Jadi Pemicu Kematian Tertinggi, Cegah Kanker Payudara dengan 10 Makanan Enak Ini!

0

Kanker payudara merupakan penyakit ganas yang nggak boleh disepelekan. Di Indonesia, penyakit ini menjadi penyebab kematian tertinggi pada wanita. Terhitung sekitar 18% wanita meninggal akibat kanker payudara. Sementara di Amerika Serikat, di tahun 2018 terdapat 40.920 pasien kanker payudara meninggal.

Penyakit kanker payudara ini muncul dikarenakan pertumbuhan sel yang abnormal. Sel-sel tersebut membelah secara tak terkendali dan membentuk benjolan tumor. Apabila udah melawati fase ganas, sel akan menyerang jaringan lain hingga berubah menjadi kanker.

Cara terbaik untuk mencegah kanker payudara bisa dimulai dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan senyawa yang mampu meminimalisir risiko terserang kanker payudara bagi wanita.

Adapun untuk gejala awal kanker payudara, diantaranya:

  • Tumbuh benjolan di sekitar payudara dan ketiak
  • Tekstur payudara menjadi agak kasar seperti kulit jeruk
  • Payudara tampak mengalami iritasi seperti kemerahan
  • Timbulnya rasa nyeri pada puting, dengan disertai keluarnya cairan abnormal

Nah, mengingat akan bahaya mengerikan dari kanker payudara, maka sangat penting bagi wanita untuk menghindari penyakit tersebut sedini mungkin! Selain dengan menerapkan gaya hidup sehat, pola makan juga perlu diperhatikan.

Untuk menambah ilmu, berikut beberapa makanan yang dipercaya dapat mencegah kanker payudara. Cari tahu yuk, girls!

1. Buah Delima

Buah Delima

Buat kamu para cewek, daripada ngemil keripik mending kamu sering-seringlah ngemil delima aja! Buah berwarna merah ini mengandung tinggi antioksidan sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Related: 8 Cara Cepat Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Minum Obat

Dalam beberapa studi juga telah dibuktikan bahwa delima ampuh mencegah kanker payudara berkat kandungan asam ellagic di dalamnya. Di samping itu, kandungan senyawa urolithin B juga membantu meminimalisir risiko kanker dengan cara menekan produksi hormon estrogen.

2. Ikan Salmon

Ikan Salmon

Dok/istockphoto.com/fcafotodigital

Siapa nih yang suka makan ikan salmon? Sebagai makanan dengan sumber omega-3 yang tinggi, salmon berperan aktif dalam melawan kanker payudara. Adanya kandungan vitamin B12 dan vitamin D juga terbukti dalam membantu menghancurkan sel-sel kanker secara efektif.

Kamu bisa mengolah salmon ini dengan berbagai cara, misal dibakar, ditumis, dipanggang atau dikukus. Agar manfaatnya lebih optimal, baiknya konsumsi sekitar 1-2 kali seminggu.

3. Kunyit

Kunyit

Dok/hellosehat.com

Bumbu dapur yang biasa kamu gunakan untuk masak ini ternyata juga ampuh memerangi penyakit kanker payudara loh! Khasiat tersebut diperoleh berkat kandungan kurkumin yang tinggi dalam kunyit, yang mana fungsinya sebagai antiiflamasi serta dapat menekan pertumbuhan sel-sel abnormal di dalam tubuh.

Menurut beberapa studi, kunyit tak hanya menangkal kanker payudara. Tapi juga jenis sel kanker lainnya, seperti kanker paru-paru, kanker kulit, kanker pencernaan, dan sebagainya.

4. Brokoli

Brokoli

Dok/bbci.co.uk

Sayuran hijau juga menjadi salah satu makanan yang bisa melawan kanker payudara. Khususnya brokoli! Sayuran ini diketahui mengandung senyawa sulforaphane dan indole-3 carbinol yang bertindak sebagai anti karsinogenik. Dimana cara kerjanya yakni dengan menekan produksi hormon estrogen dalam tubuh agar nggak berlebihan. Sehingga risiko kanker payudara pun bisa diminimalisir.

Related: Catat! Ini 8 Pemicu Diabetes di Usia Muda yang Perlu Diwaspadai

Adapun cara memasak brokoli yang benar agar tidak mengurangi nutrisinya adalah dengan dikukus sekitar 5 menit. Sebaliknya jangan ditumis atau direbus, itu berisiko merusak kandungan enzim myrosinase yang ada di dalam brokoli, padahal enzim tersebutlah yang berperan dalam pembentukan senyawa anti kanker.

5. Bayam

Bayam

Dok/simplyrecipes.com

Rutin mengonsumsi bayam dapat membuatmu terhindar dari risiko penyakit kanker payudara. Bayam ini mengandung senyawa antioksidan cukup tinggi, terdiri dari zeaxanthin, lutein dan karotenoid yang bekerja dalam melindungi tubuh dari efek radikal bebas penyebab kanker.

Selain itu, kandungan asam folat dalam bayam juga mampu menjaga DNA dari kerusakan serta menghambat perkembangan sel-sel kanker. Kamu bisa kombinasikan pengonsumsiannya dengan sumber asam folat lainnya, seperti pepaya, alpukat, pisang dan tomat.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

Dok/alittlebityummy.com

Mulai sekarang cobalah memasukkan kacang-kacangan dalam menu diet harianmu. Sumber makanan tinggi serat ini nggak hanya membantu melancarkan proses pencernaan saja, tapi juga terbukti mampu mencegah penyakit kanker payudara.

Related: 10 Cara Ampuh Atasi Perut Buncit, Gak Susah Kok!

Adanya kandungan zat phytosterol di dalam kacang, khususnya kacang walnut dapat menyeimbangkan produksi hormon estrogen yang menjadi pemicu penyakit kanker. Selain itu, kacang juga bisa bertindak sebagai agen antiiflamasi, menjaga kesehatan jantung serta tekanan darah.

Kamu bisa mencoba mengonsumsi kacang kenari atau walnut untuk pencegahan terhadap kanker payudara.

7. Bawang Putih

Bawang Putih

Dok/livescience.com

Walau rasanya panas dan bisa bikin bau mulut, ternyata bawang putih punya segudang khasiat untuk kesehatan tubuh loh! Salah satunya melawan penyakit kanker payudara.

Rempah berwarna putih ini diketahui mengandung senyawa belerang, flavonoid dan phytochemical allicin yang bisa bekerja dalam membasmi sel-sel kanker dengan cara meningkatkan respon sistem imun.

Kalaupun kamu nggak sanggup mengosumsi bawang putih mentah, kamu dapat menggunakannya sebagai bumbu masak. Atau bisapula ditumis untuk mengurangi sensasi panasnya.

8. Buah Berry

Buah Berry

Dok/gardentech.com

Buah-buahann berry seperti anggur, stroberi, blueberry dan sejenisnya ternyata juga ampuh melawan kanker payudara. Hal ini dikarenakan buah berry mengandung senyawa antioksidan dalam bentuk flavonoid, yang mana senyawa tersebut bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Tentunya buah berri tak hanya berguna untuk mengatasi kanker payudara saja. Tapi juga dikenal efektif dalam membantu penyembuhan kanker kolon (usus besar), kanker prostat, dan kanker di kepala.

9. Tomat

Tomat

Tomat adalah makanan superfood yang dikenal efektif dalam mencegah berbagai jenis penyakit kanker, khususnya kanker prostat dan payudara. Buah ini mengandung antioksidan kuat dalam bentuk likopen yang bekerja dalam mengambat pertumbuhan kanker. Selain itu, likopen juga berperan menjaga kesehatan organ jantung, meningkatkan kesuburan serta menstabilkan tekanan darah.

Yang perlu diperhatikan, untuk memaksimalkan kadar likopen dalam tomat, maka buah ini harus dimasak terlebih dahulu. Jadi jangan dikonsumsi mentah. Baiknya sih kamu kukus terlebih dahulu, guys!

10. Ubi jalar

Ubi Jalar

Dok/livescience.com

Jangan pernah menganggap ubi jalar sebagai makanan kampung! Faktanya, ubi ini punya segudang manfaat bagi kesehatan loh! Salah satunya yang cukup terkenal yakni sebagai antikanker.

Ubi jalar diketahui mengandung senyawa karotenoid dan sporamin yang mampu menghambat pertumbuhan sel-sel tumor dan kanker. Penelitian menemukan bahwa ubi jalar juga efektif melawan kanker paru-paru, kanker darah, kanker lambung dan usus besar.

Nah, demikianlah tadi beberapa makanan yang ampuh melawan penyakit kanker payudara. Mulai sekarang perhatikan pola makanmu dengan benar ya! Jaga kesehatan sejak dini dengan rajin berolahraga dan berusahalah mengurangi konsumsi junk food. Stay healthy, girls!

About Author

Hi saya Amaniyah, seorang sarjana S1 Sains yang kemudian terjun dalam dunia kepenulisan dengan berbagai tema seperti fashion, kecantikan, kesehatan dan lainya.

Comments are closed.