8 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Bahan Alami, Bisa Dicoba di Rumah Nih!

0

Keberadaan karang gigi nggak cuma bikin minder aja. Tapi juga bisa memicu bau mulut, bahkan menyebabkan gigi berlubang. Adapun faktor yang menjadi pemicu karang gigi adalah kebiasaan malas menggosok gigi, jarang berkumur dan tidak pernah melakukan flossing.

Dijelaskan dalam medis, bahwa karang gigi terbentuk karena reaksi kimia antara sisa-sisa makanan dengan bakteri. Hal tersebut menyebabkan timbulnya plak pada permukaan gigi. Apabila plak ini nggak segera diatasi, maka lambat laun akan mengeras dan membentuk karang.

Tentunya karang gigi ini nggak boleh dibiarkan begitu saja. Dampaknya tak sekedar mempengaruhi penampilan. Namun juga bisa menyebabkan radang gusi, dan jika sudah kronis berisiko menyerang jaringan lain di dalam tubuh.

Nah, buat kamu yang ingin mempunyai gigi sehat dan putih, tak perlu bingung! Kamu juga nggak harus selalu perawatan di dokter. Berikut cara menghilangkan karang gigi secara alami hanya dari rumah. Coba yuk!

1. Gunakan Cengkeh

Kamu tahu nggak, cengkeh ternyata nggak cuma berfungsi sebagai penyedap masakan, tapi juga bisa dijadikan terapi alternatif penyembuhan karang gigi. Hal ini sebagaimana dipaparkan dalam Journal of Indian Society of Periodontology (JISP) yang menyebutkan bahwa di dalam cengkeh terdapat zat anti inflamasi dan senyawa aktif yang dapat mengusir plak pada gigi.

Related: Disebut Ajaib, Ini 18 Manfaat Madu Bagi Kesehatan, Kecantikan Wajah dan Rambut!

Untuk cara pakainya, terlebih dahulu kamu harus menghaluskan cengkeh. Lalu letakkan sedikit bubuk cengkeh tersebut pada sikat gigi dan gosokkan pada gigi yang berkarang. Jika sudah, berkumurlah hingga bersih. Kamu bisa aplikasikan metode ini 1-2 kali sehari.

2. Berkumur dengan Cuka Putih dan Garam

Cara ampuh untuk menghilangkan karang gigi selanjutnya adalah menggunakan cuka putih. Cuka ini mengandung senyawa asam dengan kadar tinggi, sehingga dapat bekerja efektif dalam melunturkan plak yang menumpuk di gigi.

Untuk pemakainnya, kamu bisa mengombinasikan pemakaiannya dengan garam, sebab garam ini memiliki sifat antibakteri.

Pertama, larutkan 1 sendok cuka ke dalam setengah gelas air. Tambahkan garam secukupnya. Lalu aduk-aduk dan gunakan untuk berkumur. Ulangi metode ini sekali dalam sehari.

3. Gunakan Baking Soda

Baking soda, bahan pengembang kue ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi yang membandel. Menurut penelitian yang diterbitkan di The Journal of Clinical Dentistry, baking soda atau natrium bikarbonat bekerja menetralisir pembusukan asam di dalam mulut, sehingga efeknya bisa menghambat pertumbuhan bakteri sekaligus mengurangi plak yang menempel di gigi.

Related: Jadi Pemicu Kematian Tertinggi, Cegah Kanker Payudara dengan 10 Makanan Enak Ini!

Untuk cara pakainya, campurkan 2 sdt baking soda dan 1 sdt garam. Tambahkan sedikit air, lalu aduk hingga menjadi pasta. Oleskan ramuan pada sikat gigi dan gunakna untuk menggosok karang gigi. Kamu bisa mengulangi pemakaiannya 1-2 kali seminggu.

4. Konsumsi Keju

Nggak cuma soda kue, ternyata keju juga berkhasiat ampuh dalam membantu menghilangkan karang gigi. Makanan yang terbuat dari fermentasi susu sapi ini mampu bekerja dalam menetralisir asam di dalam mulut sekaligus mengurangi risiko pertumbuhan bakteri.

Dijelaskan juga dalam Journal of European Academy of Pediatric Denstitry, bahwa keju mengandung tinggi kalsium yang mana dapat menjaga kesehatan gigi sekaligus mencegah timbulnya karang.

Untuk cara pakainya, cukup kunyah keju. Kamu juga bisa menggosokkan pada bagian gigi yang berkarang lalu buang sisa kejunya. Oiya, usahakan memilih keju alami ya!

5. Gunakan Biji Wijen

Biji wijen juga dikenal ampuh dalam merontokkan karang gigi. Di dalamnya terkandung minyak alami yang dapat dijadikan obat tradisional untuk menghilangkan karang gigi dan penyakit lain yang berkaitan dengan periodental.

Related: 8 Cara Cepat Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Minum Obat

Untuk cara pakainya, kamu cukup mengunyah beberapa butuh biji wijen. Atau bisa juga kamu haluskan terlebih dahulu. Kemudian gosok karang dengan biji wijen menggunakan sikat gigi. Selang 1-2 menit, berkumurlah hingga bersih.

6. Gunakan Kulit Jeruk

Untuk mengatasi gigi kuning yang diakibatkan oleh plak atau karang, kamu bisa mencoba memanfaatkan kulit jeruk. Kulit dari buah berwarna orange ini telah diteliti mengandung tinggi vitamin C dan senyawa limonen yang mampu berperan aktif dalam melawan bakteri streptpcoccis mutan yang menjadi penyebab terbentuknya plak di gigi.

Untuk cara pakainya, cukup gosokkan kulit jeruk pada bagian gigi yang berkarang. Diamkan sekitar 5 menit, lalu bilas menggunakan air. Ulangi metode ini 2 kali sehari agar hasilnya cepat terlihat.

7. Kunyah Jambu Biji

Buah yang satu ini nggak cuma enak,tapi juga bisa membantu menjaga kesehatan gigi loh! Sebagaimana studi yang dijelaskan di Journal of Applied Microbiology yang menyatakan bahwa jambu biji mengandung senyawa aktif yang dapat menjaga kesehatan gusi, mengurangi peradangan sekaligus membunuh bakteri penyebab karang gigi.

Related: Catat! Ini 8 Pemicu Diabetes di Usia Muda yang Perlu Diwaspadai

Untuk cara pakainya, pertama potong kecil jambu biji dan haluskan. Tambahkan sedikit garam. Kemudian celupkan sikat gigi ke dalam racikan tersebut, lalu gosokan pada karang dengan perlahan. Setelah itu, kamu bisa berkumur dengan air hingga bersih. Ulangi pemakaian 2 kali sehari hingga karang menghilang.

Tips-Tips Menghilangkan Karang Gigi

Flossing

Flossing

Selain menggunakan bahan-bahan alami diatas, kamu juga perlu mempraktekan tips-tips berikut ini untuk menghilangkan karang gigi! Diantaranya yakni:

  • Rajin menggosok gigi minimal 2 kali sehari
  • Sesekali gunakan siwak untuk membersihkan gigi. Menurut ilmuwan, siwak ampuh menghilangkan plak dan karang gigi karena mengandung enzim dan sejumlah senyawa lain yang berperan menjaga kesehatan gigi, seperti flouride, vitamin C, kalium, dan sebagainya.
  • Pilih pasta gigi yang mengandung flouride
  • Lakukan flossing dengan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang berada di celah-celah gigi atau bagian yang sulit terjangkau
  • Hindari pengonsumsian soda
  • Batasi minuman berkafein dan makan makanan manis
  • Cobalah menghentikan kebiasaan merokok
  • Pastikan kamu selalu berkumur setiap selesai makan
  • Rajin konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti apel dan melon
  • Nah, itulah tadi beberapa cara menghilangkan karang gigi tanpa harus ke dokter. Lakukan perawatan diatas secara rutih agar hasilnya optimal.

Namun, apabila karang di gigimu sudah mengeras dan susah hilang, maka baiknya periksa ke dokter untuk dilakukan proses scaling, yaitu metode pengikisan karang gigi menggunakan alat ultasonic scaler. Semoga bermanfaat!

About Author

Hi saya Amaniyah, seorang sarjana S1 Sains yang kemudian terjun dalam dunia kepenulisan dengan berbagai tema seperti fashion, kecantikan, kesehatan dan lainya.

Comments are closed.