Bukan Dicatok, Ini 8 Cara Ngatasi Bad Hair Day Tanpa Membuatnya Rusak

0

Bad hair day merupakan salah satu problem yang kerap jadi momok bagi para cewek. Nggak peduli seberapa kece outfit-mu, tapi kalau kondisi rambut susah diatur, entah itu lepek, kering atau frizzy pastinya bikin bete, kan? Selain mempengaruhi penampilan jadi kurang oke, bad hair day juga membuat nggak percaya diri.

Lalu bagaimana solusinya? Apakah untuk ngatasi bad hair day harus selalu dengan dicatok? No girls! Mencatok memang bisa bikin rambutmu bagus seketika. Tapi efeknya rambutmu jadi rentan kusam dan patah. So, maka itu jangan sering-sering catokan atau pakai alat hairstyling!

Kamu bisa mencoba beberapa tips dibawah ini buat mengatasi bad hair day. Dijamin rambutmu bakal terlihat oke tanp harus berisiko rusak!

1. Style Rambut dengan Dikepang

Ponytail Braid

Youtube – Missy Sue

Ketika kondisi rambutmu udah benar-benar tak terkondisikan, dalam artian ngembang dan kering banget, maka kamu bisa mengakalinya dengan cara dikepang. Trik ini cocok diterapin saat kamu sedang terburu-buru dan nggak sempat keramas.

Related: Simpel, Begini 9 Cara Merawat Rambut Keriting Agar Gak Gampang Frizzy

Kamu nggak perlu khawatir dianggap kuno! Sekarang ini justru banyak model kepangan yang stylish. Misalnya aja, ponytail braid, rose braid, pull trough braid dan masih banyak lainnya. Kamu bisa cari tutorialnya di youtube. Dengan dikepang, rambutmu nggak cuma bakal rapi seketika, tapi juga cute loh!

2. Gau Mau Ribet Kepang? Cobain Gaya Ponytail

Ponytail

wikihow.com

Kalau kamu malas bikin kepangan atau memang nggak sempat, ya sudah tak perlu bingung! Kamu bisa menata rambut dengan gaya ponytail. Cukup sisir lalu kuncir ke belakang. Udah beres deh! Nggak harus rapi-rapi banget kok! Toh, sekarang model messy hair juga sedang hits. Yang penting kesannya stylish.

Related: 10 Style Rambut Cewek Korea yang Bakalan Trend di Tahun 2019, Intip Yuk!

3. Lebih simpelnya lagi, Cukup Cepol Rambutmu ala Messy Bun

Messy Bun

lorealparisusa.com

Selain dikepang dan digaya ponytail, alternatif lain untuk mengatasi bad hair day yakni dengan mencepol rambut. Percaya deh, trik ini ampuh banget buat ngakali rambut yang berantakan. Kamu hanya perlu menyisir rambutmu ke arah atas, lalu gulung dan langsung dicepol! Selesai! Gampang, kan? Usahain pilih ikat rambut yang cute, jadi look-mu juga akan tampak keren.

Btw, gaya messy bun atau cepol agak berantakan ini emang sedang populer, girls! Jadi nggak perlu minder. Dijamin deh temanmu nggak bakal tau kalau kamu sedang bad hair day, taunya ya kamu emang stylish!

4. Rambut Lepek? Coba pakai Dry Shampoo

Dry Shampoo

matrix.com

Buat kamu yang punya rambut lurus dan tipis, pasti kamu sering mengalami problem rambut lepek, kan? Don’t worry! Kamu bisa mengatasi kondisi itu dengan pemakaian dry shampoo.

Related: 12 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Membandel di Wajah, Patut Dicoba Nih!

Sesuai namanya, dry shampoo merupakan sampo berbentuk spray yang pemakainnya tinggal disemprotkan ke rambut dan nggak perlu dibilas. Dry shampoo ini bekerja dalam menyerap minyak berlebih, sehingga nantinya rambutmu bisa terlihat lebih indah dan bervolume. Selain itu, juga bikin rambut jadi harum. Kamu bisa membeli dry shampoo di swayalan atau online shop.

5. Kalau Rambutmu Gampang Frizzy, Gunakan Hair Vitamin

Hair Vitamin

wikihow.com

Berbeda dari rambut lepek, frizzy hair merupakan kondisi dimana rambutmu ngembang, kering dan megar banget kayak singa. Biasanya masalah ini kerap dihadapi si pemilik rambut keriting, wavy atau yang rambutnya tebal.

Nah, untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba memakai hair vitamin. Misalnya aja ellips, makarizo atau lainnya. Pemakaian hair vitamin bisa membuat rambutmu lebih rapi, berkilau dan pastinya jadi mudah diatur. Cukup oleskan sedikit aja agar rambut nggak terlalu berminyak. Dijamin deh bad hair day akan berubah menjadi good hair day!

6. Akali dengan Menggunakan Aksesoris

Jepit Rambut / Hair Clipper

ebay.com

Kondisi bad hair day juga bisa kamu akali dengan pemakaian aksesoris. Misalnya aja kamu pakai bandana untuk menutupi pangkal rambut yang berantakan. Atau kamu juga bisa memakai jepit rambut yang lucu-lucu. Namun bila ingin terkesan keren dan cool, topi bisa jadi pilihan yang tepat!

7. Sisir Rambut dengan Mengubah Arah Belahannya dan Jangan Lupa Dijepit Agar Terkesan Rapi

Belahan rambut wanita

Biasanya rambut bagian pangkal itu cenderung kering dan suka ‘berdiri-diri’ sehingga membuatnya jadi susah diatur. Untuk mengakalinya, coba deh sesekali kamu ubah gaya belahannya.

Related: Lagi Hits! Begini 7 Tips Glass Skin Makeup ala Beauty Vlogger yang Gampang Ditiru

Jadi jangan dibelah tengah seperti biasanya! Tapi bikin belahan berlawanan arah. Kemudian sematkan beberapa jepit sehingga nantinya rambut terlihat lebih rapi. Oiya, agar nggak mencolok baiknya pilih jepit berukuran kecil aja,kayak bobby pin. Dengan begitu, tatanan rambutmu akan terlihat natural.

8. Terakhir Coba Trik Sasak! Ampuh Buat Ngatasi Rambut Lepek

Sasak Rambut

wikihow.com

Terakhir nih buat kamu yang punya masalah rambut lepek tapi nggak punya dry shampoo, kamu bisa mencoba trik sasak. Kamu cukup menyasak rambutmu di bagian pangkal saja dan pastiin menggunakan sisir bergigi rapat. Dijamin deh rambutmu bakal langsung kece badai dan lebih bervolume.

Nah girls, itulah tadi sederet tips untuk mengatasi bad hair day tanpa perlu dicatok namun tetap bisa tampil cantik. Mudah, bukan? Selamat mencoba ya!

About Author

Hi saya Amaniyah, seorang sarjana S1 Sains yang kemudian terjun dalam dunia kepenulisan dengan berbagai tema seperti fashion, kecantikan, kesehatan dan lainya.

Comments are closed.