Dingin Kejebak Hujan? 8 Kudapan ini Bisa Hangatkan Tubuh dengan Seketika

0

Cuaca saat ini memang susah ditebak. Terkadang begitu panas, namun tiba-tiba bisa turun hujan dan membuat suhu lingkungan begitu dingin. Kalau sudah begitu kita pasti perlu sesuatu yang hangat-hangat untuk menenangkan tubuh.

Salah satunya tentu makanan. Enggak enak dong menelantarkan perut saat dingin menyerang. Terlebih jika hujannya tidak dapat terprediksi seperti sekarang, kadang turun pagi-pagi, siang bolong, bahkan sampai larut malam.

Kalau sudah begitu tubuh kita bisa gampang terserang penyakit karena suhu yang tidak menentu. Untuk itu, tubuh perlu yang hangat-hangat agar tetap stabil menghadapi serangan cuaca. Apa sajakah itu?

Makanan dan minuman cepat saji untuk hangatkan tubuh

1. Mie Rebus

Mie Rebus

merdeka.com

Yang satu ini harusnya selalu ada di dapur ya, agar saat Anda terjebak hujan besar di rumah bisa langsung buat tanpa harus pergi ke warung untuk membelinya. Selain praktis dan mudah, mie rebus juga enak. Jadi perut dan tubuh kita terselamatkan dari ancaman dingin.

Related: Meski Bikin Merinding, Delapan Kuliner Ekstrim Indonesia Ini Patut Dicoba!

Paling enak lagi jika mie rebus itu Anda tambahkan sedikit sayuran, cabai, dan telur. Duh sedepnya mana tahan! Tapi perlu diingat juga ya, Anda tidak bisa setiap hari mengonsumsi mie rebus instan, karena tidak baik juga untuk kesehatan.

2. Bakso

Bakso

Entah mengapa pesona bakso memang tidak pernah luntur ditelan zaman. Bahkan di semua lini sudut Indonesia, bakso bisa kita temukan dengan sangat mudah. Apalagi saat musim hujan seperti saat ini, bakso bisa jadi primadona bagi semua orang.

Kuah hangat yang segar, ditambah kenyalnya bakso begitu pas disantap ketika hujan. Ditambah sedikit sayuran dan mi bikin semangkuk kuliner favorit masyarakat Indonesia ini makin sempurna.

Saat kita terjebak hujan di dalam rumah, biasanya ada mamang-mamang bakso yang jualan keliling komplek lho. Jadi Anda tak perlu repot keluar rumah untuk menikmati semangkuk bakso itu. Lebih mantap lagi jika kuahnya super pedes, jadi makannya bisa sambil keringat bercucuran.

3. Soto

Soto

pinterest.com

Meski bisa kita konsumsi di musim apa pun, menyantap soto sejatinya akan tambah nikmat kita makan saat hujan turun. Tubuh kita yang kedinginan karena suhu menurun akan cepat merasakan kehangatan ketika menyeruput kuah panas di mangkuk soto.

Belum lagi tambahan telur dan dagingnya yang bikin ketagihan. Di Indonesia sendiri, jenis soto ada berbagai macam. Mulai Soto Lamongan, Soto Betawi, Coto Makassar, dan masih banyak lainnya. Tinggal pilih deh, mana yang sesuai lidah Anda.

Related: Mengenal 10 Kuliner Korea Selatan yang Populer Hingga Indonesia, Awas Bikin Ngiler!

Seperti halnya bakso, soto juga mudah ditemukan. Anda pun tak perlu repot-repot mencari tempat jika ingin menikmati semangkuk soto di musim hujan.

4. Sup

Sup

youtube.com

Makanan rumahan yang satu ini tidak usah diragukan lagi khasiat menghangatkan tubuhnya. Meski terbilang sederhana, sup sebenarnya bisa jadi penolong saat tubuh kita mulai sakit atau kedinginan.

Kuah hangat sup yang menggoda ditambah isian potongan kentang, wortel, dan sayuran lainnya membuat tubuh kita siap kembali menghadapi dinginnya dunia. Untuk bisa menikmati semangkuk sup Anda bisa membuat sendiri di rumah atau bisa juga beli jadi di luar rumah.

5. Bubur Ayam

Bubur Ayam

tripadvisor.in

Bubur ayam bukan hanya makanan yang pas untuk pagi hari. Bubur juga bisa Anda nikmati di malam hari bahkan saat hujan turun. Hangatnya bubur bisa langsung meningkatkan suhu tubuh yang awalnya mengigil karena cuaca yang sedang buruk.

Related: 3 Resep Ayam Geprek Krispi yang Gampang Dibuat di Rumah, Yuk Cobain!

Lebih nikmat lagi jika racikan sambalnya diberi potongan jahe, duhh hangatnya plus-plus deh. Perlu diingat juga jangan terlalu nafsu memakannya, kalau tidak ditiup terlebih dulu nanti hangatnya bubur bisa membakar lidah lho!

6. Wedang Ronde

Wedang Ronde

cookpad.com

Minuman hangan dengan sensasi rasa jahe ini memang tiada duanya deh untuk menjadi penghangat tubuh. Sayang, wedang ronde biasanya hanya ada di malam hari. Selain menghangatkan, wedang ronde juga memiliki khasiat lain untuk kesehatan tubuh karena campuran jahenya.

Dalam semangkuk wedang ronde biasa kita temukan kuah wedang jahe, bola-bola ketan, kacang tanah, dan kolang-kaling. Sedikit gula akan menambah kenikmatannya.

7. Wedang Jahe

Wedang Jahe

style.tribunnews.com

Jika susah mencari wedang ronde Anda bisa mencari alternatif lainnya, yakni wedang jahe. Minuman yang satu ini bisa dengan mudah Anda buat di rumah saat musim dingin.

Related: Dari khas Jawa, Padang sampai Aceh, Ini 5 Resep Nasi Goreng Ala Resto Paling Favorit!

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan satu ruas jahe kemudian pukul hingga sedikit pipih, lalu seduh dengan air hangat. Jangan lupa tambahkan gula agar lebih nikmat saat diminum. Kandungan antibiotik dalam jahe akan membuat tubuhmu lebih segar dan hangat dengan cepat.

8. Cokelat Panas

Cokelat panas

mccromick.com

Jika tak terlalu suka dengan jahe, Anda bisa menikmati segelas cokelat panas. Selain bisa menghangatkan tubuh dengan cepat, kandungan cokelatnya juga bisa mengembalikan mood Anda lho. Tak hanya badan yang kembali hangat, pikiran pun akan lebih siap menghadapi hari-hari yang dingin nantinya.

Oh iya, selain kembalikan mood cokelat juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko serangan jantung. Dan satu gelas dengan sejuta khasiat kalau ini namanya.

About Author

Hi, nama saya Tertia. Orang biasa memanggil saya "Ter" atau bisa juga "Te". Seorang travel writer yang suka dengan keunikan di setiap sudut kota. Menulis bukan hanya sekedar hobi namun sudah jadi passion.

Comments are closed.