargai dan menyayangi. Usir kejenuhan dengan selalu merawat rasa cintamu.

About Author

Hi saya Amaniyah, seorang sarjana S1 Sains yang kemudian terjun dalam dunia kepenulisan dengan berbagai tema seperti fashion, kecantikan, kesehatan dan lainya.

Comments are closed.