10 Wisata Jogja yang Paling Hits dan Instagramable, Yuk Eksplore!

0

Tempat wisata di Jogja memang selalu menarik untuk dieksplore. Suasana yang masih kental akan nilai-nilai budaya dan sambutan masyarakatnya yang super ramah selalu berhasil membuat pengunjung merasa betah. Bahkan tak jarang Jogja menghadirkan kerinduan. Siapapun yang pernah singgah kesana pasti ingin balik lagi!

Adapun destinasi wisata di Jogja itu ada banyak sekali! Nggak cuma wisata sejarah dan budaya aja, Jogja juga menyimpan sederet spot wisata hits yang tentunya instagrambale abis! Cocok banget dijadikan tujuan traveling di saat liburan atau weekend.

Yaudah yuk, langsung saja nih simak tempat-tempat wisata di Jogja yang paling hits. Dijamin bikin kangen!

1. Wisata Kalibiru, wisata alam yang menyuguhkan keindahan perbukitan dari ketinggian

Wisata kalibiru

Wisata Kalibiru: hargatiket.net

Buat kamu yang suka mengeksplore wisata alam, destinasi Kalibiru ini nggak boleh terlewatkan! Lokasinya berada di wilayah hutan Progo. Disini, kamu nggak cuma bisa menikmati udara yang segar, tapi juga dapat menyaksikan pemandangan bukit-bukit nan asri dari ketinggian dengan menaiki gardu pandang.

Dari atas gardu tersebut, kamu juga bisa memandang keindahan gunung-gunung serta Waduk Sermo. Yang paling penting, jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen tersebut ke dalam kamera. Cukup bayar Rp.10.000 kamu udah dapat foto kece untuk dipajang di feed instagrammu!

Wisata alam Kalibiru ini terletak di Jalan Waduk Sermo, desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kalibiru.

2. Hutan Pinus Pengger, hutan dengan spot-spot instragambale yang keren banget!

Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger: explorewisata.com

Nggak lengkap bila Jogja tanpa mengunjungi Hutan Pinus Pengger yang terletak di kawasan Dlingo, Kabupaten Bantul. Tempat wisata yang dikelilingi oleh hutan pinus ini memiliki banyak spot instagramable yang bisa kamu coba. Salah satunya yang sedang kekinian adalah ‘tangan raksasa’ yang bisa menyala di saat malam hari.

Selain itu, adapula spot lain yang nggak kalah keren, seperti gardu pandang untuk menikmati sunset atau pemandangan Jogja di malam hari. Ada juga spot sangkar burung dan jembatan pohon. Namun jika ingin yang lebih menantang nyali, kamu bisa sewa Hammock yang diikat diantara pohon.

Tiket masuk ke wisata hutan pinus pengger ini cuma Rp.2500 saja! Sedangkan biaya parkir motor Rp.2000 dan mobil Rp.10.000.

3. Air Terjun Kedung Pedut, pesona air terjun berwarna hijau tosca dan biru yang sangat cantik!

Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut menjadi salah satu tempat wisata primadona di Jogja yang nggak pernah sepi pengunjung. Adapun arti dari kedung adalah kolam, sedangka pedut adalah kabut. Jadi, air terjun disini membentuk cekungan alami yang nampak seperti kolam. Selain itu, juga sering terlihat kabut yang menambah keindahan panoramanya.

Istimewanya lagi, air terjun Kedung Pedut menghasilkan perpaduan dua warna yang mempesona yakni biru dan hijau tosca. Cantik banget deh! Dijamin akan membuatmu terhipnotis. Namun kamu nggak diperbolehkan berenang. Cukup bermain-main air sambil selfie aja, ya!

Related: 10 Destinasi Wisata Murah di Singapura Ini Layak Kamu Kunjungi, Dijamin Seru Abis!

Untuk alamatnya, berlokasi di desa Jatimulyo, Kecamatan Giri Mulyo, Kulon Progo. Harga tiket masuk hanya Rp.3000, parkir motor Rp.2000 dan mobil Rp.5000.

4. Hutan Mangrove Kulon Progo, hutan asri dengan spot selfie yang kekinian

Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo

Masih bertema hutan, selanjutnya tempat wisata hits di Jogja adalah hutam Mangrove yang terletak di Kulon Progo, dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamantan Temon. Tepatnya berdekatan dengan Pantai Congot.

Wisata ini sangat cocok untuk bersantai menghilangkan penat, karena suasananya yang begitu asri. Terdapat pula jembatan kayu ‘Api-Api’ diantara pepohonan bakau yang bisa kamu telusuri sembari berfoto.

Selain itu, adapula spot dermaga berbentuk hati yang nggak boleh kamu lewatkan. Jika masih belum puas, Kamu bisa menyewa perahu seharga Rp.5000 untuk menyusuri Sungai Bogowonto.

Tiket masuk wisata hutan mangrove ini sangat terjangkau loh! Cukup bayar Rp.3000 aja, sedangkan parkir motor Rp.2000 dan parkir mobil Rp.5000. Murah, kan?

5. Bunker Kaliadem, wisata menantang dengan pesona gunung merapi yang memukau!

Bunker Kaliadem

Kalau kamu menyukasi perjalanan yang sedikit menantang, kamu bisa coba datang ke wisata Bunker Kaliadem, tepatnya di kawasan Kaliurang. Disini kamu bisa menyaksikan kemegahan Gunung Merapi sekaligus menikmati semilir angin nan sejuk yang dapat merilekskan pikiran. Oiya, jangan lupa untuk membawa pakaian tebal karena udaranya cukup dingin.

Related: 6 Keunikan ini Menjadikan Gunung Bromo Salah Satu Gunung Terindah di Indonesia

Jika ada waktu, sempatkan juga melipir ke wisata lain di sekitar Kaliurang, seperti Bukti Kali Kuning, Omah Salak, museum Ullen Sentalu, dan masih banyak lainnya. Untuk harga tiket masuk Bunker Kaliadem hanya Rp.3000 aja!

6. Taman Pelangi (Taman Monjali), wisata ala korea dengan background lampion bewarna-warni

Taman Pelangi (Taman Monjali) Jogja

Ingin berfoto ala-ala Korea, nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri! Di jogja terdapat salah satu destinasi wisata bernama Taman Pelangi yang menyuguhkan backgroud foto instagenic dengan ratusan lampion berwarna-warni.

Uniknya lagi, lampionnya nggak cuma berbentuk lampu. Ada yang berbentuk tumbuhan, hewan, tokoh-tokoh penting, dan kartun. Seru banget buat dikunjungi bersama teman. Untuk harga tiket masuknya, Rp.10.000 saat weekday dan Rp.15.000 saat weekend.

Lokasi Taman Pelangi ini berada di halaman Museum Monumen Jogja Kembali, Jalan Rig Road Utara, Kabupaten Sleman.

7. Goa Jomblang, goa dengan ‘cahaya surga’ yang menguji adrenalinmu!

Goa Jomblang

Goa Jomblang Jogja

Berada di kawasan Gunung Kidul, wisata Goa Jomblang ini cocok untuk kamu yang memiliki jiwa petualangan. Disini kamu akan diajak menyusuri keindahan goa yang begitu menakjubkan sedalam 60 meter.

Di dalamnya kamu akan melihat tumbuh-tumbuhan yang subur, sehingga tak heran bila goa ini dijuluki ‘Hutan Pruba’. Yang paling menarik adalah ketika kamu berada di mulut goa, kamu dapat menyaksikan ‘cahaya surga’ yang masuk melalui celah goa.

Btw, goa Jomblang ini udah menjadi wisata internasional yang sering dikunjungi oleh turis luar negeri loh! Tak heran bila biaya masuknya cukup pricey, yakni sekitar Rp.450.000.

Goa Jomblang ini berlokasi di Desa Jatis Wetan, Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul.

8. Pantai Ngandong, pantai dengan pemandangan sunset yang memikat

Pantai Ngandong

Pantai Ngandong Jogja

Masih di wilayah Gunung Kidul terdapat destinasi wisata yang nggak kalah menarik, yaitu Pantai Ngandong. Pantai ini sering disebut sebagai pantai ‘perawan’ karena keasriannya yang masih terjaga. Suasananya begitu damai dan nggak banyak pengunjung yang datang.

Adapun keindahan yang bisa kamu nikmati, selain birunya laut nan cantik serta hamparan pasir putihnya yang bersih, kamu juga dapat berfoto diantara bebatuan karang. Jangan lewatkan pula pemadangan sunset yang memikat di saat senja. Kamu juga bisa bermalam dengan menyewa kamar di penginapan-penginapan yang tersedia.

Pantai Ngandong ini berlokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

9. Kebun Buah Mangunan, keindahan ‘Negeri di Atas Awan’ yang berada di kebun buah

Kebun Buah Mangunan

Salah satu wisata hits dengan view yang begitu mempesona yakni Kebun Buah Mangunan. Wisata ini terletak di ketinggian 200 mdpl, sehingga tak heran bila sering disebut ‘Negeri di Atas Awan’.

Dari atas sana, kamu dapat menyaksikan pemadangan gunung, sungai dan pantai parangtritis yang sangat elok. Ditambah lagi, keindahan senja yang sangat menghipnotis, hmm dijamin membuatmu nggak akan rela beranjak dari tempat ini!

Asiknya lagi, disini kamu juga bisa mampir ke perkebunan buah. Ada kebuh jeruk mangga, durian dan masih banyak lainnya. Semua kepuasan itu bisa kamu dapatkan hanya dengan membayar Rp.5000! Untuk parkir motor Rp.2000 dan parkir mobil Rp.3000.

Kebun Buah Mangunan ini berlokasi di daerah Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

10. Bukit Lintang Sewu, wisata dengan spot-spot unik untuk menikmati keindahan Jogja dari atas bukit

Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu Jogja

Terakhir nih, jangan lupa mampir ke wisata Bukit Lintang Sewu yang berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Di tempat ini, kamu berburu pesona sunrise sekaligus menikmati pemandangan perbukitan dan hutan yang membentang sangat indah.

Yang paling pentig, jangan lupa untuk berfoto di spot-spot kekinian, seperti spot bintang, gapura, tapak kaki raksasa, rumah segitiga dan masih banyak lainnya. Untuk tiket masuknya, kamu hanya perlu menyediakna budget sebesar Rp.2500 saja!

Nah, demikianlah sederet tempat wisata Instagramable di Jogja  yang paling hits dengan menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Jadi, kamu tertarik berkunjung ke mana dulu nih?

About Author

Hi saya Amaniyah, seorang sarjana S1 Sains yang kemudian terjun dalam dunia kepenulisan dengan berbagai tema seperti fashion, kecantikan, kesehatan dan lainya.

Comments are closed.