Review Glass: 5 Fakta Menarik dari Kisah “Superhero Orisinil” Bukan Ciptaan Komik

0

Awal bulan Januari 2019, sebuah film babak akhir trilogi bergenre psikologi-thiller, film Glass muncul dan membuat kagum penikmatnya. Film yang digarap oleh sutradara kenamaan Hollywoood, M. Night Shyamalan ini menampilkan tiga pemeran utama dari sekuel sebelumnya Unbreakable (2000) dan Split (2016).

Kesuksesan film yang dibintangi Bruce Willis (David Dunn), Samuel L Jackson (Elijah Price a.k.a Mr Glass), dan James McAvoy (Kevin Wendell Crumb a.k.a The Beast) ini pun memimpin perolehan Box Office hingga minggu ini. Film Glass tercatat telah meraup keuntungan 73,64 juta US Dollar atau setara dengan Rp 1,02 triliun dari seluruh bioskop di dunia.

Shyamalan memang begitu cerdas mengemas keseluruhan filmnya. Bahkan untuk menyelesaikan trilogi ini, dia membutuhkan waktu hingga 20 tahun lamanya. Film besutannya memang bisa dibilang nyeleneh untuk ukuran superhero.

Karena Shyamalan tidak menampilkan manusia super berkostum memukau atau peralatan canggih. Semua hanyalah orang biasa yang memiliki titik super di dalam dirinya.

Diceritakan dalam babak terakhir ini, David Dunn begitu percaya jika dirinya adalah seorang penyelamat dengan salah satu kekuatan supernya yakni tak pernah sakit selama hidup. David berusaha menangkap The Beast (Kevin Crumb) yang sering meresahkan warga dengan menculik gadis-gadis remaja.

Meski pertunjukan di awal terlalu panjang dan membosankan, sang sutradara Shyamalan masih konsisten memberi twist di akhir ceritanya. Jadi tidak mengherankan jika rasa penasaran penonton dibuat klimaks di sana. Bagi penggila film misteri jelas, tontonan ini akan menjadi suguhan epik yang memukau.

Ketiga tokoh utama dibuat memiliki tekat masing-masing. Seperti Elijah yang terobsesi dengan komik superheronya, Kevin Crumb yang terus menculik gadis remaja, dan David Dunn yang selalu merasa dirinya penyelamat. Semua permasalahan tersebut dihadirkan dengan plot-plot twist yang susah ditebak.

Related: Daftar Film 2019, Yuk Intip Jadwal Film yang Akan Tayang di Bioskop Tahun Ini!

Ini bukan hanya sebuah tontonan film superhero atau psikologi thiller. Glass lebih dari itu. Film ini mengajak penonton untuk berimajinasi dengan permainan strategi para pemaian utamanya.

Bagi kalian yang belum pernah menyaksiikan seri sebelumnya Unbreakable dan Split, mungkin akan sedikit kebingungan dengan kisah Glass. Karena kedua film sebelumnya sangat berpengaruh terhadap logika trilogi babak akhir ini. Berikut 4 hal yang bisa kalian dapatkan usai menyaksikan film Glass.

1. Superhero Tak Perlu Efek Visual

Kevin Wendell Crumb a.k.a The Beast

ew.com

Seperti yang kita tau, Glass trilogi akhir yang menjadi babak penentu ketiga nasib tokoh super. Akan tetapi kematian ketika jagoan dalam film Glass ternyata tidak menjadi akhir dari segalanya.

Justru titik itulah yang akhirnya membuat dunia tersadar akan hadirnya kekuatan super. Hal tersebut juga disampaikan Ibu Elijah “Ini adalah awal sebuah semesta.” Kata-kata tersebut tanpa disadari mengisyaratkan jika sang sutradara ingin menampilkan sosok superhero sesungguhnya.

Superhero yang tidak melulu berkostum indah atau terlahir dari planet lain. Di bumi, superhero sesungguhnya hadir dan lahir di dalam diri manusia tanpa efek visual.

2. Masing-masing Karakter Memiliki Kekuatan Berbeda

Bruce Willis (David Dunn), Samuel L Jackson (Elijah Price a.k.a Mr Glass), dan James McAvoy (Kevin Wendell Crumb a.k.a The Beast)

geektyrant.com

Ketiga tokoh yang dihadirkan memang memiliki keunggulan masing-masing. Kelebihan tersebut hadir dengan sendirinya seperti sebuah kelainan.

David Dunn, sosok pria yang tak pernah sakit. Bahkan dirinya tak pernah terluka meski telah mengalami kecelakaan dahsyat. Kevin Wendell Crumb, memiliki 24 kepribadian yang terbentuk karena masa lalunya yang kelam.

Dan terakhir Elijah. Tidak seperti manusia normal lainnya, tulang Elijah ringkih dan mudah patah saat tersenggol. Namun menakjubkannya dia memiliki kepintaran di atas manusia biasa. Elijah menjadi dalang dari terbentuknya dua pria super itu.

3. Manusia Super yang Diciptakan Elijah

Elijah Price a.k.a Mr Glass

dreadcentral.com

Pertemuan David Dunn dan Elijah sebenarnya tidak terjadi begitu saja. Elijah memiliki andil yang sangat besar untuk mengenal David. Kemahiran berfikirnya, membuat Elijah nekat menciptakan kecelakaan kereta api hingga akhirnya keberadaan David Dunn pun tercium Elijah.

Pada film Split, Crumb tidak semata-mata memiliki 24 kepribadian. Kepribadian tersebut muncul karena kisah kelamnya di masa lalu. Setelah sang ayah meninggal dalam sebuah kecelaaan kereta, Crumb menjadi sangat bergantung pada belas kasih sang ibu.

Related: 6 Situs Streaming Film Terbaik Indonesia, Yuk Langsung Nonton Dijamin Gratis!

Pada saat itu, Crumb sering mendapatkan perlakuan kasar dari ibunya yang kemudian membuat berbagai kepribadian hadir. Itu mengapa Crumb selalu ingin menculik gadis-gadis yang tidak pernah merasakan penderitaan.

4. Kematian Para Jagoan

David Dunn (Bruce Wilis)

geektyrant.com

Manusia super hakikatnya akan mati. Karena mereka memiliki kelemahan dalam diri yang telah tertanam sejak lahir. Itulah yang diciptakan dalam film Glass ini.

Konflik yang terjadi antara David dan The Beast menimbulkan sebuah tragedi luar biasa. Kejadian demi kejadian membuat para jagoan mati dengan cara yang pas pada porsinya. Ketiganya mati tertelan kelemahan masing-masing meski sebenarnya dianggap wajar.

Elijah, mati karena jatuh ke tanah dan semua tulangnya patah. Crumb, ditembak oleh seorang penembak jitu yang membuat kepribadian aslinya muncul. Dia mati saat mengenang masa lalunya yang pahit karena diserang ibunya sendiri.

Terakhir David, pria berkekuatan super ini memiliki trauma mendalam terhadap air. Hingga akhirnya dia ditenggelamkan oleh aparat yang membuatnya terpuruk kedalam kenangan buruk.

5. Kisah Orisinal Superhero

Salah satu yang paling berkesan dari film Glass adalah ucapan terakhir Elijah kepada sang ibu. Dia menyebutkan jika ini adalah kisah yang orisinal. Bukan ciptaan komik, juga bukan film. Kisah ini tercipta begitu saja karena kemampuan dalam diri manusia. Psikologilah yang dimainkan dalam film ini.

Dengan twist-twist yang susah ditebak dan penggambaran superhero yang nyata, Shyamalan sukses mengemas Glass jadi tontonan film psikologi-thiller nan mendebarkan.

Jangan Lupa Berikan Rating Anda!

73%
73%
Good

Shyamalan benar-benar menyuguhkan karya beda sosok superheronya. Dia sukses menciptakan sudut pandang yang berbeda tentang manusia super sebenarnya.

  • Cerita
    8
  • Teknis
    7
  • Karakter
    7
  • User Ratings (3 Votes)
    7.4

About Author

Hi, nama saya Tertia. Orang biasa memanggil saya "Ter" atau bisa juga "Te". Seorang travel writer yang suka dengan keunikan di setiap sudut kota. Menulis bukan hanya sekedar hobi namun sudah jadi passion.

Comments are closed.