Tak Mau Zonk? Coba Praktikkan 8 Cara Memilih Buah Durian yang Manis dan Tebal

0

Saat musim durian telah tiba. Pecinta buah tropis ini wajib merapat untuk mencicipi segala jenis durian yang ada di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, jika Asia Tenggara merupakan pusatnya durian si raja buah yang begitu nikmat ini.

Rasa legit manisnya yang begitu menggoda membuat penikmat durian tak ingin ketinggalan mencicipi semua rasa dari berbagai jenis durian di setiap musimnya.

Sayangnya, tidak semua orang menyukai buah durian. Baunya yang cukup tajam kadang membuat orang mual dan mulai dihindari. Bahkan saking tidak sukanya, di negara barat, buah ini disebut juga dengan “The Nastiest Fruit Ever” alias buah paling menjijikkan yang pernah ada.

Tapi buat Anda yang sudah menggilai durian tentunya tak terpengaruh dong dengan komentar warga barat tersebut terhadap salah satu kuliner kebanggan kita ini?

Oh iya, saking seringnya menimbulkan bau yang menyengat, maskapai penerbangan biasanya melarang keras penumpang membawa buah ini masuk ke pesawat. Kecuali jika penumpang telah memindahkan buah dalam wadah yang tertutup rapat tanpa memunculkan bau.

Lepas dari itu semua, bagi Anda pecinta raja buah ada beberapa hal yang perlu Anda kenali sebelum membelinya. Cara ini dijamin akan membuat Anda menemukan pilihan durian terbaik, tanpa kemakan tipu daya si penjual.

8 Cara mudah memilih durian yang manis dan tebal

1. Kenali aromanya

Mencium Aroma Durian

Ini adalah cara dasar memilih durian yang manis. Anda harus mengenalinya dari aroma. Jika buah durian yang Anda pilih mengeluarkan aroma yang masih pekat itu artinya buah tersebut masih segar dan bagus, sebaliknya jika aroma yang dikeluarkan memudar berarti durian telah lama dipetik dan cenderung tidak segar.

Aromanya pun beragam. Jika Anda mencium aroma manis, maka buahnya pun akan memiliki rasa yang manis. Sedangkan jika buah durian beraroma pahit, rasa buahnya pun akan cenderung pahit. Dan apabila durian tersebut tidak mengeluarkan bau tajam berarti buah tersebut masih mentah.

2. Perhatikan bentuk durinya

Bentuk Duri Durian

starjogja.com

Duri durian ternyata juga bisa jadi salah satu penentunya. Menurut pedagang buah, bentuk duri durian bisa mencerminkan rasa buah di dalamnya.

Durian dengan bentuk yang lebih pendek dan jarang biasanya memiliki daging yang tebal dan manis, sebaliknya yang memiliki duri tajam panjang dan rekat biasanya tidak terlalu manis.

3. Dengarkan suaranya

Suara Durian

yukepo.com

Tidak, durian tidak bisa bernyanyi kok. Hanya saja Anda dapat mengetuk kulit luarnya sebelum memutuskan untuk membeli. Cara ini biasanya dilakukan oleh para ahli, karena mereka bisa mengenali durian segar hanya dengan mumukul kulitnya. Jika bunyi durian terdengar berat itu artinya buahnya segar dan telah matang.

Sebaliknya jika berbunyi ringan seperti ada rongga itu berarti buah belum matang dan tidak segar. Anda bisa menepuk-nepuk kulit durian dengan menggunakan benda tumpul, seperti gagang pisau untuk mempraktikkannya. Atau cobalah meminta tolong kepada penjual dan coba dengarkan pantulan suara durian.

4. Jangan hanya lihat warna kulitnya

Warna kulit durian

liputan6.com

Siapa sangka jika warna kulit durian tidak selalu mencerminkan buah tersebut matang atau belum. Warna kekuningan tidak selamanya menunjukkan jika buah tersebut matang dan manis. Karena warna dapat berubah sesuai jenis durian tersebut. Untuk itu yang berwarna hijau juga belum tentu durian tersebut belum matang.

Akan tetapi Anda harus tetap memperhatikan kulit luarnya. Jangan sampai Anda memilih durian dengan kulit yang telah berlubang. Salah-salah nanti ada ulat atau serangga yang masuk ke sana. Bukannya kenikmatan, yang ada Anda bisa sakit perut karena buah itu sudah tak lagi higienis.

5. Perhatikan tangkainya

Tangkai Durian

cerpen.co.id

Durian dengan tangkai yang tidak bergetah atau kering menunjukkan jika buah tersebut telah lama diambil dari pohonnya. Jadi jika Anda mencari buah yang segar, carilah yang tangkainya masih mengeluarkan getah.

Tangkai yang tebal dan pendek juga menandakan jika dagingnya tebal dan banyak. Sebaliknya jika tangkainya panjang dan kecil itu berarti dagingnya tipis bisa jadi yang tebal hanya bijinya.

6. Retakan bawah durian

Retakan Durian

indonesiakeren.id

Yang ini pasti sudah banyak yang tau, jika durian yang matang bagian bawahnya akan retak meski hanya sedikit. Tapi Anda pun juga harus bisa membedakan mana yang retak asli dan mana yang sengaja dibuat oleh penjualnya.

7. Semakin ringan durian maka semakin matang

Durian Matang

cnnindonesia.com

Iyap! Durian yang punya berat lebih ringan dari pada durian lain dengan ukuran serupa menandakan jika buah tersebut telah matang seutuhnya. Namun jika makin berat itu artinya durian tersebut memiliki biji yang terlalu besar dan dagingnya tipis.

8. Pilih durian berbentuk bulat

Bentuk Durian

agoaga.com

Daripada yang lonjong, ada baiknya Anda memilih durian yang berbentuk bulat. Menurut berbagai informasi, makin durian yang memiliki bentuk bulat memilikii rasa yang lebih nikmat dibandingkan dengan buah durian yang lonjong.

Buah durian dengan bentuk lonjong umumnya memiliki kulit buah yang tipis. Meski demikian Anda tidak boleh hanya melihat durian hanya dengan salah satu ciri-ciri di atas ya.

Nah, dari 8 cara di atas, Anda sudah bisa dong menentukan mana durian manis dan tebal yang sudah siap Anda bawa pulang untuk disantap bersama keluarga tercinta?

About Author

Hi, nama saya Tertia. Orang biasa memanggil saya "Ter" atau bisa juga "Te". Seorang travel writer yang suka dengan keunikan di setiap sudut kota. Menulis bukan hanya sekedar hobi namun sudah jadi passion.

Comments are closed.