3 Resep Ayam Geprek Krispi yang Gampang Dibuat di Rumah, Yuk Cobain!

0

Belakangan ini, resep ayam geprek menjadi kuliner yang ngehits di masyarakat. Hampir di setiap sudut kota bisa ditemukan warung ayam geprek dengan mudah. Nggak cuma di restoran, para pedagang kaki lima pun juga banyak yang menjual ayam geprek.

Adapun awal mula kepopuleran kuliner ini, yakni sejak artis Ruben Onsu memutuskan membuka kedai ayam geprek di tahun 2017. Nah, darisanalah kemudian banyak orang yang ikut berbisnis serupa.

Sesuai namanya, ayam geprek dibuat dari bahan utama daging ayam yang dilumuri tepung terigu, kemudian digoreng sampai krispi. Setelah itu, ayamnya nggak langsung dihidangkan. Melainkan digeprek dengan sambal dulu menggunakan cobek atau ulekan. Baru deh, disajikan bersama nasi dan lalapan. Hmm, maknyuss!

Btw, ayam geprek ini nggak cuma enak rasanya! Tapi juga mengandung tinggi protein yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan kekebalan tubuh. Umumnya dalam seporsi ayam geprek mengandung sekitar 590 kalori.

Nah, kali ini kita akan membagikan resep masakan ayam geprek yang mudah dibuat di rumah. Yaudah langsung simak ulasannya yuk!

Seiring dengan merebaknya kuliner ayam geprek, semakin banyak orang berkreasi menciptakan menu-menu yang unik. Mulai dari resep ayam geprek mozarella hingga ayam geprek salted egg.

Related: 4 Resep Pizza ala Rumahan Cuma Pakai Teflon, Gampang Banget!

Nah, buat kamu yang ingin mencoba bikin ayam geprek di rumah, kamu bisa contek resepnya di bawah ini!

1. Resep Ayam Geprek Sambal Bawang

Resep Ayam Geprek Sambal Bawang

Ayam geprek sambal bawang menjadi menu yang banyak divaforitkan banyak orang. Terutama bagi yang suka pedas-pedas nih! Langsung intip cara pembuatannya, yuk!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram ayam tanpa tulang (ayam fillet), boleh paha atau dada
  • Tepung bumbu ayam crispy
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt lada bubuk
  • 2 siung bawang putih (dihaluskan)
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air matang secukupnya

Bahan sambal:

  • 5 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 15 cabai rawit (sesuai selera)
  • 2 batang serai (iris bagian putihnya tipis-tipis)
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sdt terasi
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara pembuatan Ayam Geprek Krispi:

    1. Potong ayam menjadi beberapa bagian, lalu cuci bersih
    2. Lumuri ayam dengan bawang putih yang sudah dihaluskan dan perasan jeruk nipis
    3. Diamkan sekitar 1 jam agar bumbunya meresap (Lebih baik disimpan di kulkas semalaman agar dagingnya empuk)
    4. Buatlah adonan basah: campurkan tepung bumbu dengan air matang secukupnya
    5. Buatlah adonan kering: campurkan tepung bumbu, lada dan garam secukupnya
    6. Celupkan potongan ayam ke dalam adonan basah, guling-gulingkan sambil dicubit agar hasilnya bisa keriting dan lebih crispy
    7. Masukkan ke dalam adonan kering dan ratakan
    8. Goreng dalam minyak panas dan api sedang
    9. Jika sudah berwarna coklat keemasan, angkat dan tiriskan

Cara pembuatan sambal:

  1. Iris tipis-tipis semua bahan sambal, kemudian ulek kasar di atas cobek (boleh ditumis dulu)
  2. Siram dengan minyak bekas goreng ayam
  3. Koreksi rasanya
  4. Penyajian ayam geprek:
  5. Letakkan ayam yang sudah matang diatas cobek satu-persatu
  6. Lalu geprek dengan sambal secara pelan-pelan agar tak menghilangkan krispinya
  7. Selesai, sajikan ayam geprek dengan lalapan dan nasi hangat.

Related: Dari khas Jawa, Padang sampai Aceh, Ini 5 Resep Nasi Goreng Ala Resto Paling Favorit!

2. Resep Ayam Geprek Mozarella

Resep Ayam Geprek Mozarella

Untuk resep ayam geprek mozarella ini sebenarnya mirip dengan ayam geprek sambal bawang. Bedanya kamu hanya perlu menambahkan topping keju mozarella. Berikut resepnya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram Ayam fillet
  • Tepung bumbu krispi
  • 100 gram keju mozarella
  • 2 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt garam
  • Air putih dan minyak goreng secukupnya

Bahan sambal:

  • 50 gram kacang tanah (boleh pakai atau tidak)
  • 10 buah cabe rawit
  • 5 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • Garam secukupnya

Cara pembuatan Ayam Geprek Mozarella:

  1. Potong ayam berukuran sedang, lalu cuci bersih
  2. Marinasi atau rendam ayam dengan bumbu-bumbu (bawang putih, lada bubuk, dan garam)
  3. Diamkan sekitar 1 jam atau masukkan di kulkas semalaman
  4. Celupkan ayam ke dalam adonan basah, yakni campuran tepung bumbu dan air matang
  5. Kemudian celupkan ke dalam adonan kering, cukup tepung bumbu kripsi aja (karena ayam sudah dimarinasi)
  6. Goreng ayam sampai berwarna coklat keemasan
  7. Untuk sambalnya, pertama ulek kacang tanah yang sudah disangrai atau digoreng
  8. Masukan bahan-bahan sambal lainnya, lalu ulek jadi satu
  9. Tambahkan 2 sdm minyak goreng sisa goreng ayam
  10. Sementara itu, parut keju mozarella di atas teflon dan panaskan dengan api kecil hingga melumer
  11. Terakhir, geprek ayam dengan sambal, kemudian lumuri dengan lelehan keju
  12. Viola! Ayam geprek mozarella siap dihidangkan

Related: Anti Gagal, 3 Resep Donat Empuk dengan Berbagai Varian

3. Resep Ayam Geprek Salted Egg, Dijamin Creamy & Gak Enek!

Resep Ayam Geprek Salted Egg

Image: fibercreme.com

Kira-kira bagaimana ya rasanya makan ayam pedas dengan dilumuri saus telur asin? Hmm, meski terdengar cukup aneh, nyatanya tak sedikit orang yang mengaku menggemari inovasi ayam geprek terbaru ini! Selain enak, cara bikinnya ternyata nggak sulit loh! Berikut resep ayam geprek salted egg!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram ayam fillet
  • Tepung bumbu ayam krispi
  • 2 siung bawang putih
  • Lada bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air matang dan minyak goreng secukupnya
  • Bahan sambal:
  • 10 buah cabe rawit
  • 5 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • Garam secukupnya

Bahan saus:

  • 2 butir telur asin (ambil kuningnya saja dan lumatkan)
  • Kaldu ayam bubuk
  • 2 sdm mentega
  • 5 siung bawang putih (dicincang)
  • 2 lembar daun kari (jika tidak ada,boleh diganti daun jeruk)
  • Susu cair secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Pembuatan Ayam Geprek Salted Egg:

  1. Potong ayam dan cuci sampai bersih
  2. Lumuri dengan lada bubuk, garam dan bawang putih yang telah dihaluskan
  3. Diamkan 1 jam atau semalaman
  4. Setelah itu, celupkan ayam ke adonan basah: tepung bumbu, telur dan air matang secukupnya
  5. Lalu celupkan ke adonan kering: tepung bumbu saja
  6. Goreng sampai bewarna coklat keemasan
  7. Ulek semua bahan sambal di cobek
  8. Lalu geprek ayam satu persatu dengan bumbu sambal

Cara pembuatan saus:

  1. Panaskan mentega di atas teflon
  2. Tambahkan susu cair secukupnya
  3. Masukkan bawang putih dan daun kari
  4. Masukkan kuning telur
  5. Tumis hingga aromanya wangi
  6. Tambahkan sedikit kaldu ayam bubuk
  7. Tambahkan merica dan garam secukupnya
  8. Aduk-aduk
  9. Tambahkan susu cair secukupnya agar lebih creamy
  10. Aduk-aduk sampai menyatu rata

Penyajian ayam geprek salted egg:

  • Siapkan ayam yang telah digeprek dengan sambal di atas piring
  • Lalu lumuri dengan saus telur asin
  • Ayam geprek siap dinikmati dengan nasi hangat!

Nah, itulah tadi guys beberapa resep ayam geprek dengan berbagai variasi toping. Cukup mudah, kan? Kamu bisa loh mencobanya di rumah. Dijamin suami bakal ketagihan. Happy cooking!

About Author

Hi saya Amaniyah, seorang sarjana S1 Sains yang kemudian terjun dalam dunia kepenulisan dengan berbagai tema seperti fashion, kecantikan, kesehatan dan lainya.

Comments are closed.