Disebut Ajaib, Ini 18 Manfaat Madu Bagi Kesehatan, Kecantikan Wajah dan Rambutmu!

0

Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan tentulah amat banyak. Terbukti sejak berabad-abad lalu, masyarakat telah menggunakan khasiat madu sebagai alternatif pengobatan alami.

Selain itu, tingginya kandungan vitamin dan antioksidan dalam madu juga membuatnya sering dimanfaatkan untuk perawatan wajah. Sebut saja ratu Cleopatra, konon salah satu rahasia kecantikannya adalah menggunakan masker madu setiap hari.

Madu sendiri merupakan cairan manis yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Dimana kandungan utamanya adalah fruktosa dan glukosa. Di samping itu, madu juga mengandung zat antioksidan, vitamin B, vitamin C, vitamin K serta sejumlah mineral.

Nah, kali ini kita akan menjelaskan tentang segudang manfaat madu untuk kesehatan, kecantikan wajah dan rambut. Yaudah langsung simak yuk!

A. Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Sudah banyak studi yang meneliti manfaaat madu untuk kesehatan. Madu ini terbukti dalam membantu meningkatkan sistem imun sekaligus mencegah beragam penyakit degeneratif. Berikut ulasan lengkap perihal khasiat madu bagi kesehatan!

A.1. Mengurangi kadar lemak trigliserida

Pengonsumsian makanan tinggi gula dan karbohidrat olahan dapat menjadi pemicu utama tingginya kadar trigliserida dalam darah. Nah, apabila trigliserida ini naik maka efeknya bisa memicu terjadinya resistensi insulin yang berpengaruh pada meningkatnya risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Related: Jadi Pemicu Kematian Tertinggi, Cegah Kanker Payudara dengan 10 Makanan Enak Ini!

Madu merupakan salah satu cairan yang bisa menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Kamu bisa menggunakan madu ini sebagai pemanis pengganti gula.

Studi yang diterbitkan pada the scientific world journal tahun 2008 menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi madu secara rutin mengalami penurunan kadar trigliserida hingga 11-19% dibandingkan dengan yang mengonsumsi gula.

A.2. Menurunkan kolesterol

Selain menurunkan trigliserida, madu juga membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dalam darah. Kolesterol LDL merupakan kolesterol ‘jahat’ yang apabila menumpuk dalam arteri dapat memicu terjadinya aterosklorosis atau penyumbatan aliran darah. Dalam jangka panjang, bila tak segera diatasi maka kondisi ini bisa menyebabkan gangguan jantung hingga stroke.

Nah, madu ini bisa mengatasi masalah kolesterol yang tinggi dengan cara menaikan kadar kolesterol HDL (kolesterol ‘baik’). Menurut penelitian yang dimuat di the scientic world journal tahun 2008, dimana dilakukan tes pada 55 relawan untuk mengonsumsi madu secara rutin. Dan hasilnya terlihat ada penurunan kolesterol LDL hingga 5,8%.

Madu juga membantu menurunkan berat badan jika diminum secara teratur.

A.3. Mencegah penyakit degeratif

Seperti yang telah dijelaskan dalam kedua poin diatas, bahwa madu mampu bekerja efektif dalam menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol dalam tubuh. Kondisi tersebut berkaitan dengan pengurangan risiko penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, diabates, dan stroke.

Madu diketahui kaya akan kandungan antioksidan yang bisa membantu melancarkan alirah darah menuju jantung. Sehingga organ jantung pun bisa berfungsi secara optimal.

Related: Catat! Ini 8 Pemicu Diabetes di Usia Muda yang Perlu Diwaspadai

Studi yang diterbitkan di biomed research internasional journal tahun 2015, dimana dilakukan penelitian pada tikus menunjukkan bahwa madu mampu melindungi organ jantung dari kerusakan akibat stres oksidatif.

A.4. Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Gangguan hipertensi atau tekanan darah tinggi tentunya berbahaya bagi kesehatan, sebab bisa menyebabkan kamu jadi gampang sakit kepala. Lebih ngerinya lagi dapat memicu serangan jantung mendadak.

Maka itu, hipertensi harus segera diatasi! Salah satunya kamu bisa mencoba terapi dengan mengonsumsi madu. Madu terbukti bisa membantu menurunkan tekanan darah karena mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi.

A.5. Mempercepat penyembuhan luka kronis

Nggak cuma baik untuk menyehatkan organ tubuh. Madu juga bisa kamu manfaatkan sebagai pengobatan topikal atau oles. Menurut pakar ilmuwan, madu ini bisa membantu pemulihan jaringan karena memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi.

Paling tidak ada sekitar 26 studi yang menyebutkan bahwa madu efektif dalam menyembuhan luka di kulit, termasuk luka bakar, luka infeksi, luka kronis, herpes dan psoriasis.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh diabetes research and clinical practice di tahun 2010, memaparkan bahwa tingkat keberhasilan madu dalam menyembuhkan luka mencapai sekitar 43%. Madu juga sembuhkan sekitar 97% penderita bisul pada pengidab diabetes.

A.6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selanjutnya, manfaat madu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Madu mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa membantu mengoptimalkan fungsi antibodi tubuh. Selain itu, madu juga bisa melindungi tubuhmu dari serangan infeksi bakteri.

Related: 8 Cara Cepat Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Minum Obat

Sebagaimana dijelaskan dalam Asian Pasific Journal of Tropical Biomedicine tahun 2011, bahwa madu dapat berperan sebagai antibiotik yang efektif melawan patogen. Termasuk jenis bakteri yang resisten juga bisa diatasi dengan menggunakan madu loh!

A.7. Mengobati penyakit kulit

Jika kamu memiliki masalah penyakit kulit yang tidak sembuh-sembuh, kamu bisa mencoba pengobatan dengan madu. Adanya kandungan antimikroba dan antiinflamasi dalam madu bisa membantu menyembuhkan kerusakan pada jaringan kulit sekaligus mengatasi alergi.

Misalnya aja, penyakit psoriasis yang ditandai dengan bercak kemerahan, eksim, panu, vitiligo dan sebagainya. Kamu bisa coba obati dengan mengombinasikan madu dan minyak zaitun. Namun kamu harus rutin dan bersabar ya! Penyembuhan dengan madu ini umumnya memerlukan waktu beberapa bulan.

A.8. Mengatasi alergi

Meski belum ada studi klinis yang memaparkan secara gamblang tentang khasiat madu untuk mengatasi alergi, namun sudah banyak masyarakat yang membutikan bahwa madu ampuh mengobati penyakit ringan. Misalnya saja flu.

Hal ini dimungkinkan karena madu mengandung sifat anti radang dan anti mikroba, sehingga bisa mengurangi gelaja alergi. Termasuk sakit tenggorokan, batuk, dan alergi pada organ pencernaan.

A.9. Meningkatkan daya ingat

Sebuah studi yang dilakukan di Malaysia tahun 2011, menemukan bahwa mengonsumsi madu setiap hari bisa membantu mencegah penyakit alzheimer pada wanita pascamenopause. Kemampuan madu dalam meningkatkan daya ingat ini terbukti lebih efektif dibandingkan obat-obatan hormon.

Menurut ilmuwan, semakin tua umur seseorang, ia semakin membutuhkan vitamin dan mineral untuk meningkatkan memorinya. Nah, madu bekerja dalam membantu tubuh menyerap kalsium lebih optimal. Kalsium ini sangat dibutukan untuk menjaga kesehatan otak. Oleh karenanya, mengonsumsi madu dapat mempengaruhi ketajaman daya ingat.

B. Manfaat Madu Untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Kulit

Selain berkhasiat dalam menjaga kesehatan, madu juga memiliki sejumlah manfaat untuk merawat kecantikan kulit. Kira-kira apa saja? Berikut ulasannya!

B.1. Anti aging

Manfaat madu untuk kecantikan yang pertama, yakni sebagai anti aging. Madu mengandung vitamin C yang membantu mengoptimalkan produksi kolagen. Nah, apabila kolagen terproduksi secara baik maka elastisitas kulit pun akan terjaga. Dengan kata lain, kulitmu jadi nggak mudah keriput.

Di samping itu, kandungan antioksidan dalam madu juga membantu melawan radikal bebas yang menjadi pemicu munculnya flek hitam, garis halus dan tanda-tanda penuaan lainnya. Selain dikonsumsi langsung, kamu bisapula gunain madu ini sebagai masker wajah.

B.2. Melembabkan wajah

Tak hanya berguna sebagai anti aging, madu juga bisa berperan sebagai moisturizer alami. Kandungan gula dan enzim dalam madu bertindak sebagai emolien yang membantu menghidrasi kulit wajahmu agar tidak kekeringan.

Untuk cara pakainya, kamu cukup oleskan madu pada wajah atau kulitmu yang terasa kering. Diamkan 30 menit, lalu bilas dengan air.

B.3. Mengatasi jerawat

Madu bisa pula digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan jerawat. Dalam buku Joey Green’s Magic Health Remedies dipaparkan bahwa madu memiliki sifat anti radang dan anti bakteri, sehingga ampu dalam melawan bakteri P.acnes yang menjadi penyebab jerawat.

Related: 12 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Membandel di Wajah, Patut Dicoba Nih!

Cara pakainya, tinggal totolkan sedikit madu pada bagian yang berjerawat. Diamkan cukup lama, kira-kira 30-60 menit kemudian dibilas dengan air.

B.4. Mencerahkan wajah

Tahu nggak, ternyata madu juga berkhasiat dalam membantu mencerahkan wajah. Kandungan vitamin C dan antioksidannya membantu mengurangi masalah flek hitam dan kulit kusam.

Untuk pengaplikasiannya, kombinasikan dengan bahan yang tinggi vitamin C. Misalnya aja tomat, lemon atau jeruk nipis. Campur kedua bahan tersebut (madu dan jeruk nipis), lalu balurkan pada wajah dan diamkan selama 10 menit. Jika sudah, kamu bisa membilasnya hingga bersih.

B.5. Menghilangkan komedo

Pernah merasa sebal nggak sih dengan komedo yang tak kunjung hilang? Nah, buat merawat kulitmu agar nggak komedoan, kamu bisa mencoba menggunakan madu. Adanya kandungan antiseptik dan antioksidan dalam madu dapat bekerja membantu membersihkan komedo sekaligus mengencangkan pori-pori.

Related: Gak Harus Facial, Hilangkan Komedo di Hidung dengan 6 Racikan Alami Ini

Untuk cara pengaplikasiannya, campurkan madu dengan minyak kelapa secukupnya. Lalu oleskan pada wajahmu sambil dipijat. Tunggu sesaat, kemudian bilas dengan air.

B.6. Eksfoliator alami

Berikutnya, manfaat madu untuk kecantikan yakni sebagai eksfoliator alami. Dengan menggosokan madu pada wajah itu bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga wajahmu pun jadi lebih bersih.

Untuk cara pakainya, kamu bisa campurkan madu dengan gula pasir. Aduk rata. Lalu balurkan pada wajah dengan gerakan memutar. Tunggu 20 menit, lalu bilas sampai bersih. Metode ini cukup kamu ulangi 1-2 kali seminggu.

B.7. Mengatasi bibir kering

Madu juga bisa berperan sebagai lip balm yang berguna untuk melembabkan bibir. Adanya kandungan enzim dan antioksidan dalam madu dapat membantu mengatasi kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah.

Oleskan saja madu ini secara rutin pada bibirmu, terutama buat kamu yang sering menggunakan lipstik. Dengan pemakaian teratur, bibir bisa menjadi lembab dan sehat kembali.

C. Manfaat Madu Untuk Kesehatan Rambut

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Rambut

Manfaat madu memang sangatlah luas. Selain memberikan khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan wajah, madu juga berkonstribusi dalam merawat keindahan rambut.

C.1. Mengatasi Ketombe dan cegah kerontokan

Manfaat madu untuk rambut yang pertama yakni mengatasi ketombe. Sebagaimana dijelaskan dalam studi European Journal of Medical Research tahun 2001, bahwa madu ampuh menghilangkan kerak dan ketombe pada kulit kepala, mengurangi rasa gatal serta meminimalisir kerontokan rambut.

Penelitian ini juga menjelaskan cara pemakaiannya, yakni dengan mengencerkan madu dengan air (sekitar 10%), lalu dioleskan pada rambut dan ditunggu selama 3 jam sebelum dibilas dengan air.

Manfaat tersebut didapatkan berkat kandungan antijamur dan antibakteri dalam madu. Selain itu, adanya sifat antiinfalamsi juga berkhasiat mengurangi rasa gatal di kulit kepala.

C.2. Mengatasi masalah rambut kering dan rusak

Masalah rambut kering dan rusak juga bisa diatasi dengan madu. Menurut penelitian, madu mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu memperbaiki tekstur rambut yang rusak. Di samping itu, madu juga berperan sebagai emolien yang dapat mengembalikan kelembaban rambut dan membuatnya jadi lebih lembut.

Related: Simpel, Begini 9 Cara Merawat Rambut Keriting Agar Gak Gampang Frizzy

Untuk pemakaiannya, kamu bisa mengombinasikan madu dengan santan kelapa. Campur kedua bahan tersebut secukupnya. Kemudian balurkan pada rambut dan kulit kepala sampai merata. Tunggu 60 menit, lalu bilas menggunakan shampo.

Perawatan ini bisa kamu lakukan 2-3 kali seminggu. Jika nggak ada santan, sebagai gantinya kamu boleh menggunakan minyak zaitun.

Nah, demikianlah beberapa khasiat dan manfaat madu untuk kesehatan, kecantikan kulit dan rambut. Semoga bisa membantu ya! Jangan lupa, mulai sekarang selalu sediakan madu di rumahmu.

About Author

Hi saya Amaniyah, seorang sarjana S1 Sains yang kemudian terjun dalam dunia kepenulisan dengan berbagai tema seperti fashion, kecantikan, kesehatan dan lainya.

Comments are closed.