Simpel, Begini 9 Cara Merawat Rambut Keriting Agar Gak Gampang Frizzy

0

Memiliki rambut keriting tentunya harus disyukuri ya! Nggak perlu minder, karena sejatinya rambut keriting itu cantik dan unik. Hanya saja, bila kamu nggak bisa merawatnya dengan benar, maka resikonya rambutmu jadi gampang kusut sehingga jadi susah diatur.

Nah, buat mengatasi kondisi rambut frizzy itu baiknya jangan mengambil solusi pintas, seperti memotong rambut atau mencatoknya agar lurus. Tindakan tersebut nggak bikin rambutmu makin sehat, sebaliknya hanya menutupi kekurangan saja.

Jika kamu ingin memiliki rambut keriting yang menawan, kamu butuh sedikit perawatan ekstra, girls! Berikut tips-tips merawat rambut keriting agar gak gampang frizzy. Simak yuk!

1. Jangan terlalu banyak gunain shampo! Keramas cukup 1-2 kali aja seminggu

Keramas rambut

garnierusa.com

Banyak orang beranggapan bahwa keramas bisa bikin rambut makin indah. Faktanya, hal ini nggak berlaku bagi si pemilik rambut keriting.

Perlu kamu tahu kalau shampo itu mengadung detergen. Bahan tersebut bila terlalu sering digunakan bisa membuat rambut makin kering, sebab detergen menyerap minyak alami dari kulit kepala. Sehingga dampaknya rambut pun jadi gampang kusut.

Related: Bukan Dicatok, Ini 8 Cara Ngatasi Bad Hair Day Tanpa Membuatnya Rusak

Baiknya, jangan terlalu sering keramas dengan shampo. Maksimal 2 kali seminggu aja. Kalau kamu ngerasa rambutmu kotor ya cukup dicuci dengan air.

2. Sering-seringlah pakai conditioner atau masker rambut

Conditioner merupakan salah satu produk yang sering direkomendasikan bagi pemilik rambut keriting. Kenapa? Sebab conditioner ini bisa bantu melembabkan dan membuat rambut jadi lebih lembut.

Alih-alih menggunakan shampo, kamu bisa ganti gunain conditioner buat keramas. Sesekali terapkan juga masker rambut. Dijamin deh, rambutmu nggak akan frizzy lagi!

3. Teknik mengeringkan rambut dengan cara ditepuk-tepuk. Jangan diusap ya!

Siapa nih yang terbiasa mengeringkan rambut dengan cara mengusapnya pakai handuk? Teknik tersebut sebenarnya agak salah, karena bisa bikin rambut keritingmu makin ngembang dan frizzy.

Related: 10 Style Rambut Cewek Korea yang Bakalan Trend di Tahun 2019, Intip Yuk!

Yang betul itu keringkan rambut dengan ditepuk-tepuk sampai airnya meresap ke handuk. Selanjutnya cukup gerai aja, nanti lama-kelamaan rambutmu juga bakal kering sendiri. Oiya, untuk jenis handuknya, lebih baik kamu pilih yang berbahan kaus sehingga nggak bikin rambutmu kasar.

4. Hindari pemakaian hair dryer terlalu sering. Mending gunakan kipas angin tuk keringkan rambut

Mengeringkan rambut

Karena rambut keriting itu rentan kering, jadi baiknya kamu jangan terlalu sering gunain alat hair styling, termasuk hair dryer! Jika kamu ingin rambutmu cepat kering, mending gunain kipas angin aja. Tak masalah walau proses pengeringannya agak lama dikit, yang penting aman dan nggak ngerusak rambut.

5. Menyisir rambut saat basah lebih direkomendasikan! Untuk jenis sisirnya, pilih Tangle Teezer

Tangle Teezer

Menyisir saat rambut kering itu sebenarnya juga kurang direkomendasiin karena bikin rambut makin ngembang dan kusut. Nah, untuk menghindari itu, kamu bisa coba nyisir ketika rambutmu basah.

Baiknya sih, kamu pilih sisir yang bergigi jarang agar tak merusak tekstur rambut, misalnya tangle teezer. Kalaupun hendak menyisir saat kering, cukup sisir menggunakan jari saja.

6. Jangan lupakan hair vitamin untuk treatment harian

Gnakan vitamin rambut

Buat kamu pemilik rambut keriting wajib banget nyimpan stock hair vitamin. Produk ini bisa membantu ngurangi segala macam problem rambut. Mulai dari masalah rontok, rambut ngembang hingga frizzy bisa diatasi dengan pemakaian hair vitamin.

Related: 7 Resep Masker Wajah Homemade ini Ampuh Banget Bikin Kulit Cerah dan Menghilangkan Kusam

Untuk jenis vitamin yang kamu pilih, baiknya sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa cari hair vitamin yang mengandung argan oil, vitamin A,  vitamin C atau vitamin E. Semua bahan itu bagus buat melembabkan rambut.

7. Rawat rambut dengan minyak kelapa atau zaitun, minimal 3 kali seminggu!

Pemakaian minyak kelapa atau minyak zaitun terbukti bisa membuat rambut jadi lebih sehat. Ini dikarenakan keduanya minyak tersebut kaya vitamin E. Bila diterapkan pada rambut keriting dapat ngebantu ngurangi rontok, ngatasi rambut kusam dan kusut.

Namun untuk menghindari rambut terlalu berminyak, cukup gunakan produk ini 3 kali seminggu aja, irka-kira 1 jam sebelum keramas.

8. Masker santan kelapa bikin rambutmu jinak dan lebih lurus

Cara lain buat menjinakkan rambut keriting, kamu juga bisa nyobain masker dari santan kelapa. Tinggal beli kelapa di pasar, lalu parut dan peras hingga diperoleh santannya.

Related: 12 Cara Menghilangkan Jerawat Membandel di Wajah, Patut Dicoba Nih!

Santan kelapa bisa ngebantu rambutmu jadi lebih lurus, shiny dan gampang diatur. Cukup aplikasikan 2 kali seminggu.

9. Gunain sarung bantal berbahan satin atau silky

Gunakan sarung bantal satin

Tips ini memang nggak wajib sih! Tapi kalau kamu ingin bangun pagi dengan kondisi rambut yang nggak ngembang, baiknya kamu gunakan sprei bantal berbahan satin.

Bahan tersebut biasanya licin, nggak terlalu kasar. Sehingga dapat meminimalisir gesekan antara rambut dengan sprei. Jangan lupa, cepol rambut sebelum tidur malam. Jadi nanti kamu pas bangun, rambutmu tetap cantik dan nggak kusut.

Nah, demikianlah girls sederet tips untuk merawat rambut keriting. Semoga bermanfaat ya! Jangan lupa juga buat selalu mencintai rambutmu. Be your self! Kamu cantik dengan keunikanmu sendiri!

About Author

Hi saya Amaniyah, seorang sarjana S1 Sains yang kemudian terjun dalam dunia kepenulisan dengan berbagai tema seperti fashion, kecantikan, kesehatan dan lainya.

Comments are closed.