Wajah Cepat Kusam? 7 Resep Masker Homemade ini Ampuh Banget Bikin Kulit Cerah

0

Merawat kecantikan wajah tentunya menjadi prioritas penting bagi setiap wanita. Terlebih di zaman sekarang, saat tingkat polusi makin naik dan cuaca semakin panas. Kedua faktor tersebut bisa membuat kulit jadi cepat kusam. Oleh karenanya, merawat wajah itu wajib banget!

Nah, ngomongin tentang perawatan, sekarang ini ada banyak banget metode untuk mencerahkan wajah. Mulai dari pemakaian skincare, whitening cream, facial, peeling, dan sebagainya.

Di samping itu, merawat wajah juga bisa menggunakan bahan-bahan rumahan loh! Kamu bisa ngebikin masker homemade untuk membuat wajahmu kinclong tanpa adanya efek samping.

So, tanpa basa-basi lagi, berikut resep DIY masker rumahan yang ampuh mencerahkan wajah. Langsung simak yuk!

1. Minyak Zaitun dan Madu, Jadi Andalan Untuk Mencerahkan Sekaligus Anti Aging

Minyak zaitun merupakan bahan alami yang memiliki segudang khasiat. Adanya kandungan vitamin E, polifenol dan asam omega 3 berperan sebagai antioksidan yang dapat menjaga kecerahan kulit sekaligus sebagai anti aging.

Begitupun dengan manfaat madu untuk kecantikan! Cairan manis yang berasal dari lebah ini juga kaya vitamin. Mengandung vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Ketiganya dapat membantu meningkatkan kelembaban wajah serta bikin kulit makin cerah.

Untuk pengaplikasiannya:

  • Campurkan madu dengan minyak zaitun dengan perbandingan 1:1
  • Balurkan pada wajah
  • Diamkan 30 menit atau tunggu kering
  • Cuci wajah dengan air

Masker ini aman banget digunakan setiap hari.

Related: 12 Cara Menghilangkan Jerawat Membandel di Wajah, Ampuh Patut Dicoba Nih!

2. Ramuan Kunyit dan Mentimun, Bahan Dapur Ini Agen Pemutih Alami Loh!

Sapa nih yang sering maskeran dengan kunyit? Bahan dapur ini telah dikenal sejak lama sebagai agen pemutih alami. Untuk mendapatkan hasil optimal, direkomendasikan untuk dicampur dengan mentimun. Sebab mentimun ini juga mengandung beragam vitamin, khususnya vitamin C yang berguna untuk mengatasi kulit kusam.

Cara pakainya:

  • Pertama, kamu siapkan dulu irisan mentimun dan kunyit secukupnya
  • Lalu haluskan dengan blender
  • Oleskan pada wajah
  • Diamkan hingga mengering
  • Selang 40 menit, kamu bisa membilasnya dengan air

Simpel, kan? Kamu bisa mengaplikasikan masker ini 2 kali seminggu.

3. Masker Susu, Bikin Wajahmu Glowing Seketika!

Pernah dengar nggak, kalau cewek-cewek Mesir jaman dulu sering mandi susu buat memutihkan kulit mereka? Nah, Kamu pun juga bisa meniru ritual tersebut! Jika mandi susu terlalu merepotkan, Kamu cukup sediakan susu secukupnya untuk digunain sebagai masker wajah.

Susu ini mengandung tinggi vitamin sehingga efektif dalam mengatasi hiperpigmentasi pada kulit. Untuk cara pengaplikasiannya sangat mudah!

  • Kamu sediakan susu kira-kira 1 sdm, boleh susu cair atau bubuk
  • Tambahkan madu atau oatmeal (opsional)
  • Lalu oleskan wajah
  • Diamkan sekitar 40 menit
  • Lalu bilas dengan air

Ulangi metode ini setiap hari agar manfaatnya cepat terlihat.

4. Gak Ada Susu? Coba Aja Masker Kentang!

Kalau Kamu nggak menyediakan susu di rumah, alternatif lain Kamu bisa mencoba kentang untuk solusi mengatasi wajah kusam. Bahan dapur ini memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang efektif mengangkat sel mati sekaligus mengembalikan warna kulit cerah kembali.

Adapun cara pengaplikasiannya:

  • Iris sedikit kentang yang telah dicuci bersih
  • Kupas, lalu lumatkan dengan sendok
  • Tambahkan sedikit minyak zaitun (opsional)
  • Balurkan pada wajah
  • Diamkan sekitar 40 menit
  • Bilas ketiak dengan air

Treatment ini aman dipraktekan setiap hari. Jadi, usahain jangan sampai skip agar ketiakmu cepat cerah.

Related: Gak Harus Facial, Ini Cara Hilangkan Komedo di Hidung dengan 6 Bahan Alami

5. Masker Kopi dan Lemon, Gak Cuma Bikin Cerah tapi Juga Basmi Flek Hitam

Kopi nggak cuma enak diminum aja. Ternyata kopi juga mengandung senyawa flavonoid dan polifenol yang merupakan zat antioksidan. Senyawa tersebut berperan dalam mencerahkan wajah serta melindunginya dari efek buruk radikal bebas.

Sedangkan lemon mengandung tinggi vitamin C. Vitamin ini dapat merangsang kolagen dalam kulit sekaligus mencerahkan.

Cara penggunaanya:

  • Siapkan ampas kopi dalam cangkir
  • Tambahkan 1 sdt perasan lemon atau jeruk nipis
  • Balurkan pada wajah
  • Tunggu kering
  • Cuci wajah sampai bersih

Masker ini bisa diterapkan 2 kali seminggu.

6. Coba Gunakan Plain Yogurt! Bahan Ini Ampuh Usir Jerawat dan Bikin Cerah

Siapa nih yang suka minum yogurt? Minuman berfermentasi ini juga dapat mencerahkan wajah berkat kandungan senyawa alpha hidroxy acid. Senyawa asam tersebut berkerja dalam mengangkat sel-sel kulit mati serta membasmi jerawat.

Cara pemakaiannya:

  • Campurkan 2 sdm plain yogurt (yogurt tawar) dengan 1 sdm madu
  • Aduk
  • Kemudian balurkan pada wajah
  • Diamkan paling tidak 10-20 menit
  • Terakhir, basuh dengan air

Kamu bisa menggunakan masker ini cukup seminggu 2 kali saja!

Related: Lagi Hits! Begini 7 Tips Glass Skin Makeup ala Beauty Vlogger yang Gampang Ditiru

7. Masker Beras, Wajah Cerah Dalam Sekali Pakai!

Beras juga menjadi salah satu bahan alami yang sering dipakain untuk maker wajah dan lulur badan. Ini dikarenakan khasiat beras yang mampu memutihkan kulit, melembabkan serta meningkatkan produksi kolagen. Adapun kandungan yang berperan dalam merawat kulit adalah vitamin B1, vitamin C, vitamin E dan squalane oil.

Cara pakainya:

  • Rendam beras dalam air secukupnya untuk menghilangkan kotora
  • Ganti rendama dengan air bersih
  • Diamkan kira-kira 30 menit sampai beras jadi lunak
  • Selang 30 menit, pisahkan antara air rendaman dengan berasnya
  • Haluskan beras dengan blender
  • Aplikasikan sebagai masker wajah
  • Tunggu 60 menit
  • Lalu basuh menggunakan air rendaman tadi

Dijamin deh, setelah pakai masker beras wajahmu akan tampak lebih cerah bersinar dan sehat.
Nah, itulah tadi beberapa bahan alami yang efektif untuk mencerahkan wajah. Nggak ribet, kan? Kuncinya cuma satu, kamu cukup gunain secara rutin sehingga hasilnya bisa cepat terlihat. Selamat mencoba!

About Author

Hi saya Amaniyah, seorang sarjana S1 Sains yang kemudian terjun dalam dunia kepenulisan dengan berbagai tema seperti fashion, kecantikan, kesehatan dan lainya.

Comments are closed.