Review Orang Kaya Baru: Khayalan Masa Kecil “Joko Anwar” yang Bertabur Komedi

0

Film terbaru karya Joko Anwar dan Ody C. Harahap, Orang Kaya Baru akhirnya meluncur ke bioskop Indonesia pada 24 Januari 2019 lalu. Film bergenre drama komedi ini menyisakan haru dan tawa bagi penontonnya.

Digawangi pemeran-pemeran handal seperti Raline Shah (sebagai Tika), Derby Romero (sebagai Duta), Lukman Sardi (sebagai bapak), Cut Mini (sebagai Ibuk), Fatih Unru (sebagai Dodi), dan Refal Hadi (sebagai Banyu).

OKB terbilang mulus menyuguhkan tema keluarga nan hangat usai kesuksesan “Keluarga Cemara”. Film lokal produksi Screenplay Films dan Legacy Pictures ini juga sarat akan pesan di tengah konflik keluarga.

Seperti yang kita ketahui, Joko Anwar tidak pernah setengah-setengah dalam menggarap semua karyanya. Termasuk saat dia mencurahkan isi di dalam kepalanya menjadi sebuah naskah penuh komedi situasi ringan nan jenaka.

Related: 6 Situs Streaming Film Terbaik Indonesia, Yuk Langsung Nonton Dijamin Gratis!

Ditemani oleh Ody sebagai sutradara yang sebelumnya sukses dengan film Sweet 20 dan Kapan Kawin, OKB pun lahir dan bisa dinikmati penonton dari berbagai kalangan dengan mudah. Meski ada beberapa joke yang masih terkesan dipaksakan dan kurang pada tempatnya.

Diangkat dari Kisah Nyata Joko Anwar

Film Orang Kaya Baru

Cerita orisinil yang sangat renyah ini ternyata bukanlah sebuah khayalan belaka. Sang empunya naskah, Joko Anwar sengaja menulis cerita berdasarkan kisah nyata khayalanya sewaktu kecil.

Hidup dari keluarga yang sederhana, membuat Joko kerap kali menghayal jika tiba-tiba orangtuanya adalah konglomerat yang serba berkecukupan. Dia juga berandai-andai jika ternyata ayahnya hanyalah berpura-pura miskin selama ini.

Dalam sebuah konferensi press, Joko juga mengaku jika dirinya dulu hidup serba pas-pasan dan mulai berkhayal bagaimana jika ternyata ayahnya adalah orang kaya. Dari situlah akhirnya dia bisa mengolah mimpinya menjadi nyata.

Bukan nyata karena ayahnya tiba-tiba menjadi orang kaya, namun nyata karena khayalannya bisa menjadi sebuah karya segar nan menghibur. Bahasa-bahasa yang diciptakan pun sangat natural dan terkesan layaknya oboran rumah pada umumnya. Lihat saja beberapa dialog di ruang makan atau saat mereka saling melempar lelucon.

Kepiawaian Joko Anwar membangun cerita khayalannya memang patut diacungi jempol. Tak heran jika sederet penghargaan berhasil dia bawa pulang.

Norak-norak Asyik Menjadi Orang Kaya Baru

Film Orang Kaya Baru

Kejenakaan film ini tergambar mulus ketika keluarga yang awalnya biasa saja menjadi super kaya raya. Cut Mini yang digambarkan memiliki latar belakang pendidikan paling rendah di antara lainnya telihat sangat natural memerankan tokoh ibu.

Kenorakan menjadi orang kaya baru pun terlihat saat dengan sengaja Cut Mini memamerkan seluruh perhiasan yang dia miliki. Tak hanya itu, pertama kali mengetahui jika mereka adalah orang kaya sang ibu juga membeli barang tak biasa. Bukan emas, tapi dalaman wanita.

Related: Biar Selalu Update, Yuk Intip Daftar Film 2019 Bakal Tayang di Bioskop Tahun Ini!

Detail-detail seperti itulah yang kadang terlupakan oleh banyak kreator film Indonesia. Akan tetapi tidak untuk Orang Kaya Baru yang masih memperhatikan detail berbagai sisi.

Konflik yang terbangun di sana pun terlihat sangat relate dengan kehidupan pribadi yang sesungguhnya. Semua khayalan dan impian menjadi orang kaya baru pun tercurahkan di sana dengan visual yang mendukung.

Judulnya OKB tapi Pemerannya Artis Papan Atas

Review Orang Kaya Baru

Siapa yang tidak terkejut saat menyaksikkan seorang Raline Shah memerankan tokoh miskin dengan baju seadanya. Padahal sebelum-sebelumnya Raline selalu berperan cantik dengan baju-baju yang pas dipandang mata. Belum lagi Derby dan Fatih yang sebenarnya terlahir dari keluarga berkecukupan.

Namun tidak ada yang perlu dikecewakan dengan pemilihan para pemeran utamanya. Aktingnya bagus dan chemistry kekeluargaan yang dibangun Raline, Derby, dan Fatih pun begitu kuat.

Ody dalam sebuah video behind the scene singkat menjelaskan alasannya memilih para pemeran utama. Dia menegaskan jika sengaja memilih Raline, Derby, dan Fatih yang menurutnya bisa didandani sebagai orang biasa namun juga tidak kagok saat menjadi orang kaya.

Itu terbukti saat mereka mengetahui dirinya menjadi keluarga kaya raya. Perubahan penampilan yang berkelas pun langsung terlihat. Meski pun itu tidak menutupi ada sedikit adegan yang kesannya dipaksakan.

So, secara cerita, film Orang Kaya Baru memang perlu diapresiasi. Cerita yang diangkat sangat orisinal dan menyenangkan. Belum lagi konfliknya yang relefan dengan kehidupan nyata.

Sayangnya saat esekusi masih ada beberapa joke yang terkesan garing. Entah karena ada improvisasi atau memang guyonannya yang kurang pas. Tapi di beberapa sisi kekocakan keluarga ini masih bisa membuat perut geli kok.

Jangan Lupa Berikan Rating Anda!

70%
70%
Good

Sebagai pecinta film Indonesia sejati kamu wajib menyaksikan karya yang satu ini. Sebab pesan yang ditabur sangat terkorelasi dengan realita hidup di zaman sekarang.

  • Cerita
    8
  • Teknis
    7
  • Karakter
    6
  • User Ratings (2 Votes)
    1.8

About Author

Hi, nama saya Tertia. Orang biasa memanggil saya "Ter" atau bisa juga "Te". Seorang travel writer yang suka dengan keunikan di setiap sudut kota. Menulis bukan hanya sekedar hobi namun sudah jadi passion.

Comments are closed.