Dibalik Rasa Pahitnya, ini 12 Manfaat Pare untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

0

Selain segudang manfaat pare bagi kesehatan yang dimilikinya, ternyata efek samping pare juga ada apabila dikonsumsi berlebihan, termasuk untuk ibu hamil karena dapat merangsang kontraksi serta memicu persalinan prematur.

Pare merupakan jenis tumbuhan merambat yang biasanya ditemukan di negara-negara tropis bagian Asia, salah satunya Indonesia. Pare sendiri umumnya dikonsumsi sebagai sayuran.

Kadang dimasak sebagai tumis, tak sedikit pula yang mengolahnya menjadi smoothie. Namun sayang, karena rasanya yang pahit membuat pare jarang diminati.

Padahal menurut banyak studi, pare ini menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalamnya terkandung beragam vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin B, asam folat dan vitamin C. Di samping itu, juga kaya akan mineral dan antioksidan.

Nah, berikut ini beberapa manfaat pare bagi kesehatan yang jarang diketahui. Simak yuk!

1. Mengontrol gula darah, termasuk mengatasi Diabetes

Pare telat diteliti mengandung senyawa polipeptida-p yang mampu bekerja layaknya insulin. Sebagaimana studi yang diterbitkan dalam Journal Enthopharmacolgy tahun 2011, dimana dilakukan penelitian selama 4 minggu, ditemukan bahwa konsumsi 2000 mg pare yang dilakukan teratur dapat mengurangi kadar glukosa secara signifikan pada penderita diabetes, khususnya diabetes tipe 2.

Related: Catat! Ini 8 Pemicu Diabetes di Usia Muda yang Perlu Diwaspadai

Di samping itu, pare juga mengandung senyawa charantin yang mampu menurunkan kadar gula darah. Studi lain dalam Journal of Chemistry & Biology menunjukkan bahwa mengonsumsi pare bisa meingkatkan penyerapan glukosa dalam tubuh, yang mana berari hal itu membantu penyembuhan diabetes.

2. Mengurangi berat badan

Manfaat pare mengurangi berat badan

Sedang diet? Sesekali masukan pare dalam menu harianmu! Pare diketahui dapat membantu menurunkan berat badan karena kandungan lemak dan kalorinya yang rendah.

Dalam penelitian yang diterbitkan di Journal BMC Complementary & Alternative Medicine tahun 2010, dijelaskan bahwa ekstrak pare mampu bekerja dalam menghambat pertumbuhan sel-sel lemak. Bisa dikatakan sayur pare bisa dijadikan terapi alternatif untuk mengatasi obesitas.

3. Menurunkan kadar Kolesterol

Selain bantu menurunkan berat badan, pare juga dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Khasiat tersebut diperoleh berkat kandungan antioksidan, asam folat dan zat besi yang cukup tinggi di dalamnya. Ketiga senaywa tersebut juga berperan penting dalam menurunkan risiko gangguan jantung dan stroke.

Related: Disebut Ajaib, Ini 18 Manfaat Madu Bagi Kesehatan, Kecantikan Wajah dan Rambut

Selain itu, pare juga kaya kalium yang membantu menjaga tekanan darah tetap normal. Perlu kamu tahu bahwa hipertensi menjadi salah satu penyebab serangan jantung.

4. Meningkatkan Imunitas atau kekebalan tubuh

Manfaat pare meningkatkan imunitas tubuh

Mengonsumsi segelas jus pare dapat membantu melindungi tubuhmu dari serangan infeksi bakteri atau mikroorganisme lainnya. Ya, pare diketahui mengandung vitamin C dengan kadar cukup tinggi, yakni sekitar 80 mg. Vitamin C ini merupakan antioksidan kuat yang mampu melawan radikal bebas.

5. Mencegah Kanker

Selanjutnya, manfaat pare adalah untuk mencegah sekaligus mengobati kanker. Adanya kandungan senyawa antioksidan dalam pare berperan sebagai anti-karsinogenik dan anti tumor.

Related: Jadi Pemicu Kematian Tertinggi, Cegah Kanker Payudara dengan 10 Makanan Enak Ini!

Sebuah studi farmakologis yang dilakukan pada tahun 2010, menyebutkan bahwa mengonsumsi pare berkaitan erat dengan pengurangan risiko kanker serviks, kanker prostat dan kanker payudara.

6. Mengobati Herpes dan HIV

Manfaat jus pare

Tak sekedar mencegah kanker, pare juga dapat menjadi obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit herpes dan HIV. Hal ini sebagaimana penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Naturopathic Medicine, yang menjelaskan bahwa mengonsumsi pare dapat mencegah penyebaran plak herpes di tubuh penderitanya.

Selain itu, adanya senyawa fitokomia dalam pare juga bisa menghambat aktivitas virus herpes simplex-1 dan virus HIV (human immunodeficiency virus).

7. Menyehatkan organ hati

Menurut studi yang diterbitkan dalam International Journal of Vitamin and Nutrition, menjelaskan bahwa pare mengandung senyawa momordica charantia yang berkonstribusi menjaga kesehatan hati dengan cara meningkatkan aktivitas antioksidan dalam organ tersebut.

Di samping itu, mengonsumsi pare juga mengoptimalkan fungsi kandung kemih sekaligus melindunginya dari berbagai masalah.

8. Menjaga kesehatan mata

Manfaat pare untuk kesehatan mata

Pare merupakan sayuran yang mengandung tinggi vitamin A dan sejumlah senyawa flavonoid, seperti beta karoten, zeaxanthin serta lutein.

Senyawa-senyawa tersebut merupakan antioksidan yang berperan dalam menjaga kesehatan mata. Termasuk mencegah penyakit katarak dan memperlambat degenerasi makula yang diakibatkan efek penuaan.

9. Mengobati Asma

Gejala gangguan pernafasan seperti bronkitis dan asma juga bisa diatasi dengan mengonsumsi pare. Saturan ini telah diteliti memiliki sifat anti-inflamasi, anti-histamin dan anti-virus sehingga bisa bekerja efektif dalam mengatasi infeksi sekaligus menjaga kesehatan pernafasan.

10. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat pare bagi kesehatan selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan tulang. Berdasarkan penelitian, pare mengandung tinggi vitamin K. Vitamin ini memainkan kunci penting dalam membantu distribusi kalsium ke seluruh tubuh.

Related: 10 Cara Ampuh Atasi Perut Buncit, Gak Susah Kok!

Apabila kebutuhan kalsium tercukupi, maka kesehatan tulang juga akan terjaga. Mengonsumsi pare dapat meningkatkan kepadatan tulang, mencegah osteoporosis sekaligus mengurangi risiko cedera patah tulang.

11. Merawat kesehatan kulit: Berperan untuk Anti Aging dan mencerahkan

Manfaat pare untuk anti aging

Tak hanya berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, pare juga berkonstribusi dalam merawat kulit. Adanya kandungan vitamin A dalam pare berperan sebagai anti aging yang dapat mencegah gejala penuaan dini. Sedangkan vitamin C membantu mencerahkan kulit dan mengurangi jerawat.

Di samping itu, sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi dari pare juga dapat mengoptimalkan proses penyembuhan penyakit psoriasis dan enzim di kulit.

12. Mengatasi rambut kering, berketombe dan rontok

Terakhir, manfaat pare adalah mengatasi beragam masalah rambut! Mulai dari rambut rontok, berketombe, kasar, beruban dan bercabang bisa ditangani dengan pemakaian jus pare sebagai shampo.

Sebagai info, pare mengandung vitamin A, vitamin C, zink dan biotin yang merupakan nutrisi yang berperan penting terhadap kesehatan rambut dna kulit kepala.

Perlu Diperhatikan: Efek Samping Pare Bagi Tubuh

Pare memang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Namun begitu, pengonsumsian pare secara berlebihan juga bisa menimbulkan efek samping. Umumnya gejala yang timbul seperti sakit perut, diare dan muntah.

Pare juga tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi wanita hamil, sebab bisa merangsang kontraksi dan memicu terjadinya persalinan prematur. Begitupun untuk kamu yang sedang mengonsumsi obat penurun gula darah, baiknya berkonsultasi dengan dokter dulu jika ingin mencoba pare.

Nah, demikianlah pembahasan tentang manfaat pare bagi kesehatan beserta efek sampingnya. Semoga bisa memberikan manfaat!

About Author

Hi saya Amaniyah, seorang sarjana S1 Sains yang kemudian terjun dalam dunia kepenulisan dengan berbagai tema seperti fashion, kecantikan, kesehatan dan lainya.

Comments are closed.