Tak Perlu ke Luar Negeri, Keasrian Taman Bunga Nusantara Dijamin Memikat Hati

0

Bingung mau traveling kemana bersama keluarga? Mau ke pantai? Sudah sering. Mau ke gunung? Kasihan si Ibu kalau harus mendaki, enaknya kemana ya? Yap, ke Taman Bunga Nusantara Cianjur saja, pasti mengasyikkan!

Cobalah sesekali traveling ke destinasi wisata alam yang penuh warna. Berlokasi di Jalan Mariwati km 7, Desa Kawungluwuk, kecamatan Sukaresmi, kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Taman Bunga Nusantara ini merupakan salah satu Taman Bunga terindah di Indonesia.

Tempat wisata alam ini menyuguhkan keelokan panorama dengan beraneka ragam flora dan warna-warni bunga yang dikreasikan dalam bentuk karya seni menakjubkan yang seakan-akan menghipnotismu ketika pertama kali melihatnya.

Tak perlu lagi traveling jauh-jauh sampai ke luar negeri, di Indonesia juga ada Taman Bunga Nusantara Cianjur yang keasriannya begitu memikat di hati.

Sejarah Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara didirikan tahun 1992, diprakarsai oleh Ibu Suhardani Bustanil Arifin yang saat itu menjabat sebagai Ketua Umum Yayasan Bunga Nusantara dan diresmikan oleh Bapak Presiden Soeharto (alm) pada tanggal 10 September 1995.

Taman ini merupakan taman display bunga pertama di Indonesia dengan luas 50.000 m2 di mana terdapat berbagai koleksi tanaman berbunga yang terkenal dan unik dari seluruh belahan dunia.

Related: Masjid Agung Jawa Tengah, Perpaduan Tiga Peradaban dalam Satu Bangunan

Tujuan utama pembangunan taman ini adalah untuk menjadikan Taman Bunga Nusantara sebagai salah satu aset wisata berbasis wisata Agro Nasional dengan skala Internasional.

Destinasi apa saja yang ada di Taman Bunga Nusantara?

Di Taman Bunga Nusantara terdapat beranekaragam taman yang diklasifikasikan berdasarkan jenisnya. Dekorasi bangunan berskala Internasional di antara perpaduan rangkaian bunga sehingga mampu menciptakan gaya dan kesan unik tersendiri di setiap tamannya.

Nah, berikut ini daftar selengkapnya destinasi yang ada di Taman Bunga Nusantara:

1. Taman Air

Taman Air

Konsep Taman Air ini adalah sebuah kolam besar yang di dalamnya tumbuh berbagai tanaman air yang berasal dari berbagai belahan dunia. Berikut beberapa tanaman air yang tumbuh di sini:

  • Kana Air (Thalia dealbata) berasal dari Amerika Serikat bagian tenggara
  • Lotus (Nelumbo nucifera) berasal dari Asia Timur dan Australia bagian timur laut
  • Cyperus papyrus berasal dari Mesir. Bunga ini cukup unik karena menyerupai rambut menjuntai
  • Teratai Raksasa (Victoria Amazonica) dan Giant Arum (Typhonodorum lindleyanum) berasal dari Amerika Selatan

2. Taman Mawar

Taman Mawar

Seperti namanya, di dalam taman mawar ini sebagian besar tanamannya adalah jenis bunga mawar dengan berbagai varian dan warna. Bunga mawar yang berasal dari negara China, biasa disebut sebagai Flos Florum, artinya bunga dari segala bunga. Karena bunga mawar jenis ini bisa beradaptasi dengan 4 musim, membuat banyak orang menanamnya di berbagai belahan dunia.

3. Taman Perancis

Taman Perancis

Taman ini bernuansa ala Prancis, lebih mengutamakan keselarasan pada setiap bentuk desain geometri yang dikreasikan dengan teratur dan membentuk bingkai untuk bunga-bunga yang ada di sana. Di antaranya tanaman Perdu Taiwan Beauty yang ditata rapi membentuk suatu pola dan air mancur kecil tepat di tengahnya membuat Taman Perancis ini semakin menawan.

4. Taman Rahasia (Labirin)

Taman Labirin

Dinamai Taman Rahasia karena setiap wisatawan yang masuk ke sana, perlu berusaha keras untuk sampai ke pintu keluar melewati jalur-jalur labirin yang dirahasiakan. Tapi, kamu tidak perlu khawatir tersesat karena disediakan peta yang bisa membantumu. Jadi santai saja, he he he.

5. Taman Bali

Taman Bali

nativeindonesia.com

Tak perlu lagi jauh-jauh ke Bali untuk berlibur, di Taman Bunga Nusantara juga ada Taman Bali dengan tampilan eksterior yang menyerupai suasana di Bali. Desain bangunan gapura yang berdiri kokoh di bagian pintu masuk, bale kulkul, dan bale bengong memberikan kesan artistik dan menjadikannya semakin menawan.

Related: Liburan dengan Budget Minim Bukan Lagi Masalah, Asal Kamu Terapkan 7 Tips Ini!

Dan di area ini ada beberapa jenis tumbuhan yang tumbuh di taman ini diantaranya: kamboja, bunga sepatu, berbagai jenis heliconia, dan jenis tumbuhan tropis lainnya.

6. Taman Mediterania

Taman Mediterania

Tanaman yang tumbuh di sini adalah jenis tanaman yang tumbuh di daerah gurun pasir, seperti kaktus (Cactaceae) dan Yucca (Liliaceae). Jenis tanaman kaktus yang dikembangkan adalah: Cephalocereus senilis, Notocactus magnificus, Opuntia rufida, dan Cereus hexagon.

7. Taman Palem

Taman Palem

Di sini terdapat berbagai macam jenis pohon palem, ada palem kipas dari Meksiko, palem botol, palem raksasa (cuban royal palm), palem screwpine dari Madagaskar, dan ada juga pohon palem dari Afrika. Lebih dari 100 jenis pohon palem berkembang di taman ini.

8. Taman Jepang

Taman Jepang

Terinspirasi taman dari negara Jepang, arsitektur dan tatanannya dibuat sangat luar biasa mulai dari unsur utamanya seperti kayu, bebatuan, tanaman bonsai, serta desain yang sederhana namun menarik.

Hal ini tentu mampu memikat dan memanjakan mata kamu, serta sangat nyaman dan tentram bila kamu sudah berada di sini.

9. Menara Pandang

Menara Pandang

Menara setinggi 28 meter ini diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto (alm) pada tanggal 10 September 1995. Menara pandang ini merupakan salah satu spot yang paling favorit bagi para wisatawan karena seluruh keindahan Taman Bunga Nusantara terlihat jelas dari puncak menara tersebut.

10. Rumah Kaca (Green House)

Rumah Kaca

Tanaman yang tumbuh di Rumah Kaca adalah jenis tanaman yang memerlukan perlakuan khusus mulai dari suhu, cahaya, dan kelembaban yang ditata sedemikian rupa.

Tanaman jenis ini tidak tahan terhadap iklim tropis di Indonesia, karena sebenarnya tanaman ini berasal dari negara yang memiliki empat musim.

Related: Masjid Agung Jawa Tengah, Perpaduan Tiga Peradaban dalam Satu Bangunan

Tidak hanya menyajikan pemandangan asri, Taman Bunga Nusantara juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat diniikmati oleh pengunjung diantaranya:

  • Garden Tram (miniatur trem yang mengelilingi area Taman Bunga Nusantara)
  • Dotto Train atau Kereta Dotto (miniatur kereta yang mengelilingi area Taman Bunga Nusantara)
  • Mobil Wara-Wiri (mobil yang mengaplikasikan informasi panduan berupa rekaman suara ataupun kaset)
  • Poliklinik
  • Nany‘s Galleria (lokasi penjualan cinderamata dan oleh-oleh)
  • Bursa Bunga (lokasi penjualan bunga)
  • Gedung Serbaguna Saung Aki (gedung pertemuan)
  • Wisma dan Camping Ground Saung Nini
  • Tenda, Panggung, serta Seperangkat Meja dan Kursi untuk disewakan
  • Gazebo dan Amphitheater

Harga satu tiket masuknya sendiri Rp 40.000 berlaku untuk umur 4 tahun ke atas. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya?

Tak perlu pikir panjang lagi, segera ajak keluarga, teman-teman, dan orang terkasih kamu untuk traveling ke Taman Bunga Nusantara. Dijamin kamu tidak akan kecewa.

Jangan lupa untuk selalu menjaga bunga-bunga dan fasilitas yang ada di Taman Bunga Nusantara dan bawalah alat makan dan minum dari rumah untuk mengurangi sampah plastik yang dapat merusak lingkungan. Selamat Berlibur.

Image source:

About Author

Menulis dan traveling adalah dua hal yang menjadi passion selain mengisi waktu luang dengan aktivitas mengemix puisi dan lagu di Youtube. Juga aktif di beberapa komunitas penulis, puisi dan WordPress.

Comments are closed.