Meski Bikin Merinding, 8 Kuliner Ekstrim Indonesia Ini Patut Dicoba!

0

Ragam kuliner bermunculan di setiap sudut dunia. Ada yang menawarkan rasa pedas nan ekstrim, bentuk yang unik, hingga harga yang terlampau fantastis, semua ada untuk memanjakan lidah penikmatnya.

Indonesia misalnya, dari Sabang sampi Merauke menawarkan kuliner yang berbeda-beda. Salah satunya bahkan diakui dunia sebagai makan terenak, yakni rendang. Tapi taukah Anda, jika dari semua makanan enak yang bermunculan di Indonesia ada yang tergolong ekstrim alias mengerikan. Namun begitu makanan tersebut tetap saja ada yang mengkonsumsi.

Mengapa disebut ekstrim? Sebab makanan ini terbuat dari bahan dasar yang sangat tidak lazim. Sebut saja serangga dan ulat. Hmm, mendengar namanya saja sudah bikin merinding. Meski nyatanya masih ada sebagain orang yang menyukainya lho!

Seperti apa saja ya makanan atau kuliner ekstrim di Indonesia? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

1. Ulat sagu Papua memiliki banyak khasiat untuk tubuh

Ulat Sagu Papua

harianpapua.com

Papua tak hanya punya papeda, di sana Anda juga bisa menjumpai kuliner ekstrim berupa ulat sagu. Secara kasat mata sih, makanan ini tidak lazim untuk dikonsumsi, namun masyarakat Papua begitu menggemarinya.

Ternyata eh ternyata, ulat sagu ini dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk tubuh manusia lho! Kandungan gizinya yang tinggi membuat ulat sagu ini kerap hadir di banyak masakan orang Papua. Bisa ditumis, dibakar, atau juga bisa digoreng.

Related: 3 Resep Ayam Geprek Krispi yang Gampang Dibuat di Rumah, Yuk Cobain!

Untuk rasanya sendiri, ulat sagu tergolong memiliki citarasa gurih yang otentik. FYI, dalam 100 gram ulat sagu mengandung kurang lebih 9 persen protein yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan yang ada dalam telur ayam.

Selian itu, ulat sagu juga bebas kolestrol dan dipercaya bisa menjaga stamina tubuh agar selalu berperforma setiap hari. Tak heran ya, makanan ini jadi idola masyarakat Papua.

2. Sate biawak ampuh menyembuhkan penyakit kulit

Sate Biawak

kanal247.com

Memang sih wujudnya tidak lagi seperti biawak, namun saat Anda tau jika sate yang dikonsumsi itu ternyata adalah reptil apa reaksi kalian? Junior komodo yang hidup di sungai dan rawa-rawa ini dipercaya memiliki kandungan zat yang dapat menyembuhkan penyakit kulit termasuk gatal-gatal.

Related: Dari khas Jawa, Padang sampai Aceh, Ini 5 Resep Nasi Goreng Ala Resto Paling Favorit!

Oleh sebab itu, sate biawak banyak diburu masyarakat. Khususnya yang memiliki gangguan kesehatan kulit. Cara pengolahannya pun seperti halnya sate ayam. Biawak tersebut dipotong kecil-kecil seperti dadu kemudian dibakar.

3. Ular kobra dipercaya untuk meningkatkan stamina

Ular Kobra

pinterest.com

Hewan berbisa ini bukannya ditakuti, malah dikonsumsi. Mulai dari daging, empedu, darah dan sumsumnya diolah untuk jadi makanan manusia. Memang mengerikan namun di Indonesia sendiri, kuliner ular kobra banyak kita jumpai. Konon darah ular kobra ini pun sangat berkasiat bagi tubuh

4. Rujak cingur memiliki tekstur kenyal

Rujak Cingur

Cingur dalam bahasa Indonesia berarti hidung sapi. Yap! Makanan ini dicampur dengan hidung sapi yang telah dipotong kecil-kecil. Rujak cingur umumnya kita jumpai di daerah Surabaya dan Jawa Timur. Sebenarnya isi dari rujak itu sendiri bermacam-macam, ada sayuran, gorengan, kerupuk, cingur, dan terakhir disiram bumbu kacang.

Related: Mengenal 10 Kuliner Korea Selatan yang Populer Hingga Indonesia, Awas Bikin Ngiler!

Untuk rasanya sendiri tidak semengerikan bentuk hidung sapi kok. Hanya saja saat mendengar namanya kita pasti berfikiran yang aneh-aneh. Tekstur cingur lebih kenyal dan gurih sangat pas dicampurkan dengan rujak yang memiliki citarasa pedas manis plus beragam isiannya.

5. Jus cacing dapat menyembuhkan penyakit tifus

Jus Cacing

jpnn.com

Siapa nih yang kalau sakit tifus diberi jus cacing? Pada enggak mau ngaku atau emang kalian enggak tau? Yup, jus cacing begitu populer bagi masyarakat Indonesia. Apalagi bagi mereka yang sedang masa perawatan karena sakit tifus. Cacing tanah dipercaya dapat menyembuhkan penyakit tifus dan juga sebagai obat penambah nafsu makan.

6. Tikus panggang dengan rasa gurih seperti daging ayam

Tikus Panggang

failtasm.com

Siapa sangka hama yang satu ini ternyata juga dapat dikonsumsi. Padahal jika kita membayangkan tikus saja sudah ngeri, apalagi untuk dimakan. Tikus panggang ini jadi makanan khas masyarakat Minahasa di Sulawesi.

Katanya sih, rasa daging tikus ini gurih-gurih seperti daging ayam. Tenang, tikus yang dipanggang ini bukan tikus yang biasa lewat di rumah Anda kok. Tikus yang dipanggang ini sengaja dicari di hutan dan tidak tercamur dengan sampah-sampah yang membahayakan.

7. Sate ulat bulu bisa menyembuhkan sakit gigi

Sate Ulat Bulu

wowkeren.com

Jika di Papua ada ulat sagu maka di Purworejo, Jawa Tengah ada sate ulat bulu. Ulat bulu yang menjijikan itu dipercaya dapat menyembuhkan sakit gigi yang berkepanjangan.

Bukan sembarang ulat bulu lho, hanya ulat bulu yang hidup di pohon jati saja yang bisa dijadikan sate. Eits, rasanya gurih lho! Berani coba?

8. Kelelawar diolah dengan kuah santan

Paniki Santan

Sementara bagi Anda yang berkesempatan traveling ke Manado, Sulawesi Utara dan punya nyali untuk mencoba kuliner ekstrim. Jangan lewatkan untuk mencoba makanan dari kelelawar atau kalong yaitu Paniki santan.

Kelelawar yang sudah mati awalnya diolah dengan kuah santan lalu ditambah dengan potongan cabai dan bumbu rempah untuk menghilangi rasa amis dagingnya. Setelah masak, barulah makanan ini dapat Anda konsumsi.

Coba sebutkan mana dari 8 kuliner ekstrim di atas yang paling bikin Anda bergidik ngeri tapi pengen nyoba?

About Author

Hi, nama saya Tertia. Orang biasa memanggil saya "Ter" atau bisa juga "Te". Seorang travel writer yang suka dengan keunikan di setiap sudut kota. Menulis bukan hanya sekedar hobi namun sudah jadi passion.

Comments are closed.