Ditinggal Mantan Nikah? Lakukan 7 Hal Ini Agar Hati Legowo dan Ikhlas

0

Cinta selalu datang sepaket dengan rasa ingin memiliki. Namun faktanya, nggak semua orang bisa bersatu dengan sosok yang dicintai. Adakalanya cinta bertepuk sebelah tangan. Namun yang lebih nyakitin, saat kita udah pacaran bertahun-tahun, eh malah ditinggal nikah. Hmm, sakit banget pastinya.

Ya, begitulah! Cinta memang nggak selalu bisa dimiliki. Dan saat itu terjadi padamu, cobalah untuk tegar serta menerima dengan ikhlas hubungan atau relationship yang telah kamu bangun harus kandas ditengah jalan!

Berikut beberapa tips yang bisa kamu praktekan agar hati legowo ketika kehilangan cinta dari orang yang dulu pernah sangat kamu sayangi. Simak yuk!

1. Kamu kuat lebih dari yang kamu sadari, pahami itu!

Strong Woman Park Bo Young

Nggak ada yang lebih menyedihkan dari ngelepasin sesuatu yang sangat dicintai. Termasuk mantan! Sebagai sosok yang pernah kamu sayang, pastinya sulit buat ngerelain dia pergi. Kamu mungkin bakal ngerasa kesepian dan terbayang wajahnya tanpa henti. its really sad. Tapi itu wajar kok!

Kamu ngerasa sedih itu normal. Namun jangan lama-lama! Apalagi sampai berpikir kalau kamu bakal mati tanda dirinya. Plis! Dia bukan oksigen yang kamu butuhin buat bertahan hidup, jadi yaudah ikhlasin aja! Kamu itu sebenarnya kuat kok! Kamu hanya perlu menghadapi takdirmu dan yakinlah jalan ini yang terbaik.

2. Gak peduli serindu apapun, jangan mencoba menghubunginya lagi!

Berhenti menelpon dia

Seperti kata Dilan kalau rindu itu berat. Ya, berat banget sehingga tak jarang bikin orang gagal move on. So, buat kamu nih yang sedang ditinggal pujaan hati, jangan pernah terlena oleh rasa rindu.

Nggak peduli seberapa menggebunya perasaanmu, jangan sesekali tergoda buat ngechat atau telpon si dia. Hapus nomor ponselnya. Unfollow sosial medianya dan berhenti stalking.

Related: 9 Cara Mengatasi Rasa Jenuh dalam Hubungan, Bukan dengan Selingkuh ya!

Mengubungi si dia hanya akan membuatmu makin baper. Jadi berusahalah buat ngelupain dia. Kalau memang niat, pasti kamu bisa!

3. Everyting is over! Buang segala hal tentang dia dan jangan pernah menoleh ke belakang

Melupakan mantan

Kamu diputusin? Ditinggal nikah sama dia? Atau cintamu bertepuk sebelah tangan? Well, apapun alasannya cobalah untuk legowo. Segala sesuatu yang nggak bisa kamu miliki berarti itu bukan takdirmu. Jadi ya nggak bisa dipaksa!

Segala hal tentang dia baiknya juga kamu hapus. Mulai dari kontaknya, lagu kesukaannya dan pesan-pesan, hapus semuanya! Kalau ada barang pemberiannya udah kamu ghibahin aja ke orang lain. Everything is over! Sekarang saatnya kamu melangkah kedepan. So, berhenti korek-korek masa lalu.

4. Cari kesibukan, alihkan perhatianmu ke hal-hal yang bermanfaat

Berkebun

Supaya kamu nggak kepikiran dia mulu, maka hindari aktivitas bengong atau ngelamun sendirian. Sebisa mungkin sibukkan dirimu dengan hal-hal yang bermanfaat. Misalnya aja belajar bercocok tanam, masak, bikin kerajinan, traveling atau nulis juga bisa.

Lakukan apa yang jadi passion-mu. Dengan begitu, perhatianmu bakal teralihkan dan waktumu pun nggak terbuang sia-sia.

5. Ngumpul bareng teman juga asyik! Kebersamaan akan membuatmu merasa nggak kesepian

Hang out bersama teman

servingjoy.com

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan buat ngilangin galau yaitu dengan ngumpul bareng teman. Coba undang sohib-sohibmu ke rumah. Jalan-jalan ke pantai atau mendaki gunung juga terdengar menyenangkan! Kamu juga bisa ikut seminar atau pengajian gitu. Yang penting usahain jangan menyendiri.

Related: Kamu Harus Peka, Ini 10 Tanda Pasangan yang Gak Tulus Mencintaimu

Kalaupun kamu nggak punya teman, cari aja kenalan lewat aplikasi chatting yang ada di playstore. Ada banyak kok! Kamu hanya perlu selektif dan berhati-hati dalam memilih teman.

6. Jodoh bisa datang darimana saja. Jadi jangan pernah menutup diri, apalagi sampai menutup hati!

Membuka diri

Sedih boleh-boleh aja. Galau juga boleh. Tapi jangan pernah kamu menutup diri hanya karena putus cinta. Duh! Dunia ini nggak selebar daun kelor, guys! Masih ada jutaan jomblo berkualitas di bumi ini.

Jadi kamu nggak perlu khawatir nggak dapat pasangan. Pasti dapat kok! Jodohmu bisa aja datang secara tak terduga. Jadi pastiin jangan pernah menutup hatimu!

7. Badai pasti berlalu! Seiring berjalannya waktu, luka dihatimu pasti akan pulih

Happy Girl

Nggak ada cobaan di dunia ini yang abadi. Apapun masalahnya, nggak peduli seberapa pahit dan sulit, pasti akan berlalu kok! Kamu hanya perlu bersikap tegar dan sabar untuk menghadapinya. Kelak, seiring berjalannya waktu luka dihatimu pasti sembuh kok!

Menghabiskan waktu di taman bunga mungkin salah satu cara tepat untuk membuat dirimu cepat pulih. Dengan menghirup udara segar serta menikmati indahnya hamparan bunga sejauh mata memandang.

8. Terakhir, sering-seringlah berdoa ke Tuhan. Kekuatan doa itu sungguh luar biasa loh!

Berdoa

Poin terakhir ini adalah tips move on yang paling ampuh! Ya, kamu cobalah mendekatkan diri ke Tuhan. Percayalah itu bakal membuatmu ngerasa lebih damai dan tenang. Jangan lupa untuk berdoa juga! Kekuatan doa amatlah luar biasa.

Jadi, teruslah berdoa kepada Tuhan tanpa lelah. Mintalah jodoh yang terbaik. Kelak Dia pasti mengabulkan bait-bait doamu.

Okay guys, itulah beberapa tips untuk mengikhlaskan hati saat cintamu tak bersambut indah. Moga manfaat ya! Be strong dan selalu positive thinking!

image via: unsplash.com

About Author

Hi saya Amaniyah, seorang sarjana S1 Sains yang kemudian terjun dalam dunia kepenulisan dengan berbagai tema seperti fashion, kecantikan, kesehatan dan lainya.

Comments are closed.