Review Captain Marvel: Superhero Wanita Pertama MCU Pelengkap Kegelisahan Pecinta Marvel

0

Siapa yang sudah menantikan film superhero perempuan pertama dari Marvel Cinematic Universe (MCU) ini? Jika kalian salah satunya pasti sudah nonton dong Captain Marvel yang tayang 6 Maret 2019 lalu.

Yup, film superhero perempuan pertama dari MCU ini memang digadang-gadang bakal jadi kunci melawan kekuatan dari Thanos. Dan benar saja, Captain Marvel hadir sesuai ekspektasi menjawab semua kegelisahan penggemar Marvel.

Di bawah besutan Anna Boden dan Ryan Fleck, film Captain Marvel diramu sebagai pecahan puzzle yang menjawab berbagai tanda tanya di sekuel superhero Marvel sebelumnya.

Brie Larson yang membintangi Carol Danvers bahkan terlihat sangat lihai memainkan peran kompleks, menegangkan, namun juga menghibur. Dia memberi sentuhan berbeda pada Captain Marvel meski tak setengil perawakannya di comic.

Related: 6 Situs Streaming Film Terbaik Indonesia, Yuk Langsung Nonton Dijamin Gratis!

Film yang diangkat berdasarkan komik karya Kelly Sue DeConnick ini mengambil latar cerita jauh sebelum para Avengers ada. Diperkirakan sekitar 25 tahun sebelum Thanos menghilangkan hampir separuh penghuni alam semesta.

Berbeda dengan Captain America yang sengaja diciptakan oleh seorang profesor agar menjadi manusia kuat, Carol justru memiliki kekuatan super karena ketidak sengajaan. Sebuah kecelakaan pesawat membawanya ke planet luar angkasa hingga kemudian dirinya menyerap sebuah sumber energi.

Pengenalan tokoh penuh aksi yang menggoda

Carol Denvers & Yon-Rogg

Carol Denvers & Yon-Rogg (Jude Law)

Cerita dimulai saat Carol Denvers yang saat itu dikenal sebagai Vers terbangun dari mimpi buruknya. Saat itu dirinya telah berada di planet Hala dan menjadi seorang angkatan kusus Star Force Kree.

Bersama dengan sang pelatih, Yon-Rogg (Jude Law) Carol dididik untuk lebih kuat dan dapat mengendalikan emosinya saat berperang.

Ternyata Carol tak hanya sekali bermimpi tentang masa lalunya, beberapa kali bahkan bayangan itu muncul menghantuinya. Namun Yon-Rogg seakan menutupi semua masa kelam Carol.

Related: Review Alita: Battle Angel, Visual Efek Kelas Kakap yang Siap Buat Mata Susah Berkedip

Alhasil, Carol yang memiliki kekuatan super ditambah dengan percampuran darah bangsa Kree membuatnya semakin kuat. Alih-alih membawa Carol ke tempat asalnya, bangsa Kree justru memanfaatkan kekuatannya sebagai senjatan mematikan bagi musuh.

Sebuah pertempuran antara pasukan Star Force Kree dan kelompotan Skrull akhirnya membawa Carol kembali ke Bumi dan berjumpa dengan Nick Fury (Samuel L. Jackson).

Penggalian latar belakang yang tersendat durasi

Carol Denvers (Brie Larson)

Carol Denvers (Brie Larson)

Secara kasat mata film luar biasa ini memang sangat nikmat untuk ditonton. Berdurasi sekitar 128 menit, Captain Marvel menunjukkan premis latar belakang Carol sebagai manusia Bumi yang menarik kedatangan makhluk galaksi lain.

Sayang, justru latar belakang Carol tidak cukup terekspose pada film ini. Sebagaimana hanya diceritakan dalam bentuk potongan flashback yang acak. Semua tergambar samar-samar dari potongan cerita yang dapat diingatnya.

Perawakan Captain Marvel yang cukup tegas pun banyak memunculkan spekulasi jika dirinya tak halnya Wonder Woman, superhero besutan DC. Padahal Marvel Studio sendiri terkenal dengan karakter superhero yang tengil dan penuh canda tawa.

Sehingga jika melihat aksi Captain Marvel, sekilas mengingatkan kita dengan Gal Gadot. Untungnya ada Nick Fury yang menambah kelucuan dalam film Captain Marvel.

Nick Fury dan Goose menambah renyah cerita

Nick Fury (Samuel L. Jackson)

Nick Fury (Samuel L. Jackson)

Film ini juga menampilkan Nick Fury dan Phil Coulson yang masih muda. Meski kita tahu jika Phil Coulson telah tewas ditusuk Loki pada sekuel Avenger yang pertama.

Kehadiran Fury sebagai agen S.H.I.E.L.D ternyata tidak semenegangkan itu. Samuel justru pecah memerankan Fury muda yang tengil dan penuh trik.

Related: Review Glass: 5 Fakta Menarik dari Kisah “Superhero Orisinil” Bukan Ciptaan Komik

Berbanding terbalik dengan perannya di film Avengers dan superhero Marvel lainnya. Hadirnya Nick Fury justru menghidupkan suasana menjadi lebih lucu khas MCU.

Goose, Captain Marvel's Cat

Goose

Selain Fury, film Captain Marvel juga membuat semua penonton gemas dengan si kucing manis milik Carol saat menjadi Angkatan Udara, Goose.

Sekilas memang terlihat biasa, namun kucing manis itu adalah makhluk alien Flarken. Dia pun memiliki kemampuan unik yang bisa mengeluarkan tentakel dan mampu menyerap benda apapun di dalam perutnya.

Dijamin kamu bakal dibuat gemes dengan tingkahnya deh! Oh iya, ternyata Goose inilah yang menyebabkan Fury hanya memiliki satu mata saja lho.

Aksi menegangkan penuh makna dan jawaban

Captain Marvel (Brie Larson)

Masalah aksi laga MCU tak perlu diragukan deh! Mereka selalu mempunyai treatment tersendiri untuk setiap filmnya. Terutama saat Carol pertama kali mendapatkan kekuatan super.

Penggambarannya pun dibuat padat dengan efek visual yang menakjubkan. Bahkan dari menit pertama hingga terakhir ketegangan pun tak kunjung berakhir.

Ceritanya juga sarat akan pesan ispiratif. Lihat saja bagaimana potongan flashback Carol yang sering mendapatkan guncangan hingga dia akhirnya bangkit dan menjadi wanita super.

Balik lagi ke cerita utama, jika kita lebih peka beberapa part film ini juga jadi potongan puzzle yang menjawab kegelisahan kita di film-film MCU lho. Salah satunya adalah asal mula nama Avengers dan pesan pejer yang dikirim oleh Fury saat Bumi dilenyapkan Thanos.

After Credit yang bikin penonton teriak “Can’t wait to seeing Avengers Endgame”

Captain Marvel & Thanos

Sudah taukan kalau setiap film besutan MCU selalu menyisahkan cuplikan cerita atau bisa disebut “after credit” karena diletakkan di sela-sela credit tittle.

Nah, after credit di film ini bakal mengantar kita ke Avenger Endgame mendatang. Yang mana pesan terakhir Fury di Avengers Infinity War kemarin berhasil mendatangkan Captain Marvel ke Bumi.

Pasti dulu kalian mikir dong, lho itu pesan dikirim ke siapa ya? Udah era digital kok masih pakai pejer? Ternyata dikirimnya ke planet lain, pantas saja bikin penasaran.

Gila keren abis ya? Saking kerennya, seisi studio sampai berteriak ketika Captain Marvel muncul tiba-tiba di hadapan para Avengers yang tersisa di Bumi.

“Ahkkkkkkk, enggak sabar!!!” Seperti itulah ramainya.

Memang sih Marvel terlampau cerdas memikirkan setiap part kecil yang menghubungkan setiap sekual superhero mereka.

Eits, selain itu masih ada after credit kedua. Kali ini menunjukkan si Goose yang memuntahkan Tesseract dari dalam mulutnya.

Kira-kira seperti apa ya nasib Goose yang tidak lagi diceritakan di setiap film superhero Marvel?
So, buat kalian yang sudah tidak sabar melihat Avenger Endgame, wajib hukumnya nonton film Captain Marvel dulu. Agar setiap partnya bisa kalian temukan di sana.

Jangan Lupa Berikan Rating Anda!

77%
77%
Awesome

Penggarapan yang matang mengantarkan Captain Marvel menjadi film superhero wanita yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan hingga after creditnya sekali pun.

  • Cerita
    7
  • Teknis
    8.5
  • Karakter
    7.5
  • User Ratings (1 Votes)
    8.8

About Author

Hi, nama saya Tertia. Orang biasa memanggil saya "Ter" atau bisa juga "Te". Seorang travel writer yang suka dengan keunikan di setiap sudut kota. Menulis bukan hanya sekedar hobi namun sudah jadi passion.

Leave A Reply