Jangan Asal Pakai Kosmetik! Ini 8 Tips Merawat Wajah Saat Hamil Agar Tetap Menawan

0

Perubahan hormon yang terjadi pada masa kehamilan tak hanya mempengaruhi kondisi tubuh, tapi juga memicu timbulnya masalah kulit. Seperti jerawat, flek hitam, bahkan wajah pun cenderung kusam. Hal ini kerapkali bikin ibu hamil merasa gelisah. Mau pakai skincare khawatir. Tapi kalau dibiarkan, wajah makin bermasalah.

Sebenarnya, memang betul ibu hamil nggak boleh menggunakan skincare sembarangan. Kandungan bahan-bahan kimia yang ada di produk kecantikan ditakutkan memberi efek buruk terhadap perkembangan janin. Namun begitu, bukan berarti ibu nggak bisa merawat wajah sama sekali.

Nggak semua produk berbahaya bagi kehamilan. Ibu juga bisa melakukan perawatan alami untuk menjaga kecantikan wajah saat hamil. Nah, berikut tips-tips merawat wajah saat hamil agar bisa tetap tampil menawan. Simak yuk!

1. Demi keamanan, baiknya hindari pemakain produk skincare di trimester pertama kehamilan

Di trimester pertama kehamilan, sebaiknya kamu mengindari dulu pemakaian produk skincare. Alasannya, karena kandungan di usia 1-4 bulan adalah masa-masa penting, dimana organ vital janin masih dalam proses pembentukan. Sementara itu, kondisi kandungan juga masih rentan.

Related: Catat Girls! 8 Produk Skincare Ini Ternyata Gak Perlu Digunakan Setiap Hari

Bila kamu pakai skincare, dikhawatirkan bahan kimia dari produk tersebut masuk ke aliran darah dan plasenta, sehingga berisiko mempengaruhi perkembangan bayi.

Jadi demi keamanan, baiknya hindari dulu pemakaian skincare di awal kehamilan.

2. Gunakan argan oil sebagai skincare routine

Argan oil menjadi salah satu rahasia kecantikan cewek-cewek di Timur Tengah. Minyak ini kaya banget akan manfaat! Adanya kandungan vitamin A dan polifenol di dalamnya berguna sebagai anti aging sekaligus menjaga elastisitas kulit.

Di samping itu, kandungan vitamin E dalam argan oil juga lebih tinggi dibandingkan minyak zaitun. Sehingga lebih efektif berperan sebagai moisturizer. Argan oil juga bisa digunakan sebagai pembasmi jerawat, pelembab bibir, dan merawat kesehatan rambut.

3. Coba masker tomat dan jeruk nipis

Tomat nggak cuma mencerahkan kulit, tapi juga berkhasiat mengurangi tanda-tanda penuaan. Sebab di dalam tomat ini terkandung senyawa likopen yang merupakan zat super antioksidan.

Untuk cara pakainya, kamu bisa kombinasikan dengan jeruk nipis. Adanya kandungan vitamin C di jeruk nipis dapat membantu cerahkan wajahmu yang kusam.

  • Pertama, siapkan tomat secukupnya
  • Haluskan dengan blender atau cukup lumatkan pakai sendok
  • Tambahkan air perasan jeruk nipis
  • Lalu balurkan di wajah
  • Sesudah 30 menit, cuci wajah dengan air hangat

Related: 7 Masker Wajah Homemade Ampuh Bikin Kulit Cerah & Menghilangkan Kusam

Masker ini bisa kamu gunakan setiap hari. Selain itu, tomat juga disarankan untuk dikonsumsi secara langsung untuk mengoptimalkan manfaatnya.

4. Masker susu dan madu juga bikin wajah glowing

Susu dan madu, kedua bahan ini juga aman digunakan selama kehamilan. Susu kaya vitamin bisa bantu mencerahkan kulitmu. Begitupun manfaat madu bagi kecantikan, cairan manis ini juga ngebantu menghidrasi kulit sekaligus menyamarkan jerawat dan flek hitam.

Untuk cara pengaplikasianya: 

  • Campurkan 1 sdt susu dengan 1 sdt madu
  • Aduk hingga merata
  • Oleskan pada wajah hingga merata
  • Diamkan 40 menit
  • Cuci dengan air

Ulangi pemakaiannya 3-4 kali dalam seminggu agar kecantikan wajahmu bisa tetap terjaga meski sedang hamil.

5. Gunakan masker pepaya sebagai anti aging

Kalau kamu beli pepaya, coba deh sisain dikit buat digunakan sebagai masker wajah. Pepaya mengandung enzim papain dan vitamin A yang bisa membatu mengurangi tanda-tanda penuaan dengan cara mengangkat sel kulit mati.

Untuk pemakaiannya,  kamu bisa lumatkan pepaya menggunakan sendok. Lalu oleskan pada wajah. Tunggu 30 menit, kemudian cuci dengan air. Perawatan masker pepaya ini aman banget diaplikasikan tiap hari.

6. Kombinasikan masker putih telur dan lemon

Telur juga bagus digunakan sebagai perawatan wajah di saat hamil. Telur ini mengandung vitamin dan protein yang tinggi, sehingga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen sekaligus bikin kulit makin cerah. Sedangkan lemon mengandung vitamin C yang bertindak sebagai whitening agent alami.

Related: 12 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Membandel di Wajah, Patut Dicoba Nih!

Cara pakainya, kamu siapkan sebutir telur dan ambil bagian putihnya. Tambahkan sedikit lemon. Lalu oleskan pada wajah. Tunggu sampai kering dan bilas dengan air hangat.

7. Sering-seringlah mengonsumsi buah-buahan dan sayuran

Karena di saat hamil kamu nggak bisa gunain skincare secara optimal, maka sebagai gantinya, kamu perlu memperhatikan asupan nutrisimu. Sebab kesehatan kulit nggak hanya dipengaruhi oleh perawatan dari luar aja. Tapi juga dari makanan yang dikonsumsi.

Nah, kamu perbanyaklah mengonsumsi makanan bergizi, khususnya buah dan sayuran. Adanya kandungan vitamin dan mineral di dalamnya bisa ngebantu merawat wajahmu agar makin cerah, lembab dan kenyal.

8. Jika hendak pakai skincare, pastikan kamu memperhatikan komposisinya

Hal penting yang perlu diperhatikan ibu hamil saat menggunakan skincare adalah memahami komposisinya. Sebab ada beberapa bahan yang memang diklaim berbahaya bagi kandungan. Seperti diantarnya:

  • Merkuri dan hidroquinon (ini senyawa berbahaya yang biasa ditemukan di krim pemutih)
  • Turunan vitamin A, misal retinoid dan retinol (senyawa dalam produk anti aging)
  • Asam salisilat dan benzoil peroxide (senyawa dalam produk anti jerawat)
  • Krim tabir surya yang mengandung benzophenone-3 (Oxybenzone)

Produk skincare yang mengandung bahan-bahan diatas harus dihindari selama kehamilan. Kalaupun kamu berniat memakai skincare, baiknya pilih produk yang berbasis alami sehingga lebih aman untuk kulit dan janin.

Nah, jadi itulah guys sederet cara merawat wajah di saat hamil. Kesimpulannya, kamu jangan sembarangan pakai kosmetik ketika mengandung! Demi kesehatan janin, sebaiknya konsultasikan produk skincaremu dengan dokter terlebih dahulu, ya!

About Author

Hi.. Saya Allysa, menulis merupakan salah satu cara menyalurkan hobi untuk mengisi waktu luang disela-sela kesibukan sebagai karyawan di sebuah perusahaan swasta.

Comments are closed.