Liburan dengan Budget Minim Bukan Lagi Masalah, Asal Kamu Terapkan 7 Tips Ini!

0

Kepenatan karena kesibukan kerja yang menguras tenaga dan pikiran pastinya dialami oleh setiap orang. Mungkin kamu adalah salah satunya. Yap, traveling bisa jadi solusi yang tepat buat kamu untuk sejenak melupakan semuanya.

“Traveling?” Pasti butuh banyak biaya, saya kan cuma seorang karyawan biasa, apakah saya mampu? Mungkin akan muncul pertanyaan seperti itu dalam benak kamu ketika pertama kali mendengar kata liburan.

Akan tetapi selama kamu terapkan 7 tips ini, kamu tidak perlu cemas karena liburan dengan budget minim bukan lagi jadi masalah:

7 Tips Liburan dengan Budget Terbatas

1. Jadilah Fleksibel

Boking tiket

rd.com

Harga tiket pesawat sangat bervariasi tergantung pada hari, bulan, bahkan saat kamu memutuskan untuk bepergian, jadi lakukan riset dan bersiaplah untuk menjadi fleksibel.

Kamu bisa membandingkan harga tiket pesawat sebulan penuh sehingga kamu dapat melihat hari-hari termurah untuk penerbangan. Hindari penerbangan di akhir pekan. Kamu pasti akan terkejut dibuatnya.

Related: 10 Destinasi Wisata Murah di Singapura Ini Layak Kamu Kunjungi, Dijamin Seru Abis!

Tidak hanya terpaku pada harga tiket pesawat saja, menjadi fleksibel juga dapat diterapkan dalam situasi yang berbeda, misalnya dalam menentukan hotel, transportasi, dan lainnya.

2. Tentukan destinasi yang lengkap dengan rute perjalanan serta jadwal

Jadwal traveling

rd.com

Banyak aplikasi dalam smartphone kamu yang bisa digunakan, seperti Google Maps, Waze, GPS, dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu memastikan daya baterai, data internet, dan jaringan internet yang baik saat traveling.

Kamu bisa dengan mudah mencari rute perjalanan terdekat menuju lokasi traveling termasuk mencari rest area untuk makan, tempat ibadah, dan toilet saat traveling dengan bantuan salah satu aplikasi tersebut.

Dengan persiapan rute dan jadwal, akan sangat membantumu dalam memaksimalkan perjalanan traveling. Tanpa persiapan tersebut, bisa jadi kamu nyasar dan tidak fokus pada alokasi waktu sehingga tidak semua destinasi traveling bisa kamu kunjungi sesuai rencana.

Sangat disayangkan jika kamu sudah menggelontorkan biaya yang cukup besar sampai dan mengambil jatah cuti panjang, namun perjalanan travelingmu tidak berjalan dengan lancar.

3. Jangan bepergian di akhir pekan dan musim liburan

Keramaian di airport

clickorlando.com

Hindari bepergian di akhir pekan dan musim liburan seperti: musim liburan sekolah, libur natal dan tahun baru karena semua biaya akan melonjak 2 kali lipat bahkan lebih. Biaya tersebut mencakup tarif transportasi, tiket masuk tempat wisata, dan lainnya.

Bepergian di luar musim liburan berarti memperoleh tiket pesawat dengan harga yang lebih murah dan keadaan destinasi yang tidak terlalu ramai, benar-benar situasi yang sangat menguntungkan.

4. Kemas barang bawaanmu seperlunya

Packing

yatrablog.com

Kemas barang bawaan seperlunya dan rampingkan barang yang kamu bawa. Alih-alih ingin tampil modis, kamu malah membawa banyak baju dan barang. Supaya tidak kerepotan, bawalah seperlunya saja. Hal ini juga bisa menghemat biaya bagasi kamu, jika kamu naik pesawat.

Tinggalkan perhiasan di rumah karena memakai barang-barang berharga tersebut bisa mengundang bahaya. Hindari membawa koper karena kurang praktis dan ribet kalau kamu sedang buru-buru.

5. Berjalan! Hindari naik taksi

Traveling

intrepidtravel.com

Tidak ada cara yang lebih baik untuk melihat suatu tempat selain dengan berjalan, mengamati arsitektur, dan suasana yang baru. Tetapi jika kamu terlalu lelah untuk berjalan, sesegera mungkin carilah angkutan umum sebelum kamu tergoda untuk naik taksi.

6. Bawa makanan ringan dan minuman Sendiri

Drink

chopra.com

Makanan ringan dan minuman mungkin kelihatan sepele dalam daftar barang bawaan kamu, tetapi itu benar-benar dapat membantu kamu menjaga tingkat energi tetap tinggi di antara waktu makan dan istirahat.

Di lokasi wisata biasanya pedagang lokal tahu bahwa makanan ringan dan minuman diperlukan selama perjalanan, dan mereka cenderung menaikkan harga makanan ringan dan minuman botol.

7. Selalu tanggap mengambil keputusan saat melenceng dari rencana awal

Travel plan

wanderlust.co.uk

Serapi apapun perencanaan yang kamu buat, terkadang masih ada saja kendala yang muncul. Faktor alam seperti cuaca buruk, hujan badai bisa muncul kapan saja dan tidak bisa dihindari, tentunya hal tersebut dapat menjadi penghambat travelingmu.

Sebagai contoh, ketika kamu traveling ke sebuah pulau yang membutuhkan perjalanan kapal, saat hendak pulang kondisi cuaca tidak memungkinkan sehingga kamu harus menginap. Hal ini diluar dari rencana dan budget yang kamu buat.

Jika kamu mengalami kondisi ini, sebaiknya siapkan opsi rencana lain dalam daftar perjalanan kamu, sehingga saat hal itu terjadi, eksekusi pindah planning bisa cepat dilakukan. Jika tidak, budget yang kamu rencanakan sebelumnya bisa membengkak di luar prediksi awal.

Nah, mudah bukan? Traveling ternyata tidak semahal yang kamu bayangkan.

About Author

Menulis dan traveling adalah dua hal yang menjadi passion selain mengisi waktu luang dengan aktivitas mengemix puisi dan lagu di Youtube. Juga aktif di beberapa komunitas penulis, puisi dan WordPress.

Comments are closed.