Dari khas Jawa, Padang sampai Aceh, Ini 5 Resep Nasi Goreng Ala Resto Paling Favorit!

0

Siapa sih yang nggak bisa bikin resep nasi goreng? Sebagai makanan populer di Indonesia, tampaknya hampir semua orang bisa membuat nasi goreng dengan metode sederhana. Cukup menggoreng nasi dengan sedikit minyak di atas wajan, lalu ditambahkan bumbu sesuai selera.

Ya, pembuatan nasi goreng rumahan memang terbilang sederhana. Namun demikian, kuliner ini jadi favorit banyak orang. Bahkan di tahun 2017, nasi goreng berhasil masuk peringkat ke-2 dalam daftar makanan terenak di dunia versi CNN Internasional.

Nasi goreng ini sebenarnya adalah makanan asli penduduk Tionghoa yang kemudian menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Nah, di negara kita keberadaan nasi goreng cukup bervariasi. Dimana biasanya tiap daerah memiliki resep yang berbeda-beda. Ada yang masih menggunakan resep asli nusantara, dan ada juga yang terkulturasi dengan budaya asing.

Nah, berikut ini beberapa resep nasi goreng yang paling populer di masyarakat. Dari nasi goreng jawa hingga pattaya . Yaudah yuk, langsung disimak!

1. Resep Nasi Goreng Jawa

Resep Nasi Goreng Jawa

Nasi goreng jawa merupakan salah satu varian nasi goreng yang sering ditemukan di restoran. Tentunya untuk membuat nasi goreng jawa ini nggak sulit kok! Kamu bisa mencontek resepnya di bawah ini.

Related: 3 Resep Ayam Geprek Krispi yang Gampang Dibuat di Rumah, Yuk Cobain!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Nasi putih (2 piring)
  • 1 butir telur
  • 1/4 kg daging ayam (dipotong kecil dan buang lemaknya)
  • 3 batang daun bawang (diiris tipis)
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 8 buah cabe rawit (sesuai selera)
  • 3 buah cabe merah besar (sesuai selera)
  • Merica bubuk secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Kecap manis
  • Saus tiram

Cara pembuatan Nasi Goreng Jawa:

  1. Masukkan bumbu ke dalam blender (bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah, merica bubuk dan kaldu ayam bubuk)
  2. Tambahkan sedikit minyak goreng
  3. Lalu blender sampai halus
  4. Tumis bumbu yang telah dihaluskan di atas wajan sampai aromanya wangi
  5. Masukkan daging ayam
  6. Tambahkan sedikit garam dan merica
  7. Aduk-aduk hingga rata
  8. Masukkan telur yang sudah dikocok
  9. Setelah ayam terlihat matang, masukkan nasi ke wajan
  10. Tambahkan daun bawang, saus tiram dan kecap manis
  11. Aduk lagi hingga merata
  12. Koreksi rasa, jika kurang berasa bisa ditambahkan garam dan merica
  13. Tunggu matang dan hidangkan di atas piring
  14. Agar lebih mantab, sajikan bersama telur ceplok, irisan timun, tomat dan kerupuk

Selesai guys! Nasi goreng jawa ala restoran bisa langsung kamu nikmatin.

Related: 4 Resep Pizza ala Rumahan Cuma Pakai Teflon, Gampang Banget!

2. Resep Nasi Goreng Aceh

Resep Nasi Goreng Aceh

Nasi goreng Aceh dikenal sebagai salah satu kuliner yang sangat nikmat. Dibuat dengan aneka rempah yang mirip bumbu kari, sehingga rasanya cenderung lebih rich di mulut. Biasanya nasi goreng Aceh disajikan bersama acar bawang dan emping melinjo.

Nah, berikut resepnya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 2 piring nasi putih
  • Daging ayam rebus (dicincang kecil-kecil)
  • 2 batang daun bawang (diiris kecil)
  • Kecap manis
  • Saus tiram

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 Cabe merah (sesuai selera)
  • 7 Cabe rawit (sesuai selera)
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 butir kemiri
  • Pala (seujung sendok teh)
  • Jinten (seujung sendok teh)
  • 1/2 sdt terasi

Bahan pelengkap:

  • Acar bawang (terdiri dari bawang merah, gula, cuka, cabe rawit, sedikit air hangat)
  • Telur ceplok/dadar
  • Emping melinjo
  • Irisan Timun atau tomat
  • Kerupuk

Cara pembuatan Nasi Goreng Aceh:

  1. Haluskan semua bahan bumbu halus dengan blender, lalu tumis hingga aromanya wangi
  2. Tambahkan potongan ayam atau udang
  3. Aduk-aduk hingga merata
  4. Masukkan nasi, daun bawang, kecap manis dan saus tiram
  5. Tambahkan sedikit merica dan garam
  6. Aduk sampai matang
  7. Jika sudah rata, angkat dan sajikan nasi goreng di atas piring
  8. Hidangkan dengan acar bawang, emping melinjo, timun, ceplok dan kerupuk

Related: 3 Resep Donat Empuk dengan Berbagai Varian

3. Resep Nasi Goreng Padang

Resep Nasi Goreng Padang

Karena kaya akan rempah, umumnya nasi goreng Padang memiliki rasa cukup kuat. Perpaduan antara pedas dan gurihnya rempah dijamin bikin siapapun yang mencobanya ketagihan. Berikut resep nasi goreng padang yang bisa kamu buat di rumah!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 2 piring nasi putih
  • 1 butir telur
  • Daging dada ayam secukupnya (direndam dengan jeruk nipis)
  • 1 buah tomat
  • 1 batang daun bawang (diiris tipis)
  • 1 batang daun seledri (diiris tipis)
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sdt merica bubuk
  • 3 sdm cabai merah yang sudah digiling
  • Garam secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Minyak goreng

Bahan pelengkap:

  • Kerupuk merah
  • Bawang goreng
  • Timun dan tomat

Cara pembuatan Nasi Goreng Padang:

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai agak layu
  2. Masukkan daun bawang, daun jeruk, seledri,garam dan merica secukupnya
  3. Aduk sampai menyatu
  4. Tambahkan daging ayam dan tumis hingga matang
  5. Masukan cabai merah yang sudah digiling dan sebutir telur
  6. Masukan nasi putih, tambahkan kecap dan garam secukupnya
  7. Aduk sampai harum
  8. Koreksi rasa
  9. Jika sudah pas, angkat lalu pindahkan ke piring
  10. Sajikan nasi goreng dengan kerupuk merah, timun, tomat dan taburan bawang goreng

4. Resep Nasi Goreng Kebuli ala Timur Tengah

Resep Nasi Goreng Kebuli

Image Nasi Kebuli: Dok/cookpad.com

Nasi goreng kebuli merupakan kuliner khas Timur Tengah yang juga kaya rempah-rempah. Umumnya nasi goreng kebuli ini dibuat dari daging kambing dan disajikan bersama acar. Soal rasa, jangan ditanya deh! Dijamin bikin nagih! Yuk, langung intip resepnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 3 piring nasi putih yang pulen dan mawur
  • 150 gram daging kambing (dicincang dan direbus dahulu)
  • 1 buah bawang bombay (dicincang)
  • Seujung sendok teh bubuk pala
  • 4 butir cengkeh (dihaluskan)
  • 7 butir kapulaga (dihaluskan)
  • 3 potong kayu manis
  • 600 ml santan
  • Kecap manis secukupnya
  • Minyak samin secukupnya

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt jinten
  • 1/2 sdt merica
  • 1 butir jahe
  • 2 sdt garam

Bahan pelengkap:

  • Kismis
  • Bawang goreng
  • Acar mentimun (irisan timun, nanas, cabe hijau, bawang merah, gula, garam, cuka, dan air secukupnya)

Cara pembuatan Nasi Goreng Kebuli:

  1. Siapkan minyak samin di wajan dan panaskan
  2. Masukkan daging kambing yang sudah direbus dan masak hingga matang
  3. Masukkan pala, cengkeh, kapulaga dan bawang bombay
  4. Tumis hingga harum
  5. Tambahkan bumbu halus
  6. Aduk-aduk sampai merata
  7. Masukkan nasi, kecap manis, garam dan merica secukupnya
  8. Lanjutkan menumis hingga matang
  9. Jika sudah rata, hidangkan nasi goreng di atas piring
  10. Sajikan dengan kismis, acar mentimun dan bawang goreng

5. Resep Nasi Goreng Pattaya

Resep Nasi Goreng Pattaya

Image: Nasi Goreng Pattya – Dok/huangkitchen.com

Terakhir ada nasi goreng pattaya yang merupakan makanan khas Thailand yang cukup populer di Indonesia. Selain rasanya menggugah selera, nasi goreng ini juga disajikan dalam bentuk yang unik. Nah, berikut cara pembuatannya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 2 piring nasi putih
  • 2 butir telur
  • 100 gram dada ayam (dicincang dan direbus)
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Kacang polong secukupnya (digoreng)
  • Wortel secukupnya (diiris tipis)
  • Merica bubuk secukupnya
  • Saus tiram secukupnya
  • Kecap ikan secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Saus tomat atau saus cabe
  • Minyak goreng

Cara pembuatan Nasi Goreng Pattaya:

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan sedikit minyak sampai aromanya harum
  2. Masukkan potongan ayam serta wortel
  3. Tumis hingga matang
  4. Masukkan nasi dan kacang polong
  5. Tambahkan merica, garam, saus tiram, dan kecap ikan secukupnya
  6. Tunggu sampai merata, lalu letakkan di piring

Untuk pembuatan omelet:

  1. Kocok telur di mangkuk dan tambahkan sedikit garam
  2. Masak di atas wajan hingga matang
  3. Setelah itu, letakkan nasi goreng di bagian tengah omelet
  4. Lipat ujung omelet berbentuk segiempat
  5. Baliklah omelet secara perlahan, tunggu sampai agak kecoklatan lalu angkat
  6. Sajikan nasi goreng yang terbungkus omelet di atas piring
  7. Kamu bisa menambahkan saus sambal, irisan tomat dan mentimun diatasnya
  8. Selesai! Nasi goreng pattaya siap dinikmati!

Nah, demikianlah resep masakan nasi goreng ala resto yang paling populer di Indonesia. Apa kamu udah nggak sabar ingin mencobanya? Buruan deh ditiru resepnya! Bikinnya nggak terlalu ribet kok.

About Author

Hi saya Amaniyah, seorang sarjana S1 Sains yang kemudian terjun dalam dunia kepenulisan dengan berbagai tema seperti fashion, kecantikan, kesehatan dan lainya.

Comments are closed.